Apa Yang Dimaksud Hambatan/Resistansi Listrik? Dasar-Dasar Kelistrikan Bag. 4

apa yang dimaksud resistansi listrik, hambatan listrik, bagaimana cara mengukur resistansi

Penjelasan tentang dasar-dasar resistansi listrik, metode perhitungan, dan resistor

Jika Anda seperti banyak orang, Anda mungkin pernah mendengar tentang hambatan listrik atau resistansi tetapi tidak begitu memahaminya. Anda mungkin ragu untuk bertanya kepada orang-orang tentang hal itu sekarang. Sederhananya, hambatan listrik adalah gaya yang melawan aliran listrik.

Resistansi atau hambatan mempengaruhi aliran listrik. Halaman ini menawarkan pengetahuan dasar tentang hambatan listrik, bersama dengan penjelasan rinci tentang topik-topik seperti metode perhitungan dan resistor.

Apa itu resistansi atau hambatan listrik?

Hambatan listrik-adalah gaya yang melawan aliran arus. Jadi, hambatan berfungsi sebagai indikator betapa sulitnya arus mengalir. Nilai resistansi dinyatakan dalam ohm (Ω).

Ketika ada perbedaan elektron antara dua terminal, listrik akan mengalir dari tinggi ke rendah. Hambatan melawan aliran arus. Semakin besar hambatannya, semakin kecil arusnya. Sebaliknya, semakin rendah hambatan, semakin besar arus.

aliran air, contoh resistansi listrik
Pada gambar kiri air tidak mengalir, sedang gambar kanan air mengalir dari A ke B dimana antara A dan B ada perbedaan level air. Sedangkan gambar kiri tidak ada

Bagaimana Menghitung Resistansi Atau Hambatan?

Hambatan listrik dapat dihitung sebagai nilai menggunakan tegangan dan arus dalam rangkaian.

cara menghitung resistansi atau hambatan

Resistansi = Tegangan / arus

Rumus ini dikenal sebagai Hukum Ohm. Jika tegangan dipertahankan konstan, nilai resistansi akan berkurang seiring dengan meningkatnya arus-penyebut. Sebaliknya, nilai resistansi akan meningkat seiring dengan penurunan arus. Dengan kata lain, hambatan listrik rendah di sirkuit yang membawa arus besar, dan tinggi di sirkuit yang membawa arus kecil.

Pada prinsipnya, resistansi ditentukan oleh jenis dan suhu zat yang dialiri listrik, serta panjangnya. Secara umum, listrik lebih mudah mengalir melalui logam karena hambatan listriknya yang rendah, yang bervariasi menurut jenis logam, meningkat dalam urutan berikut: perak → tembaga → emas → aluminium → besi. Selain itu, resistensi menurun dengan suhu, sementara peningkatan suhu berarti peningkatan resistensi.

Selanjutnya, hambatan listrik meningkat dengan panjang di mana arus harus mengalir. Konduktor dengan luas penampang yang besar memiliki resistansi rendah karena listrik mengalir lebih mudah melaluinya, sedangkan konduktor dengan luas penampang kecil memiliki resistansi yang lebih tinggi.

resistance dan arus
Semakin kecil area untuk mengalir, semakin susah arus megalir. Semakin besar area untuk mengalir, semakin mudah arus megalir.

Hubungan antara luas penampang suatu zat dan jumlah arus yang mengalir

Apa itu resistor?

Resistor adalah komponen elektronika yang menahan aliran listrik dalam suatu rangkaian. Resistor digunakan dalam rangkaian listrik untuk mengatur arus dan tegangan, dengan cara yang sama seperti keran digunakan untuk mengatur aliran air keran. Mereka dapat digunakan tidak hanya untuk mengontrol aliran arus, tetapi juga untuk mendistribusikan tegangan dalam suatu rangkaian.

contoh resistor
Resistor

Sirkuit elektronik membutuhkan resistor untuk beroperasi dalam kondisi yang sesuai. Resistor terbuat dari bahan yang menahan aliran listrik saat melewatinya. Dengan cara ini, mereka dapat mengontrol aliran arus di seluruh rangkaian. Ketika arus dikurangi oleh resistor, kelebihan energi listrik diubah menjadi panas.

Resistor tersedia dalam berbagai jenis, termasuk varietas utama berikut:

  1. Resistor tetap
  2. Resistor variabel
  3. Potensiometer

Penjelasan Jenis-jenis Resistor:

  1. Jenis utama resistor tetap termasuk resistor film karbon dan resistor film logam, yang masing-masing menggabungkan lapisan karbon atau logam. Resistor ini memiliki nilai resistansi yang tetap.
  2. Resistor variabel memiliki nilai resistansi yang dapat diubah-ubah.
  3. Potensiometer adalah jenis resistor variabel yang digunakan untuk mengatur tegangan dan arus.
Resistor Variabel
Resistor Variabel

Bagaimana Cara Untuk Mengukur Resistansi Menggunakan Multimeter?

Resistansi dalam suatu rangkaian dapat diukur dengan menggunakan multimeter digital. Instrumen ini tidak hanya dapat mengukur resistansi, tetapi juga tegangan, arus, dan parameter lainnya, menjadikannya alat yang berguna dalam berbagai situasi.

Untuk mengukur resistansi atau hambatan menggunakan multimeter digital berikut caranya:

  1. Hidupkan instrumen dan atur ke mode resistansi (Ω).
  2. Pilih rentang seperlunya berdasarkan nilai resistansi target pengukuran.
  3. Masukkan steker kabel tes merah ke terminal “Ω” dan steker kabel tes hitam ke terminal COM.
  4. Kemudian tempatkan kabel uji dalam kontak dengan kedua ujung resistor.
  5. Periksa hasil pengukuran seperti yang ditampilkan pada layar LCD instrumen.
  6. Setelah pengukuran selesai, lepaskan kabel uji dari resistor.
cara mengukur resistansi atau hambatan listrik

Resistensi dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk suhu. Beberapa multimeter digital menyediakan fungsionalitas untuk menerapkan koreksi untuk memperhitungkan pengaruh eksternal, misalnya dalam bentuk fungsi konversi suhu meter resistansi. Oleh karena itu, sebaiknya periksa fungsionalitas model yang tersedia saat membeli multimeter digital.

Resistor sangat penting untuk memfasilitasi aliran arus yang sesuai.

Resistansi berfungsi sebagai indikator yang mengukur seberapa mudah arus akan mengalir dalam rangkaian menggunakan ohm (Ω) sebagai unit. Arus meningkat ketika resistansi berkurang, dan berkurang ketika resistansi meningkat. Resistor sangat penting untuk memastikan bahwa arus mengalir pada tingkat yang sesuai di sirkuit. Berbagai resistor digunakan untuk mengukur resistansi dalam aplikasi tertentu.

Multimeter digital diperlukan untuk mengukur apakah resistor beroperasi dengan benar. Mengapa tidak mencoba mengukur resistansi sambil mengacu pada metode yang dijelaskan di atas?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D