Hal-Hal Penting pada Pemeliharaan Solar Panel/ PV (PLTS)

pengujian-dan-pengukuran-pembangkit-listrik-tenaga-surya

Sistem pembangkit tenaga surya menggunakan teknologi Photovoltaic (PV) untuk menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi listrik yang dapat kita gunakan. Susunan sistem tenaga Photovoltaic, atau sistem PV, menghasilkan daya arus searah (DC) yang berfluktuasi sesuai intensitas sinar matahari. Untuk penggunaan praktis ini biasanya memerlukan konversi ke tegangan tertentu yang diinginkan atau arus bolak-balik (AC), melalui penggunaan inverter. Beberapa sistem memerlukan baterai untuk menyimpan listrik tenaga surya untuk digunakan pada malam hari atau cuaca mendung, maupun load controller untuk melindungi baterai dari pengisian berlebih.

Kita pada dasarnya dapat melihat bahwa pembangkit listrik tenaga surya adalah sistem yang kompleks dengan banyak bagian kelistrikan yang terlibat sehingga kita perlu mengukur, memantau, menganalisis, dan merekam data yang diukur untuk memelihara sistem serta menyelesaikan masalah setiap hari.

hioki-alat-uji-dan-pengukuran-untuk-pembangkit-listrik-tenaga-surya
Gambar 1: Diagram sistem pembangkit tenaga surya

1. Pengujian Kelistrikan

Multimeter digital (DMM) dan Clamp Meter atau Tang Ampere mudah digunakan dengan pengukuran tegangan dan arus standar untuk memelihara sistem tenaga surya.

Hioki DT4254 didedikasikan untuk pengukuran tegangan dengan tegangan tinggi hingga DC1700V yang berguna untuk sistem PV dimana tegangan DC biasanya di atas 1000VDC.

Hioki-multimeter-untuk-tenaga-surya

Gambar 2: DT4254 mendukung hingga 1700VDC dengan pemeriksaan polaritas DCV Otomatis Identifikasi string mana yang terpengaruh oleh anomali sambil terus menjual daya kembali ke jaringan.

Di kotak persimpangan, gunakan Clamp Meter atau tang ampere AC / DC seri Hioki CM4370 untuk mengukur arus dari setiap string yang menghasilkan daya yang dijual kembali ke jaringan. String dengan anomali akan memiliki arus yang jauh lebih rendah. Bandingkan bacaan untuk string di kotak persimpangan yang sama dan lihat perbedaan apa pun untuk mengidentifikasi string mana yang terpengaruh oleh anomali.

alat-uji-dan-pengukuran-hioki-untuk-pembangkit-listrik-tenaga-surya
Gambar 3: CM4371 untuk mengukur arus string tenaga surya

2. Tahanan Isolasi / Insulation Resistance Panel Surya

Saat mengukur tahanan isolasi dari panel surya yang menghasilkan listrik, ingatlah untuk tidak menerapkan metode standar untuk mengukur tahanan isolasi rangkaian dan perlu diingat bahwa tegangan sel fotovoltaik mempengaruhi tegangan uji dan ada risiko merusak peralatan lain. jika array di-ground.

Penguji Isolasi atau insulation tester Hioki IR4053 dapat secara akurat mengukur resistansi isolasi tanpa terpengaruh oleh pembangkit listrik PV.

alat-uji-dan-pengukuran-hioki-ir4053-insulation-tester-untuk-pembangkit-listrik-tenaga-surya
Gambar 4: IR4053 dengan fungsi khusus PV untuk pengukuran yang akurat dan aman

3. Pengukuran Suhu

Pengukuran suhu perlu dilakukan untuk memberikan informasi lebih cepat mengenai adanya abnormalitas suhu pada permukaan solar panel maupun suhu ambien.

Mini Data Logger Hioki LR8515 dapat digunakan sebagai metode untuk menangkap data aktinometer dan suhu secara nirkabel pada pengukuran waktu yang diinginkan.

Rekam output dari aktinometer atau sensor sinar matahari yang dikalibrasi (modul kompak) dan termokopel menggunakan Wireless Voltage / Temp Logger Hioki LR8515. Gunakan data yang diambil untuk mengoreksi kurva IV dan pekerjaan pemeliharaan dan pencegahan lainnya.

Karena tidak perlu menyambungkan ke alat ukur kurva IV atau perangkat lain, kabel yang mengganggu dihilangkan.

alat-uji-dan-pengukuran-hioki-lr8515-logger-untuk-pembangkit-listrik-tenaga-surya
Gambar 5: Menggunakan LR8515 untuk menangkap aktinometer dan data suhu

4. Pengelolaan Voltase Baterai

Voltase Baterai penyimpan daya perlu distabilkan dengan regulator. hal ini untuk mencegah adanya kelebihan daya yang diterima baterai. kelebihan daya pada input baterai memberikan pengaruh pada menurunnya umur baterai maupun bahaya panas berlebih yang dapat menimbulkan kebakaran.

