Alat Analisis Kualitas Daya untuk Manajemen Risiko yang Efektif: Dari Pembangkitan hingga Distribusi

alat manajemen risiko yang efektif, power quality analyzer hioki pq3198

Mari jelajahi Alat Analisis Kualitas Daya untuk Manajemen Risiko yang Efektif. Seperti yang kita semua sadari, energi tidak diciptakan atau dihancurkan, ia hanya mengalami transformasi dari satu jenis energi ke jenis lainnya. Dalam dunia saat ini dengan sumber energi yang beragam, energi listrik jelas mendapatkan popularitas di antara alternatif karena dampaknya yang minimal terhadap lingkungan. Namun, ketika kita melihat pada sumber energi yang berbeda dan meninjau efisiensi konversinya, kita dapat melihat bahwa hanya rata-rata 34% dari sumber energi tersebut menjadi energi listrik.

LARGER-CONVERSION-CHART-1-alat-analisa-kualitas-daya

Ketika melihat lebih jauh ke jalur konversi dan distribusi energi listrik, kita dapat melihat beberapa area di mana tenaga listrik diproses lebih lanjut untuk memfasilitasi pengiriman dari sumber asli (pembangkit listrik) ke tujuan akhir (pengguna komersial atau perumahan)

Electrical-Distribution-System

Pada setiap langkah ini, peralatan konversi energi listrik (trafo dan sistem distribusi) berpotensi mempengaruhi kualitas sinyal listrik, dan selanjutnya baik penyedia energi maupun pengguna akhir tidak hanya memiliki hak, tetapi juga tanggung jawab, untuk memastikan pasokan dan operasi yang aman sambil mematuhi standar keselamatan dan mematuhi peraturan industri yang sesuai.

Ketika masalah dengan kualitas daya muncul, pengukuran yang dilakukan dengan penganalisis kualitas daya akan mengungkapkan gejala yang umumnya terkait dengan gangguan yang terjadi selama konversi dan distribusi energi (daya listrik yang dipasok oleh perusahaan utilitas) atau gangguan yang sudah ada pada beban (peralatan milik pelanggan memanfaatkan daya listrik yang disediakan).

Di antara pertanyaan yang diajukan oleh hasil pengujian, penting untuk menyebutkan bahwa apa yang tampak sebagai operasi normal saat membuat pengukuran arus atau tegangan kasual dengan DMM hanya mewakili satu titik snapshot dalam waktu. Setiap upaya untuk mengekstrak kesimpulan dari pengukuran titik tunggal dapat mengakibatkan interpretasi yang salah tentang “Kondisi Kesehatan” sistem penyaluran daya atau beban di tempat pelanggan. IEC61000-4-30 adalah standar internasional yang menjelaskan bagaimana kualitas daya diukur dengan instrumen uji, dan juga menentukan keandalan minimum dan pengulangan pengukuran yang dilakukan oleh instrumen uji tersebut. Alat analisa kualitas daya termasuk dalam kategori instrumen uji ini.

MASALAH YANG DI TANGANI

Jadi apa yang terjadi jika terjadi kesalahan yang tidak terduga? Misalnya, suatu beban mengkonsumsi lebih banyak energi daripada yang diharapkan? Atau ketika permintaan listrik melebihi pasokan? Tanpa instrumen tes yang tepat, tidak ada jawaban yang mudah. Alat analisis kualitas daya untuk manajemen risiko yang efektif adalah kunci dalam skenario ini.

Begitu…. Mari kita tanyakan beberapa pertanyaan sebelum mengambil kesimpulan:

  • Apakah ada tanda peringatan dini dari situasi yang berkembang?
  • Kapan peristiwa pemicuan terjadi?
  • Apa yang perlu kita lakukan untuk mencegah situasi seperti ini terjadi lagi di masa mendatang?

Untungnya, semua pertanyaan ini dapat dijawab dengan kemampuan penganalisis kualitas daya yang modern, andal, dan akurat – lihat Penganalisis Kualitas Daya PQ3198 HIOKI di bawah ini.

distributor hioki power quality analyzer pq3198
distributor hioki power quality analyzer pq3198

Apakah ada peringatan dini? Meskipun tidak ada pengganti untuk melihat ke belakang, kemampuan untuk mengamati tren nilai arus dan / atau tegangan selama periode waktu tertentu dapat menjadi indikator perilaku di masa mendatang. Ini bukan untuk mengatakan bahwa perilaku sebenarnya dari unit yang diuji dapat diprediksi secara akurat, namun setiap indikasi perubahan tegangan atau arus menunjukkan potensi gangguan pada sumber atau beban. Misalnya, penurunan tegangan yang disertai dengan peningkatan konsumsi arus dikaitkan dengan beban yang dapat mengalami kegagalan. Sebaliknya, jika terjadi penurunan tegangan dan penurunan arus secara bersamaan, penyebabnya dapat dikaitkan dengan sisi sumber / suplai. Fenomena / kejadian umum yang terkait dengan variasi arus dan / atau tegangan dapat berupa:

