Apa Yang Dimaksud Arus Listrik? Dasar-Dasar Kelistrikan Bag. 3

apa yang dimaksud arus

Perbedaan antara tegangan dan arus, berbagai jenis arus, dan metode untuk mengukur arus

Kita memanfaatkan kekuatan listrik setiap hari tanpa terlalu memikirkannya. Anda mungkin menemukan bahwa ada beberapa hal tentang listrik yang tidak Anda ketahui. Anda mungkin juga malu untuk bertanya tentang sesuatu yang menurut Anda seharusnya sudah Anda pahami. Jangan takut! Halaman ini kami memberikan pengetahuan dasar tentang arus serta pengenalan yang mudah dipahami tentang topik-topik seperti perbedaan antara arus dan tegangan, berbagai jenis arus, dan metode untuk mengukur arus.

Setelah Anda membacanya, Anda harus memiliki pemahaman dasar tentang arus.

Apa yang dimaksud arus listrik?

Arus mengacu pada aliran listrik dalam sirkuit elektronik, dan jumlah listrik yang mengalir melalui sirkuit. Diukur dalam ampere (A). Semakin besar nilai dalam ampere, semakin banyak listrik yang mengalir di sirkuit.

Listrik mudah divisualisasikan seperti aliran air di sungai. Partikel yang disebut elektron berkumpul, dan jumlah elektron yang mengalir setiap detik adalah arus.

Perbedaan antara tegangan dan arus

Tegangan adalah istilah lain yang digunakan dalam kaitannya dengan sirkuit elektronik seperti halnya arus. Tegangan diukur dalam volt (V). Seperti arus, tegangan juga terkait dengan aliran elektron dalam suatu rangkaian. Arus mengacu pada aliran elektron, sedangkan tegangan mengacu pada jumlah gaya yang mendorong elektron yang mengalir.

Semakin tinggi tegangan, semakin banyak arus yang mengalir; tegangan yang lebih rendah berarti arus yang lebih lemah.

Resistansi atau hambatan adalah komponen lain yang mempengaruhi kuat atau lemahnya suatu arus. Bayangkan resistensi sebagai lebar di mana elektron mengalir. Semakin besar hambatannya, semakin sempit lebar yang harus dilalui elektron, dan oleh karena itu semakin rendah arusnya. Sebaliknya, resistansi yang lebih rendah meningkatkan lebar di mana elektron dapat mengalir, memungkinkan lebih banyak arus mengalir sekaligus.

Jika Anda ingin lebih banyak arus mengalir pada nilai resistansi yang diberikan, Anda dapat melakukannya dengan menaikkan tegangan. Daya umumnya dihitung dengan mengalikan arus (A) dengan tegangan (V), menghasilkan hasil yang dinyatakan dalam watt (W). Dengan cara ini, arus dan tegangan benar-benar berbeda, tetapi keduanya merupakan elemen penting dalam dunia kelistrikan.

Arus searah (DC) dan arus bolak-balik (AC)

Istilah arus dan tegangan mencakup berbagai jenis fenomena, dan satu perbedaan utama yang dapat dibuat adalah arus searah (DC) dan arus bolak-balik. Arus searah (DC) mengacu pada arus dan tegangan yang arahnya tidak berubah.

apa yang dimaksud arus

Contoh tipikal adalah listrik yang disediakan oleh sel kering dan baterai lithium-ion yang digunakan di mobil. Dengan arus searah, tegangan selalu positif (atau selalu negatif), dan arus selalu mengalir dalam arah yang sama. Akibatnya, perangkat tidak dapat beroperasi jika baterai dipasang dengan kutub terbalik.

Sebaliknya, arus bolak-balik (AC) mengacu pada arus dan tegangan yang arah dan besarnya bervariasi secara teratur dari waktu ke waktu. Bentuk gelombang arus AC dibedakan dengan berbagai bentuk, termasuk gelombang sinus, gelombang persegi, gelombang gigi gergaji, dan gelombang segitiga.

apa yang dimaksud arus ac

Listrik AC digunakan oleh jaringan listrik, misalnya di outlet rumah tangga. Namun, sebagian besar perangkat elektronik standar mengubahnya menjadi arus DC dengan sirkuit internalnya. Lalu, mengapa jaringan listrik menggunakan arus AC?

Alasannya ada hubungannya dengan transmisi. Resistansi pada saluran listrik menyebabkan kerugian ketika arus ditransmisikan, tetapi kerugian itu dapat dikurangi dengan meningkatkan tegangan. Namun, sulit untuk membuat arus DC tegangan tinggi, sehingga listrik ditransmisikan sebagai arus AC dan kemudian diturunkan ke tegangan yang lebih rendah oleh transformator sebelum dipasok ke perangkat listrik melalui jaringan listrik. Kemudian perangkat tersebut, dalam banyak kasus, mengubah arus AC menjadi arus DC dengan sirkuit internalnya sehingga dapat digunakan.

Bagaimana mengukur arus listrik?

Untuk mengukur arus, Anda harus menggunakan instrumen seperti multimeter digital. Fungsionalitas bervariasi menurut produk, tetapi multimeter digital dapat melakukan berbagai pengukuran, termasuk tidak hanya arus, tetapi juga tegangan dan hambatan.

cara mengukur arus menggunakan multimeter

Saat mengukur arus dengan multimeter digital, Anda harus mengatur instrumen ke fungsi arus sebelum melakukan pengukuran. Instrumen akan memiliki sejumlah unit tampilan, misalnya A, mA, dan A, jadi Anda harus memilih rentang pengukuran yang paling sesuai dengan arus yang Anda ukur.

Saat mengukur arus, sambungkan terminal negatif ke stopkontak COM dan terminal positif ke stopkontak A pada instrumen sehingga multimeter dirangkai seri dengan rangkaian.

cara menggunakan multimeter digital untuk mengukur arus

Berhati-hatilah untuk tidak menerapkan tegangan saat fungsi arus dipilih. Melakukannya dapat merusak instrumen dengan menyebabkan arus lebih mengalir melaluinya. Sebenarnya, instrumen menggunakan sekering untuk melindungi sirkuitnya, tetapi praktik yang baik adalah berhati-hati karena arus berlebih dapat merusak instrumen. Beberapa multimeter digital tidak memiliki terminal input arus untuk menghindari bahaya ini.

cara menggunakan multimeter digital

Menggunakan multimeter digital untuk mengukur arus

Arus mengacu pada aliran listrik dalam sirkuit elektronik, dengan angka yang lebih besar menunjukkan lebih banyak listrik. Meskipun arus berbeda dari tegangan, keduanya merupakan konsep penting, dan perlu untuk memahami masing-masing.

Arus dapat diukur dengan menggunakan multimeter digital. Mengapa tidak mencoba mengukur arus berdasarkan informasi yang diperkenalkan di halaman ini?

sumber: hioki.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D