Bagaimana Mengidentifikasi Kelayakan Komponen Elektronika dengan Digital Multimeter Hioki DT4223?

Identifikasi Kelayakan Komponen Elektronika Dengan Digital Multimeter Hioki DT4223

Apa sih Multimeter itu ?, Multimeter merupukan alat ukur elektronika yang digunakan untuk mengukur arus listrik, tegangan, hambatan dan sebagainya sesuai dengan keperluan yang dibutuhkan pengguna. Multimeter sendiri terbagi menjadi 2 jenis, ada Multimeter Analog dengan tampilan layar menggunakan Elektronika Analog dengan ciri utama masih menggunakan jarum penunjuk nilai besaran pengukuran dan Multimeter Digital dengan tampilan layar menggunakan Elektronika Digital dengan ciri utama telah menggunakan layar tft Digital dengan tampilan yang jauh lebih menarik, detail dan mudah dibaca serta dioperasikan oleh banyak pengguna.

Pada zaman yang sudah serba canggih seperti yang kita alami saat ini sangat banyak sekali orang yang tidak bisa lagi menggunakan alat ukur listrik multimeter sebagaimana mestinya, padahal fungsi dan kegunaan dari multimeter itu sendiri bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di rumah pada peralatan-peralatan elektronika yang dipergunakan, seperti kipas angin, mixer, blender, dan lain-lainnya. Multimeter merupakan alat ukur listrik yang banyak digunakan oleh teknisi di laboratorium dan bengkel lektronika. Fungsi utama dari multimeter ini ialah mengukur resistansi, kapasitansi, arus listrik, tegangan AC maupun DC, menguji baik atau tidaknya suatu komponen, mengetahui sambungan rangkaian, dan sebagainya.

Sedangkan tujuan dan manfaat dari penulisan artikel ini memberikan gambaran yang jelas mengenai alat ukur multimeter dan komponen elektronika untuk menunjang pengetahuan serta penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mendapatkan hasil dari penelitian ini, dilakukan percobaan dengan menggunakan alat ukur multimeter digital Hioki dan beberapa buah komponen elektronika. Dari beberapa pengujian dan pengukuran yang telah dilaksanakan dengan menggunakan alat ukur multimeter digital tersebut pada beberapa komponen elektronika seperti resistor, dan dioda dapat diambil suatu kesimpulan bahwa komponen tersebut ada dalam keadaan rusak, putus atau baik.’

hioki-digital-multimeter-dt4223

Diatas merupakan bentuk fisik dari Hioki Digital Multimeter DT4223 yang memiliki spesifikasi seperti dibawah ini.

  • Menyediakan tingkat keamanan yang tinggi dalam desain yang kompak dan ringan.
  • Kemampuan Pengukuran resistansi dan deteksi tegangan (DT4223).
  • Desain yang kuat yang mampu menahan jatuh dari ketinggian 1 m.• ± 0,5% akurasi dasar DC V, lebar 40 Hz hingga 1 kHz karakteristik frekuensi AC V
  • Filter low-pass memotong harmonik tinggi (saat mengukur bentuk gelombang fundamental inverter).
  • Kisaran suhu pengoperasian Broad -10 (14 ° F) hingga 65 ° C (149 ° F).
  • Tampilan hasil Pengukuran lebih jelas dengan TFT LCD Display.

Pengujian Pada Komponen Elektronika Resistor

Resistor atau sering disebut juga tahanan atau hambatan bisa dalam keadaan baik atau putus. Jika putus maka suatu rangkaian tidak akan bisa bekerja.

Oleh karena itu untuk mengetahui resistor dapat digunakan atau tidak dilakukan hal-hal sebagai berikut:

Langkah-langkah pengujian resistor dengan multimeter adalah sebagai berikut :

  1. Putar saklar pemilih pada posisi ohm meter.
  2. Tempelkan probe masing-masing pada kawat resistor. Pengukuran jangan sampai tangan menyentuh kawat (salah satu kawat boleh tersentuh asal tidak keduanya).
  3. Perhatikan nilai hasil pengukuran pada papan layar. Jika berubah berarti resistor baik, jika diam berarti resistor putus.

Pengujian Pada Komponen Elektronika Dioda:

  1. Putar saklar pemilih ke posisi ohm.
  2. Probe merah (+) ditempelkan pada kutub katoda dan probe hitam (-) ditempelkan pada kutub anoda. Jika Nilai Pengukuran pada Display berubah berarti diode baik, jika diam berarti putus.

Selanjutnya dibalik : Probe hitam (-) ditempelkan pada kutub katoda dan probe merah (+) ditempelkan pada kutub anoda. Jika nilai hasil pengukuran berubah, berarti dioda dalam kondisi baik, jika bergerak berarti dioda rusak.

Multimeter Digital merupakan alat ukur listrik yang banyak digunakan oleh teknisi di laboratorium dan bengkel lektronika, sedangkan fungsi utama dari multimeter ini ialah mengukur resistansi, kapasitansi, arus listrik, tegangan AC maupun DC, menguji baik atau tidaknya suatu komponen, mengetahui sambungan rangkaian dan sebagainya. Dalam menggunakan Alat ukur multimeter yang paling utama adalah ketelitian dalam menggunakannya dimana sebelum mengukur suatu komponen alat ukur multimeter wajib/harus dikalibrasi terlebih dulu.

Untuk Spesifikasi Digital Multimeter Hioki DT4223 Bisa Lihat Disini

Referensi: Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi (KNiST)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D