This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
radius(021) 2128 7964    hioki indonesia 0821 2198 5207                                                                insulation tester hioki Senin-Jumat: 09.00-18.00
Thursday, 27 September 2018 06:53

HIOKI FT3432 Sound Level Meter untuk Pemantauan Polusi Suara

Written by
Rate this item
(0 votes)

Kebisingan merupakan suara yang tidak diinginkan [1] dan diukur dalam desibel (dB) unit. Kebisingan polusi terjadi ketika kebisingan biasa di unit dB tinggi hadir dan berbahaya bagi manusia atau hewan. Beberapa sumber polusi kebisingan lingkungan adalah sebagai berikut [2]:

Efek dari Polusi Kebisingan

Efek yang paling mendalam dari polusi suara adalah masalah pendengaran seperti gangguan pendengaran permanen atau sementara dan tinnitus [3]. Keseimbangan emosi juga terpengaruh, yang menyebabkan tekanan darah tinggi, sakit kepala dan gagal jantung.

Ada juga dampak ekonomi seperti yang terlihat dalam kasus tuntutan hukum terhadap sekitar 5000 penduduk yang tinggal di sekitar pangkalan militer Tokyo; mereka menerima kompensasi USD22 juta atas gangguan dan tekanan darah yang tidak teratur yang dideritanya karena polusi suara [4]. Ketidakseimbangan ekosistem juga terjadi ketika hewan yang hidup di dekat sumber polusi suara yang sangat bergantung pada suara untuk berburu dan perlindungan kehilangan kemampuan pendengaran mereka ketika suara-suara menenggelamkan suara-suara ini [5].

Oleh karena itu penting untuk memantau daerah-daerah dengan potensi pembangkitan kebisingan yang kuat seperti lokasi konstruksi dan daerah volume lalu lintas yang tinggi (kota, bandara, stasiun kereta api) untuk membelah manusia dan hewan.

Hioki FT3432 untuk Pemantauan Kebisingan

Hioki's FT3432 Sound Level Meter mengukur berbagai suara dari 30dB hingga 137dB dan tidak memerlukan rentang pengalihan. Meter ini sangat portabel dengan berat ukuran kompak hanya 105g. Kemampuan pengukuran meliputi:

• Tingkat suara

• Tingkat suara kontinyu yang setara

• Tingkat eksposur suara

• Tingkat suara maksimal

• Tingkat suara puncak tertimbang C (* Hanya ketika rentang puncak dipilih)

Ada 2 metode untuk menggunakan FT3432 Hioki untuk rekaman suara / suara dan pemantauan seperti yang tercantum di bawah ini. Kedua metode menghasilkan file output csv untuk tujuan pelaporan.

1. Hioki FT3432 dengan LR5042 Voltage Logger untuk merekam output diskalakan (dB) dengan pemantauan kebisingan real-time.

review jual harga hioki 3432 sound level meter

Kombo ini memungkinkan pembacaan skala (dB) ditampilkan pada LR5042 untuk pemantauan real-time. Rekaman dimulai dan waktu berhenti dikontrol secara manual atau otomatis melalui mode terjadwal (dapat dikonfigurasi melalui PC). File output dapat dilihat melalui perangkat lunak LR5000 Utility di PC dalam format berikut:

review jual harga hioki 3432 sound level meter 01

2. Hioki FT3432 dengan CM4372 Clamp Meter untuk output DC (V) dengan kemampuan transfer data nirkabel

Data yang terukur pada FT3432 ditransfer secara nirkabel ke perangkat pintar melalui Bluetooth. Data dilihat melalui aplikasi GENNECT Cross (freeware) atau ditransfer dalam format file csv untuk diedit dalam xls.

review jual harga hioki 3432 sound level meter 02

Ada dua pilihan format pelaporan - csv (dapat diedit dalam xls) dan Hioki Connect Format (melalui aplikasi GENNECT Cross). Perhitungan skala sederhana diperlukan untuk mendapatkan pembacaan dalam unit dB (Silakan berkonsultasi dengan perwakilan kami untuk rinciannya)

review jual harga hioki 3432 sound level meter 03

Polusi suara membutuhkan pemantauan ketat terutama dengan urbanisasi berbagai daerah. Dua metode yang disebutkan di atas menggunakan Hioki's FT3432 Sound Level Meter memungkinkan pencatatan dan pelaporan kebisingan polusi yang mudah.

References
1. https://infrastructure.planninginspectorate.gov.uk/document/2322958
2. https://www.environmentalpollutioncenters.org/noise-pollution/
3. https://www.nidcd.nih.gov/health/noise-induced-hearing-loss
4. https://blog.arcadiapower.com/15-facts-stats-noise-pollution/
5. https://greentumble.com/how-noise-pollution-is-disrupting-the-ecosystem/

Read 942 times Last modified on Thursday, 27 September 2018 08:32