Mau Tahu Pentingnya Pemantauan Dan Pemeliharaan Baterai pada UPS??

pemantauan-baterai-dan-pemeliharaan-baterai

Saat ini, pemantauan performa dan pemeliharaan baterai pada pembangkit listrik tidak dapat disepelekan. Kinerja buruk pada baterai dapat memberikan kerugian yang cukup besar. Terutama pada perusahaan-perusahaan data center, biaya kegagalan baterai ini dapat menyebabkan kerugian ratusan juta hingga milyaran rupiah. Pada kali ini radius akan menjelaskan pentingnya pemantauan dan pemeliharaan yang telah dijelaskan oleh Edvard Csanyi seorang electrical engineer dan pendiri Electrical Engineering Portal.

Mengapa kita perlu melakukan pemantauan & pemeliharaan baterai?

Ada banyak argumentasi pentingnya pemantauan baterai. Namun ada 3 alasan paling penting, yaitu:

  1. Untuk meningkatkan performa dan keandalan baterai
  2. Mengoptimalkan masa pakai baterai dan juga mengurangi biaya perawatan baterai
  3. Keamanan. Untuk mencegah hal-hal yang membahayakan personel

Meningkatkan Performa dan keandalan baterai

Meningkatkan keandalan baterai dapat memperkecil persentasi terjadinya pemadaman listrik. Seringkali dengan alasan menghemat biaya, membuat bagian keuangan tidak mau mengeluarkan biaya untuk melakukan pemantauan dan menganalisa baterai. Padahal ketika terjadi pemadaman listrik karena kegagalan baterai dapat menyebabkan kerugian jauh lebih besar daripada biaya melakukan pemantauan baterai.

Pentingnya Pemantauan Baterai Dan Pemeliharaan Baterai

Bagaimana pemantauan dan pemeliharaan baterai dapat meningkatkan keandalan baterai?

Dengan memantau peningkatan keandalan baterai, kita dapat melakukan deteksi tahap awal masalah pada baterai, sebelum terjadi kegagalan sistem mendadak.

Bagaimana cara mendeteksi masalah pada baterai?

Masalah dapat dideteksi dengan cepat dan murah melalui pengukuran resistansi internal setiap sel atau modul dalam sistem. Resistensi sel telah terbukti menjadi indikator yang andal dari kondisi kesehatan baterai. Satu-satunya metode lain untuk menguji kondisi baterai adalah dengan melakukan uji kapasitas. Tidak ada yang bisa membantah keefektifan uji kapasitas, tetapi, sayangnya, karena biayanya yang mahal, banyak pengguna tidak akan melakukan uji baterai mereka. Keuntungan utama dari uji resistansi adalah dapat dilakukan secara otomatis, tanpa ada personel penguji.

Penghematan biaya

Ada tiga cara pemantauan dapat memberikan penghematan biaya yang siap mengimbangi biaya awal pembelian sistem monitor: dengan mengurangi waktu perawatan, dengan mengoptimalkan masa pakai baterai, dan dengan mengurangi biaya pengujian.

Mengurangi waktu perawatan?

Waktu yang diperlukan untuk memelihara baterai dalam lemari baterai UPS kecil, kantor telepon kecil, atau gardu induk perusahaan listrik, sesuai dengan standar IEEE, paling sedikit 25 jam setahun. Sebagian besar dari jam-jam ini dapat dihemat dengan menggunakan monitor, dan jam yang dihemat akan membayar untuk monitor baterai terbaik dalam dua hingga empat tahun.

Mengoptimalkan masa pakai baterai

Masa pakai baterai sangat dipengaruhi oleh suhu sekitar, siklus berlebih, dan tegangan float. Monitor yang membantu pengguna dalam mengambil tindakan korektif terhadap kondisi di luar toleransi dapat mencegah penuaan dini pada baterai.

Banyak pengguna hanya mendapatkan 50% hingga 80% dari masa pakai baterai yang realistis.

