4 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Penggunaan Multimeter

keselamatan-dalam-menggunakan-multimeter-dp

Halaman ini akan memberikan 4 penjelasan yang harus dipahami tentang cara menggunakan penguji listrik dan multimeter digital (DMM) dengan baik, sehingga bisa menggunakan dengan aman.

Kecelakaan tegangan berlebih yang disebabkan oleh tegangan impuls

keselamatan-dalam-menggunakan-multimeter-hioki

Gambar disamping menggambarkan bentuk gelombang yang mencirikan jenis tegangan lebih yang terjadi ketika katup solenoid beroperasi. Dalam contoh ini, Anda dapat melihat bahwa tegangan impuls mendekati 1000 V dihasilkan pada saluran AC 100 V. Tegangan impuls seperti ini dapat terjadi di pabrik dengan banyak beban induktif atau jika terjadi sambaran petir di dekat lokasi di mana multimeter digunakan.

Berikut 4 hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan multimeter

1. Kategori pengukuran

keselamatan-dalam-menggunakan-multimeter-1

IEC 61010-1, standar internasional tentang keamanan multimeter, menetapkan kategori pengukuran yang ditunjukkan pada gambar. Di bawah ini adalah daftar multimeter dan alat ukur lainnya yang memberikan kapasitas yang memadai untuk setiap kategori. (Untuk produk Hioki, jenis informasi ini tersedia di katalog produk dan situs web Hioki.)

Card HiTester 3244-60: CAT III (300 V), CAT II (600 V)

Digital Multimeter DT4256: CAT IV (600 V), CAT III (1000 V)

Untuk instrumen yang akan digunakan dalam kategori pengukuran tertentu, ia harus memiliki kapasitas yang memadai untuk menahan tegangan impuls (lihat tabel) yang dapat diperkirakan berdasarkan lokasi penggunaan (CAT IV, CAT II, ​​atau CAT II) dan tegangannya relatif ke tanah (tegangan rangkaian).

Sebagai contoh, CAT II (300 V) multimeter diperlukan untuk dapat menahan tegangan impuls 2500 V berdasarkan tegangan ke tanah 300 V. Di lokasi (yaitu, kategori) seperti jalur produksi industri di mana tegangan impuls besar dijelaskan di atas adalah mungkin, itu praktik yang baik untuk memilih multimeter dengan kategori pengukuran setinggi mungkin. Deskripsi terperinci dari masing-masing kategori berikut.

CAT II: Dari steker listrik perangkat yang terhubung ke outlet listrik ke sirkuit catu daya perangkat

CAT III: Sirkuit antara panel distribusi dan kabel catu daya dan sirkuit catu daya dari perangkat yang terhubung langsung ke sumber daya (misalnya, peralatan tetap) dan sirkuit antara panel distribusi dan outlet listrik

CAT IV: Sirkuit lead-in dan sirkuit bangunan antara pintu masuk servis dan meteran listrik atau panel distribusi.

2. Input tegangan ke sirkuit pengukuran multimeter digital saat ini

Saat menggunakan multimeter digital untuk mengukur arus, multimeter harus dihubungkan secara seri dengan rangkaian yang diukur. Untuk meminimalkan kehilangan (resistansi) instrumen yang disebabkan oleh menghubungkan multimeter digital, rangkaian pengukuran multimeter saat ini dirancang untuk memiliki impedansi rendah.

keselamatan-dalam-menggunakan-multimeter-hioki-2

Jika multimeter digital terhubung secara keliru secara paralel ke catu daya sirkuit, tegangan suplai akan diterapkan melintasi terminal multimeter, menyebabkan arus berlebih mengalir dan instrumen terbakar.

Untuk mencegah kerusakan seperti itu, sebagian besar multimeter memasukkan sekering pelindung. Selain itu, beberapa produk dengan sengaja menghilangkan terminal saat ini (terminal “A”) atau memasukkan mekanisme yang terhubung ke sakelar putar untuk mencegah agar sadapan uji tidak terhubung secara tidak sengaja ke terminal yang salah.

3. Input tegangan ke sirkuit pengukuran resistansi multimeter digital

Karena rangkaian pengukuran resistansi multimeter digital memiliki impedansi input yang rendah, penerapan tegangan pada lead uji dapat membakar instrumen dengan menyebabkan arus berlebih mengalir di dalamnya, dan korsleting yang dihasilkan pada gilirannya dapat menyebabkan panel distribusi terbakar .

keselamatan-dalam-menggunakan-multimeter-3

Multimeter digital Hioki memiliki sirkuit perlindungan arus lebih internal yang meminimalkan arus berlebih yang disebabkan oleh input tegangan, dan mereka dirancang untuk menahan tegangan lebih hingga 1 menit.

4. Kecelakaan yang disebabkan oleh korsleting lead tes

Penggunaan sadapan uji dengan ujung logam panjang dapat menyebabkan kecelakaan korsleting saat mengukur tegangan.

Semua multimeter digital Hioki menggunakan sadapan uji tertutup yang memiliki area logam terbuka yang lebih pendek di ujungnya.

keselamatan-dalam-menggunakan-multimeter-4

Itulah 4 hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan multimter, agar tidak terjadi kecelakan dalam penggunaan multimeter, dan rujuklah ketika memilih model yang tepat untuk aplikasi Anda. Misalnya, Multimeter digital Hioki yang merupakan produk yang aman dan berkualitas tinggi. Itulah 4 hal yang harus diperhatikan dalam memilih dan menggunakan multimeter.

DAFTAR PRODUK-PRODUK MULTIMETER HIOKI (KLIK DISINI)

Sebagai distributor resmi atau Authorized Distributor Hioki, kami menjual Multimeter Hioki, sehingga KEASLIAN dan KUALITAS produk terjamin. Jika ada yang mau ditanyakan seputar multimeter bisa hubungi kami melalui komen, email (cs@radius.co.id), atau langsung lewat WA dipojok bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D