Tips Memilih Kamera Thermal Yang Tepat?

tips memilih kamera thermal

Ketika memilih kamera thermal, tidak ada solusi tunggal untuk semua pengaplikasian. Meskipun anda membutuhkan kamera termal untuk inspeksi gedung, pengawasan dan keamanan kelas atas, otomasi industri atau berbagai macam aplikasi termografi, akan ada banyak pertimbangan yang harus anda perhatikan sebelum membeli kamera thermal supaya anda tidak menyesal nantinya. Berikut beberapa tips memilih kamera thermal ;

Rentang Temperature / Range Temperature

Rentang temperature pada kamera thermal mungkin menjadi hal yang utama dan penting dalam memilih kamera termal. Pada suhu berapa anda akan mengambil gambar? Apakah akan ada perbedaan suhu yang besar? Pertimbangan pertama adalah rentang suhu kamera yang dapat dibaca. Jangan objek pengukuran sampai melebihi limit suhu kamera.

Resolusi dan Sensitivitas

Perbedaan Resolusi Kamera Thermal
Perbedaan Resolusi Kamera Thermal

Terlepas dari biaya dan kualitas, terdapat 2 faktor penting yang harus anda pikirkan ketika ingin membeli kamera termal, yaitu tingkat resolusi dan sensitivitas termal.

Tingkat resolusi kamera termal adalah jumlah piksel yang dapat ditangkap oleh kamera termal dalam sebuah frame. Semakin besar jumlah pikselnya, semakin detail gambar yang dihasilkan.

Standar resolusi kamera termal adalah 160 x 120, 320 x 240 and 640 x 480 piksel. Resolusi 160 x 120 akan memiliki 19.200 piksel, sedangkan resolusi 640 x 480 akan memiliki 307.200 piksel. Jika anda menggunakan resolusi yang tinggi, maka gambar yang dihasilkan akan lebih jelas dan lebih detail.

Sensitivitas termal adalah tingkat perubahan suhu terkecil yang dapat diukur oleh kamera termal. Apabilan sensitivitas termal dari kamera termal adalah 0.05°, maka kamera termal ini mampu memisahkan dua permukaan yang memiliki perbedaan 0.05° dengan menunjukkan permukaan yang dingin dan panas dengan corak warna yang berbeda.

Selain itu, pastikan range dari kamera termal itu cukup besar sehingga suhu yang diukur tidak mencapai batas atau limit.

Emisivitas dan Refleksi

Kamera termal yang memungkinkan operator untuk mengatur emisivitas dan refleksi merupakan kamera termal yang dipilih jika anda berencana menggunakan kamera termal untuk berbagai aplikasi. Intinya, emisivitas adalah nilai efisiensi yang digunakan benda untuk memancarkan radiasi infra merah. Untuk memastikan pembacaan suhu yang benar, kamera termal saat ini memiliki pengaturan tingkat emisivitas yang sudah built-in untuk berbagai macam bahan.

Hal yang sama juga berlaku untuk refleksi. Kamera yang memungkinkan anda menyesuaikan sudut saat mengarahkan kamera pada suatu objek, akan memastikan bahwa gambar yang dihasilkan terbebas dari kesalahan pembacaan yang disebabkan oleh refleksi atau pantulan.

Daftar Emmisivity pada Kamera Termal Sonel
Daftar Emmisivity pada Kamera Termal Sonel

Rentang manual dan koreksi

Kamera termal mengatur otomatis rentang atau range dan tingkat level gambar termal yang ditampilkan berdasarkan suhu tertinggi dan terendah yang direkam. Namun, ini tidak efektif jika anda hanya ingin melihat spektrum kecil dari kisaran suhu. Pengaturan manual memungkinkan anda untuk mengatur batasan nilai tertinggi dan terendah sehingga anda dapat membatasi ruang lingkup inspeksi anda.

Kamera Digital yang Terintegrasi

Kamera digital yang terintegrasi memungkinkan operator untuk mengambil gambar normal dari subjek selain gambar termal. Hal ini sangatlah membantu ketika kita sedang menginspeksi objek yang kompleks. Hal ini juga akan membantu anda dalam membandingkan dan menemukan area yang membutuhkan inspeksi dengan mudah.

Contoh beberapa Mode Kamera pada Kamera Termal Sonel
Contoh beberapa Mode Kamera pada Kamera Thermal Sonel

Adapun ftur lainnya yang menggunakan kamera digital terintegrasi ini, yaitu fitur Picture-in-Picture (PIP). Fitur ini memungkinkan kamera untuk mengkombinasi gambar digital atau gambar asli dengan gambar termal dalam 1 frame. Ini sangat membantu sekali ketika operator membutuhkan pandangan yang lebih baik dari objek terukur tanpa

Thermal Fusion

Fusi Termal pada Trafo
Fusi Termal pada Trafo

Thermal fusion atau fusi termal adalah kombinasi dari termal dan gambar digital yang dimana bertujuan untuk memberikan perbedaan antara gambar termal dan gambar yang terlihat dalam rona warna yang berbeda. Metode ini memberikan kemudahan kita untuk menginspeksi masalah.

Ini adalah fitur inti yang akan membantu anda menemukan kamera termal yang mumpuni. Dengan kemajuan teknologi, kamera termal modern datang dengan berbagai macam fitur yang sudah memiliki fitur Bluetooth, mode kamera normal, koneksivitas dengan WiFi, dan fitur ergonomis lainnya.

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D