  1. Tegangan turun atau membengkak
  2. Arus masuk
  3. Distorsi bentuk gelombang
  4. Fluktuasi nilai RMS
  5. Berkedip
  6. Fluktuasi frekuensi
  7. Harmonik
  8. Keseimbangan sirkuit (fase)
  9. Transien yang disebabkan oleh sakelar peralatan, atau petir
  • Kapan peristiwa pemicuan terjadi?
    Merupakan hal yang umum untuk mengamati perubahan nilai tegangan dan / atau arus ketika generator atau beban yang terpasang dihidupkan, biasanya karena peningkatan sumber daya yang dibutuhkan dalam waktu yang relatif singkat. Saat instrumen uji mengumpulkan data yang terkait dengan stempel waktu, pengguna dapat menentukan dengan tingkat kepastian yang tinggi bahwa peralatan atau beban tertentu menyebabkan kerusakan pada titik waktu tertentu. Penting juga untuk mencatat peristiwa transien, yang ditandai dengan gelombang tiba-tiba atau penurunan arus atau tegangan.
  • Bagaimana kita mencegah hal serupa terjadi di masa depan?
    Nah, ini adalah pertanyaan yang sudah terjawab di 1) dan 2) di atas! Karena itu, kami tidak hanya ingin mengukur, kami juga perlu menentukan “acara kualifikasi”, atau apa yang dianggap dapat diterima dan apa yang tidak. Dengan membuat batas atas dan bawah untuk nilai tegangan, arus, dan keseimbangan fasa, kita dapat memanfaatkan kekuatan perekaman peristiwa untuk penggunaan dan keuntungan kita. Ini berarti dua hal:
  • Menjadikan pengukuran proaktif sebagai sarana pencatatan berkala untuk mendeteksi tren hasil pengukuran
  • Menghentikan dan / atau membuat tindakan tertentu saat peristiwa kualifikasi telah terjadi, yang secara otomatis akan dibuat saat parameter yang diukur berada di luar rentang nilai yang ditetapkan.

Terakhir tapi bukan yang akhir …. Bagaimana cara melaporkan temuan? Instrumen uji yang memenuhi syarat IEC menawarkan kemampuan ekspor data (mis., Format CSV Excel). Untuk gambaran yang lebih lengkap tentang peristiwa yang telah direkam, terdapat peluang untuk menyediakan data visual dan numerik dalam format laporan pengujian. Misalnya, HIOKI Power Quality Analyzers menggunakan PQ-ONE Software Tools, lihat contoh di bawah ini:

software-pq-one-hioki-power-qualit-analyzer

Perangkat Lunak PQ ONE memberikan kemampuan pelaporan data yang ditingkatkan, sebagai berikut:

  • Mampu menampilkan APA yang terjadi dan DIMANA terjadinya
  • Statistik Peristiwa selama periode waktu yang sewenang-wenang
  • Grafik Siap Laporan
  • Ekspor ke format PQDIF untuk kompatibilitas dengan praktik industri.

Selain data domain waktu, PQ ONE juga dapat melaporkan Harmonik dalam sinyal yang diuji menggunakan Layar FFT:

FFT-DISPLAY-400x305

Kesimpulan

Ketika masalah yang berkaitan dengan kualitas daya menyebabkan kerusakan peralatan atau fasilitas, penting untuk mencari perangkat yang tepat yang memberikan kemampuan untuk memantau, menilai, dan menentukan tindakan yang sesuai. Pemeliharaan preventif membantu menetapkan pengamatan berkelanjutan terhadap parameter kritis dalam pasokan AC / DC dan sisi beban persamaan energi, sehingga mengurangi risiko pengoperasian peralatan mahal di bawah parameter yang tidak dipantau.

Alat analisis daya HIOKI secara efektif menjawab pertanyaan yang memungkinkan perusahaan utilitas dan pengguna akhir untuk mengoperasikan sumber daya mereka pada efisiensi maksimum dan risiko minimum. Cari kemampuan pengukuran yang melampaui arus dan voltase saluran 50 / 60Hz:

  • Bandwidth dan akurasi: Hingga 2 MHz, instrumen IEC kelas A.
  • Input diisolasi dari output
  • Mengukur hingga 6kV AC
  • Pengukuran transien pada 2MS / detik, pita lebar hingga 700kHz
  • Sensor arus AC / DC dengan bandwidth yang sesuai
  • Harmonik tingkat tinggi hingga 80KHz

Klik untuk mengetahui detail tentang Power Quality Analyzer PQ3198 HIOKI.

Artikel ini diterjemah bebas dari artikel Fernando Gomez 10 Jun 2019:
https://hiokiusa.com/power-quality-analysis-tools/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D