Bagaimana Menguji Trafo? Jelajahi Metode Pengujian dan Tip Pengukuran!

bagaimana cara menguji trafo

Transformer adalah jenis peralatan listrik yang sangat penting. Ketika satu kali malfungsi, dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan bagi perusahaan yang menggunakannya. Untuk mencegah kemungkinan tersebut, perlu dilakukan pengukuran evaluasi selama pengembangan dan pengujian yang kuat selama produksi, dan untuk melakukan pemeliharaan dalam bentuk pengujian dan inspeksi rutin.

Halaman ini memperkenalkan pengukuran evaluasi transformator standar dan metode pengujian yang umum digunakan.

Apa itu trafo?

Trafo digunakan untuk mengubah tegangan AC, misalnya dengan menaikkan atau menurunkannya. Mereka juga memainkan peran isolasi. Dalam peran terakhir ini, mereka melindungi pengguna peralatan listrik dengan mengisolasi sisi input dan output rangkaian catu daya sehingga listrik pada sisi input tidak dapat mengalir langsung ke sisi output.

Contoh yang akrab bagi kebanyakan orang termasuk trafo kecil yang digunakan orang selama perjalanan ke luar negeri dan trafo berbentuk ember yang bisa Anda lihat dipasang di tiang-tiang listrik.

Trafo mengubah listrik menjadi tegangan yang mudah digunakan berdasarkan beban yang diperlukan di fasilitas yang bersangkutan, dari tegangan tinggi ke tegangan rendah. Anda mungkin bertanya-tanya, “Mengapa tidak hanya mengirimkan listrik pada tegangan yang mudah digunakan?”

Namun, mentransmisikan listrik melalui saluran listrik pada tegangan rendah menyebabkan kerugian transmisi yang besar. Pembangkit listrik menggunakan tegangan tinggi untuk mengurangi arus saat mentransmisikan listrik untuk membatasi kerugian transmisi.

Pengujian Evaluasi Dasar Trafo

Di bawah ini adalah beberapa contoh dari beberapa parameter dasar yang digunakan untuk mengevaluasi transformator:

The Zookeeper's Wife

Mengukur induktansi primer (L1) dan induktansi sekunder (L2)
Instrumen dihubungkan ke sisi primer dan sekunder transformator dan digunakan untuk mengukur induktansi primer dan sekunder. Semua belitan lainnya dibiarkan dalam keadaan terbuka selama pengukuran ini.

Mengukur induktansi kebocoran
Dalam trafo yang ideal, memperpendek output juga memperpendek input, tetapi pada kenyataannya, induktansi kebocoran tetap ada bahkan ketika output disingkat. Induktansi kebocoran dapat diperoleh dengan menyingkat sisi sekunder dan kemudian mengukur induktansi sisi primer.

lcr meter Mengukur induktansi kebocoran

Kapasitansi berliku
Pengujian ini mengukur kapasitansi kawat belitan antara sisi primer dan sekunder transformator. Kuantitas ini dapat diukur dengan menghubungkan instrumen ke setiap belitan, satu per satu.

Mengukur induktansi timbal balik
Induktansi timbal balik dapat dihitung sebagai (M = (La – Lo) / 4) dengan mengukur induktansi dengan fasa yang sama yang dihubungkan secara seri dan dengan fasa berlawanan yang dihubungkan secara seri.

lcr meter Mengukur induktansi timbal balik

Mengukur rasio putaran
Perkiraan rasio putaran dapat dihitung dengan menghubungkan resistansi R ke sisi sekunder dan mengukur induktansi Z di sisi primer. Perhitungannya adalah (N = √ [R / Z]).

lcr Mengukur rasio putaran

Pengujian kenaikan suhu transformator
Pengujian kenaikan suhu digunakan untuk menentukan apakah suhu transformator naik di belakang nilai spesifikasi ketika beroperasi dalam kondisi pengenal. Dalam pengujian tersebut, suhu komponen seperti minyak atau belitan transformator diukur. Tiga metode pengukuran berikut digunakan:

Metode pemuatan aktual
Jenis uji kenaikan suhu ini dilakukan saat transformator beroperasi di bawah beban pengenal. Tidaklah realistis untuk menggunakan metode ini saat menguji transformator berkapasitas tinggi. Akibatnya, digunakan untuk menguji trafo berkapasitas rendah.

Metode pemuatan kembali
Dalam metode ini, pengukuran dilakukan sambil memasok kapasitas suplai tanpa beban-rugi dan beban-rugi secara individual. Karena kapasitas suplai yang digunakan dalam pengujian rendah, metode ini juga dapat digunakan untuk menguji trafo berkapasitas tinggi seperti yang digunakan untuk memasok daya listrik. Tindakan pencegahan harus diambil karena metode tersebut memerlukan setidaknya dua transformator dengan nilai yang sama, dan hasil pengukuran perlu dikoreksi suhu.

Metode beban setara
Dalam metode ini, kenaikan suhu diukur setelah korsleting salah satu belitan transformator, menerapkan arus ke belitan lain dari catu daya dengan frekuensi pengenal, dan menerapkan rugi yang sama dengan jumlah rugi tanpa beban dan beban. kerugian. Perhatikan bahwa karena kerugian total diberikan sebagai kerugian beban, penting untuk mengetahui angka yang mendasarinya terlebih dahulu. Selain itu, seperti metode pemuatan kembali, metode ini memerlukan koreksi suhu dan prosedur lainnya.

Pengujian kenaikan suhu juga dapat dilakukan dengan menggunakan pengukuran resistansi. Kenaikan suhu dapat dihitung dari nilai resistansi terukur dan suhu lingkungan.

Tes Trafo Lainnya

Ada berbagai macam uji transformator selain metode yang dijelaskan di atas. Selain pengujian ketahanan dan pengujian tahanan isolasi, yang juga digunakan untuk perangkat lain, transformator juga diuji untuk menilai ketahanannya terhadap gempa bumi, cuaca, panas, dingin, dan kelembaban. Teknik seperti pengujian tanpa beban-rugi, yang berfungsi sebagai indikator penghematan energi untuk perangkat seperti transformator dan motor, juga digunakan.

Power Meter Hioki PW3337 dan PW3336 dapat mengukur daya aktif dengan tingkat akurasi tinggi pada faktor daya rendah berkat efek faktor daya 0,1% atau kurang pada faktor daya rendah.

power meter hioki
Pengukuran Kerugian Tanpa Beban untuk Transformer

Ringkasan

Trafo mengubah listrik bertegangan tinggi dari pembangkit listrik ke tegangan yang diperlukan untuk digunakan di apartemen, gedung, peralatan pabrik, dan peralatan listrik. Ada banyak metode untuk menguji trafo. Artikel ini telah memperkenalkan beberapa tes dasar. Jika Anda perlu menguji transformator, lihat metode pengujian yang diperkenalkan di sini.

Sumber: https://www.hioki.com/en/learning/common-devices/transformer-test.html/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D