Pengukuran Partial Discharge Pada Switchgear MV

pengukuran-partial-discharge-pada-mv-switcgear

Partial discharge pada switchgear [] Pengukuran Partial Discharge (PD) secara on line (beroperasi) bertujuan untuk mengetahui kondisi isolasi peralatan dengan analisa untuk mengidentifikasi dan mengukur besarannya. Dengan pengukuran PD dapat diketahui gejala penurunan kemampuan dan kerusakan isolasi sebelum mengalami breakdown atau kegagalan isolasi.

Pengukuran PD secara online pada MV Switchgear lebih menggambarkan keadaan sebenarnya dengan adanya stress tegangan, beban kerja peralatan, suhu dan pengaruh induksi elektromagnetis pengukuran PD pada MV Switcgear  menggunakan sensor Transient Earth Voltage (TEV). Sensor Transient Earth Voltage (TEV) menangkap sinyal yang merambat pada dinding logam switchgear pada saat yang bersamaan komponen arus PD mengalir menuju tanah (earthing). Metode pendeteksian Partial Discharge dengan sensor TEV dilakukan dengan menempelkan sensor TEV yang berada pada internal unit Partial Discharge Detector PMDT ke logam cover dari MV Switcgear. Untuk titik-titik pengukuranya seperti pada gambar 5.

titik-blok-warna-biru-pengukuran-partial-discharge-pada-mv-switcgear
Gambar 5. Titik (blok warna biru) pengukuran PD pada MV Switcgear
pengukuran-partial-discharge-pmdt-sensor-tev-pada-mv-switcgear-aset-PLN-UP3-banten-selatan-01
Gambar 6. Pengukuran Partial Discharge (PD) PMDT sensor TEV pada MV Switcgear asset PLN UP3 Banten Selatan
partial-discharge-pada-switchgear
Gambar 7. Pengukuran Partial Discharge (PD) sensor AE UltraDish pada MV Switcgear  asset PLN UP3 Banten Selatan

Dari pengukuran Partial Discharge (PD) dengan sesnsor TEV didapatlah nilai itensitas Partial Discharge (PD) yang satuanya adalah dB atau mV seperti tampilan pada gambar 8. Untuk menyimpan nilai hasil pengukuran dialkukan screeshoot dengan cara menekan araha atas pada main unit lalu menekan OK. Secara otomatis hasil pengukuran akan tersimpan di memori internal main unit dan dapat dilakukan intepretasi lebih lanjut.

tampilan-hasil-pengukuran-partial-discharge-pdtector-pmdt-sensor-tev
Gambar 8. Tampilan hasil pengukuran Partial Discharge PMDT sensor TEV

Proses intepretasi pada pengukuran Partial Discharge (PD) dengan sensor Transient Earth Voltage (TEV) yaitu dengan mengklasifikasikan nilai terukur terhadap table pengukuran Partial Discharge (PD) sensor TEV. Yang tertera pada table 1.

Project Deteksi TEV/AE

No.StandarPenjelasan
1Nilai pengujian < 10dBAman
210<Nilai pengujian<20dBPerlu diawasi
3Nilai pengujian >20dBPerlu penanganan segera
Table 1. Pengklasifikasian nilai pengukuran Partial Discharge (PD) sensor TEV *

*NB: Waktu Uji =

  • Tiap 6 Bulan Hingga 1 Tahun
  • Setelah pengoperasian
  • Setelah ada perawatan berkala
  • Ketika dianggap perlu

Intepretasi hasil pengukuran pada gambar 8 didapat nilai pengukuran yaitu 15dB. Dapat diartikan bahwa pada pengukuran Partial Discharge pada switchgear pada titik tersebut perlu dilakukan pengawasan, karena dideteksi adanya awal dari Partial Discharge (PD).

Demikian penjelasan mengenai pengukuran Partial Discharge (PD) pada Tiang Listrik Tegangan Menengah dan pengukuran Partial Discharge pada Switcgear asset dari PLN UP3 Banten Selatan kerja sama dengan PT Mahiza Karya Mandiri. Alat pengukuran adalah PMDT PDetector dengan sensor AE Ultrasonic Dish dan sensor Internal TEV. Atas perhatian dan kesedianya membaca artikel ini saya ucapkan terima kasih.(ads)

Artikel & Produk Terkait

Informasi lebih lanjut untuk Partial Discharge pada switchgear dan alat Partial Discharge Detector Hubungi kami melalui telpon 021-21287455, email ke cs@radius.co.id, atau Whatsapp ke 0821-2198-5207

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D