Seri HIOKI LR8400-20 dengan 30 channel (up-to 60 channel) dapat digunakan untuk mengukur tegangan sel baterai lead-acid yang digunakan untuk catu daya surya untuk memantau fluktuasi tegangan.

alat-uji-dan-pengukuran-hioki-lr8400-data-logger-untuk-pembangkit-listrik-tenaga-surya
Gambar 6: Pencatat data LR8400 dalam sistem pemantauan UPS online

5. Memeriksa Jumlah Listrik In-Out Hybrid dan Kualitas Daya (Power Quality)

Pada Jaringan Hybrid dimana PLTS bisa dijual ke grid PLN, kita dapat menjual ke grid PLN pada saat listrik PLTS surplus. Sedangkan pada saat PLTS defisit (listrik yang dihasilkan kurang dari yang dibutuhkan, kita akan membeli listrik dari PLN. untuk memverifikasi Daya listrik yang dibeli dan dijual diperlukan verifikator daya. Power Quality Analyzer Hioki PQ3100 yang baru dapat memverifikasi jumlah listrik yang dijual dan dibeli secara bersamaan. Data tersebut memungkinkan Anda untuk memastikan bahwa sistem PV bekerja dengan normal.

Hioki PQ3100 dapat mengukur output dari pengkondisi daya dan tegangan tampilan serta perubahan frekuensi. Grafik permintaan dan perubahan yang ditampilkan dalam warna pada layar Hioki PQ3100 memungkinkan Anda untuk memeriksa pengoperasian sistem PV di tempat.

alat-uji-dan-pengukuran-hioki-pq3100-power-quality-analyzer-untuk-pembangkit-listrik-tenaga-surya

Gambar 7: Menggunakan Hioki PQ3100 untuk pengukuran kualitas energi dan daya

Hioki PQ3100 Power Quality Analyzer juga digunakan untuk mengukur semua parameter kualitas daya seperti tegangan / arus RMS, penurunan / pembengkakan tegangan, interupsi, tegangan lebih transien, arus masuk, daya, frekuensi, faktor ketidakseimbangan tegangan / arus, harmonisa secara bersamaan.

6. Pengukuran Efisiensi Inverter PV Multi-String

Untuk PLTS dengan sistem yang cukup rumit dibutuhkan Power Analyzer yang cukup canggih. Power Analyzer Hioki PW6001 dapat secara bersamaan mengukur dan menampilkan beberapa item termasuk tegangan / arus DC / AC, faktor riak tegangan, daya, jumlah energi daya, faktor daya, faktor distorsi tegangan / arus, frekuensi, jumlah energi daya yang dijual dan dibeli, tegangan tingkat ketidakseimbangan, dan efisiensi. Ini juga menampilkan bentuk gelombang tegangan / arus.

alat-uji-dan-pengukuran-hioki-pw6001-power-analyzer-untuk-pembangkit-listrik-tenaga-surya
Gambar 8: Satu PW6001 dapat melakukan pengukuran yang disinkronkan sepenuhnya dari karakteristik input dan output dari pengkondisi daya
Pengukuran efisiensi inverter PV multi-string

Gambar 8: Satu PW6001 dapat melakukan pengukuran yang disinkronkan sepenuhnya dari karakteristik input dan output dari pengkondisi daya

Hioki PW6001 juga dapat digunakan untuk mengukur efisiensi beberapa string (array) dan output 50 / 60Hz ke jaringan.

alat-uji-dan-pengukuran-hioki-pw6001-power-analyzer-meter-untuk-pembangkit-listrik-tenaga-surya
Gambar 9: Menggunakan PW6001 untuk pengukuran efisiensi inverter PV multi-string

Itulah tentang pengujian dan pengukuran dengan menggunakan Hioki untuk pembangkit listrik tenaga surya. Untuk detail tentang Alat-alat yang digunakan bisa klik dibawah ini:

  1. Digital Multimeter Hioki DT4254
  2. Clamp Meter atau tang ampere AC / DC seri Hioki CM4370
  3. Insulation tester Hioki IR4053
  4. Wireless Voltage / Temp Logger Hioki LR8515
  5. Hioki PQ3100 Power Quality Analyzer
  6. Power Analyzer Hioki PW6001

Jika ada permasalahan tentang pengujian dan pengukuran dengan produk Hioki pada pembangkit listrik tenaga surya, jangan sungkan untuk bertanya kepada kami melalui WA 0821-2198-5207 (atau klik disini) Atau melalui email cs@radiud.co.id. Sebagai Distributor Resmi Hioki tentu kalian tidak perlu khawatir tentang keaslian produk. Kami akan senang bisa membantu anda 

🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D