Skenario Deteksi Partial Discharge Pada Switchgear, GIS, Trafo, dan Kabel Power

partial-discharge-switchgear-gis-transformer-kabel-power

Seperti diketahui, Lebih dari 80% kegagalan peralatan listrik tegangan menengah dan tegangan tinggi dikaitkan dengan kegagalan isolasi .Salah satu indikator awal adanya kegagalan isolasi adalah munculnya fenomena Partial Discharge.

Partial Discharge adalah “pelepasan muatan listrik terlokalisasi yang terjadi pada sebagian isolasi antar konduktor; dan yang dapat atau tidak dapat terjadi berdekatan dengan konduktor” (IEC 60270).

Teknologi pengujian dan pemantauan Online Partial Discharge (OLPD) merupakan Condition-Based-Maintenance yang paling mudah diantara metode lain yang ada karena dapat digunakan pada saat perangkat dan jaringan kelistrikan dalam kondisi operasi normal (tanpa down-time). Pada kali ini kami akan membahas secara singkat skema-skema Deteksi Partial Discharge pada Switchgear, GIS, Trafo, dan Kabel Power dan solusinya dengan menggunakan PMDT Partial Discharge Detector:

1. Solusi untuk Partial Discharge Switchgear

Teknologi pengujian dan pemantauan Online Partial Discharge (OLPD) PMDT dapat mengidentifikasi aktivitas PD yang mengkhawatirkan di Switchgear dan memantau setiap kerusakan isolasi lebih lanjut yang disebabkan oleh aktivitas tersebut. Memanfaatkan sensor Ultrasonik, AE, UHF dan HFCT dapat membantu menjaga Switchgear tetap berfungsi.

pengukuran-partial-discharge-switchgear

Aktivitas partial discharge atau PD biasanya merupakan indikasi awal degradasi di dalam Switchgear. Meskipun Switchgear masih dapat digunakan meskipun dengan beberapa cacat isolasi, Switchgear cenderung gagal atau rusak dalam waktu dekat. Mendeteksi sinyal PD secara efektif berguna dan penting dalam manajemen aset dan pemeliharaan Switchgear. Satu keuntungan berbeda dari pengujian PD adalah inspeksi non-destruktif dan non-intrusif, yang berarti bahwa prosedur pendeteksian tidak memerlukan peralatan listrik untuk dimatikan. Deteksi dan pelokalan PD yang akurat berkontribusi untuk menemukan cacat isolasi pada tahap awal dan perawatan yang tepat dapat direncanakan dan diprioritaskan.

2. Solusi untuk Partial Discharge GIS

Teknologi pengujian dan pemantauan Partial Discharge Online (OLPD) PMDT dapat mengidentifikasi aktivitas partial discharge atau PD yang berbahaya di GIS dan memantau setiap kerusakan isolasi lebih lanjut yang disebabkan oleh aktivitas PD. Selama produksi, pengoperasian, atau saat pekerjaan pemeliharaan dilakukan, permukaan konduktor dapat kotor atau berpotensi rusak. Ini memiliki pengaruh negatif pada kondisi isolasi mereka, yang kemudian dapat didiagnosis dengan pengukuran partial discharge.

pengukuran-partial-discharge-gis

Aktivitas partial discharge biasanya merupakan indikasi awal dari degradasi isolasi di GIS. Meskipun GIS masih dapat digunakan bahkan dengan beberapa cacat isolasi, GIS cenderung gagal atau rusak dalam waktu dekat. Mendeteksi sinyal PD secara efektif berguna dan penting dalam pengelolaan aset dan pemeliharaan GIS. Satu keuntungan yang berbeda dari metode PD adalah aspek non-destruktif dan non-intrusif, yang berarti bahwa prosedur pendeteksian tidak memerlukan peralatan listrik untuk offline. Deteksi PD yang akurat berkontribusi untuk menemukan cacat isolasi pada tahap awal, dan kemudian perawatan yang tepat dapat direncanakan dan diprioritaskan.

3. Solusi untuk Partial Discharge Trafo

Teknologi pengujian dan pemantauan Partial Discharge Online (OLPD) PMDT dapat mengidentifikasi aktivitas PD yang berbahaya di Transformers dan memantau setiap kerusakan isolasi lebih lanjut yang disebabkan oleh aktivitas tersebut. Pelepasan sebagian pada Transformer memperburuk insulasinya dan dapat menyebabkan kegagalan di masa mendatang.

pengukuran-partial-discharge-trao

Aktivitas Partial Discharge biasanya merupakan indikasi awal dari degradasi di dalam Transformers. Meskipun Transformer masih dapat digunakan bahkan dengan beberapa cacat isolasi, ia cenderung gagal atau rusak dalam waktu dekat. Mendeteksi sinyal PD secara efektif berguna dan penting dalam manajemen aset dan pemeliharaan Transformers. Satu keuntungan yang berbeda dari pengujian PD adalah bahwa itu adalah inspeksi non-destruktif dan non-intrusif, yang berarti bahwa prosedur pendeteksian tidak memerlukan peralatan listrik untuk dimatikan. Deteksi dan pelokalan PD yang akurat berkontribusi untuk menemukan cacat isolasi pada tahap awal dan perawatan yang tepat dapat direncanakan dan diprioritaskan.

4. Solusi untuk Partial Discharge Kabel Power

Partial discharge dapat terjadi pada lubang, celah, dan cacat serupa pada sistem kabel tegangan menengah dan tinggi. Jika dibiarkan, partial discharge akan mengikis isolasi, biasanya membentuk pola kerusakan berbentuk pohon (pohon listrik) dan akhirnya mengakibatkan kerusakan total dan kegagalan kabel atau aksesori. Data yang diperoleh melalui pengujian dan pemantauan partial discharge dapat memberikan informasi penting mengenai kualitas isolasi dan dampaknya terhadap kesehatan sistem kabel. Dengan mendeteksi dan tren partial discharge, dimungkinkan untuk mengamati perkembangannya dari waktu ke waktu untuk membantu manajer aset dengan keputusan strategis mengenai perbaikan atau penggantian kabel.

pengukuran-partial-discharge-kabel-power

Aktivitas partial discharge biasanya merupakan indikasi awal penurunan kualitas di dalam kabel daya. Meskipun kabel masih dapat digunakan bahkan dengan beberapa cacat isolasi, kabel tersebut cenderung gagal atau rusak dalam waktu dekat. Mendeteksi sinyal PD secara efektif berguna dan penting dalam manajemen aset dan pemeliharaan kabel. Satu keuntungan berbeda dari pengujian PD adalah inspeksi non-destruktif dan non-intrusif, yang berarti bahwa prosedur pendeteksian tidak memerlukan peralatan listrik untuk dimatikan. Deteksi dan pelokalan PD yang akurat berkontribusi untuk menemukan cacat isolasi pada tahap awal dan perawatan yang tepat dapat direncanakan dan diprioritaskan.

PMDT memberikan solusi untuk permasalahan pada partial discharge, dengan menggunakan alat PDetector PMDT, kita bisa mengetahui apakah ada partial discharge atau tidak. Sedangkan dengan menggunakan PDiagnostic Series kita dapat mengetahui lokasi adanya aktivitas partial discharge.

Sebagai Distributor PMDT Indonesia, Anda bisa langsung menanyakan seputar PDetector Series & PDiagnostic Series PMDT, ke kami melalui WA disini 0821-2198-5207, atau melalui email ke cs@radius.co.id

Artikel Terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D