Mengurangi biaya pengujian

Setiap sistem baterai baru harus diuji penerimaannya dengan uji kapasitas untuk membuktikan bahwa baterai tersebut dapat berfungsi saat dibutuhkan. Juga bijaksana, terutama dalam aplikasi yang melibatkan masalah keuangan atau keselamatan, untuk melakukan uji kapasitas berkala untuk menentukan di mana masa pakai baterai yang diproyeksikan.

Biaya untuk melakukan pengujian ini adalah beberapa ribu dolar per pengujian dan membutuhkan banyak waktu persiapan. Monitor yang dipasang secara permanen yang dapat mencatat data selama pelepasan terjadwal atau tidak terjadwal dan menghilangkan sejumlah besar biaya ini.

Keamanan

Monitor baterai yang terhubung secara permanen mengurangi kebutuhan personel perawatan untuk langsung terhubug dengan voltase tinggi yang ada di sebagian besar sistem baterai. Jika monitor menemukan masalah, maka baterai mungkin harus diakses oleh personel pemeliharaan. Namun, jika terjadi masalah, baterai biasanya akan dilepaskan dari beban dan pengisi daya, sehingga mengurangi eksposur.

Sistem UPS yang memiliki baterai yang dipasang di kabinet sangat berbahaya untuk digunakan, karena hanya ada sedikit ruang untuk mengakses terminal baterai untuk pengukuran dan perawatan rutin. Dan, selain masalah keamanan personel, juga selalu ada bahaya jika seseorang secara tidak sengaja menciptakan masalah yang mematikan sistem.

Parameter apa yang HARUS dipantau?

Beberapa parameter baterai dipantau untuk memastikan baterai dioperasikan dalam lingkungan yang menjamin masa pakai optimal, dan beberapa dipantau untuk melacak status kesehatan baterai.

Untuk mencapai tujuan utamanya, monitor harus, minimal, memantau parameter berikut:

  • Tegangan string keseluruhan . Untuk memverifikasi pengisi daya telah diatur dengan benar dan beroperasi dengan benar.
  • Tegangan sel . Untuk memverifikasi semua sel mengisi daya dengan benar.
  • Suhu lingkungan . Untuk memverifikasi lingkungan suhu berada pada atau mendekati suhu optimal untuk masa pakai yang lama dan kapasitas maksimum.
  • Resistensi sel internal . Untuk memverifikasi status kesehatan dengan mengidentifikasi sel berkapasitas rendah.
  • Resistensi antar sel . Untuk memeriksa integritas jalur konduksi dan menghindari kemungkinan kebakaran dan pemadaman mendadak.
  • Siklus beban . Untuk memeriksa jumlah dan kedalaman pelepasan. Informasi ini digunakan untuk memproyeksikan masa pakai baterai dan menyelesaikan masalah garansi. Parameter lain yang berguna dalam menganalisis kinerja baterai adalah: Pertama: Arus beban yang dialirkan oleh baterai selama pengosongan digunakan untuk menghitung kapasitas baterai. Ini juga berguna dalam aplikasi string paralel untuk melihat bagaimana string berbagi beban. Kedua: Arus mengambang (float) yang ditarik oleh baterai dapat berguna dalam baterai VRLA untuk mendeteksi kondisi pembuangan panas.

Itulah pentingnya pemantauan dan pemeliharaan baterai sebagaimana diungkapkan Edvard Csanyi.

Sumber:
https://electrical-engineering-portal.com/battery-monitoring-and-maintenance

Artikel terkait:

NB:

Jika anda membutuhkan Battery Tester untuk pengukuran Resistansi Internal (Internal resistance), kami dapat membantu anda. Kami dapat memberikan presentasi maupun pelatihan mengenai pengukuran Resistansi Internal (Internal resistance) Baterai GRATIS!!

Alat Standar kami adalah Battery Tester Hioki BT3554. Jangan segan untuk bertanya pada kami melalui WA dipojok kanan bawah (atau klik disini). Atau melalui email cs@radiud.co.id. Kami akan senang bisa membantu anda 

Produk Battery Tester

Klik Spesifikasi Battery Tester Hioki BT3554-10 dan BT3554-11

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D