Bagaimana Cara Mengukur Tegangan Listrik?

bagaimana cara mengukur tegangan dengan multimeter analog dan digital

Pada sebelumnya kita sudah membahas apa itu tegangan listrik atau voltase. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengukur tegangan listrik atau voltase?

Karena tegangan listrik tidak dapat dilihat, tidak mungkin untuk memeriksa berapa banyak tegangan yang mengalir dalam suatu rangkaian hanya dengan melihatnya. Namun, setiap sirkuit di perangkat elektronik memiliki tegangan yang telah ditentukan sebelumnya yang diperlukan untuk mengoperasikannya, dan tegangan yang lebih tinggi dapat menyebabkan kerusakan peralatan atau cedera tubuh.

Pada saat yang sama, sirkuit tidak akan beroperasi jika diberi daya oleh tegangan listrik yang terlalu rendah, jadi perlu untuk menyelidiki apakah tegangan tersebut benar saat perangkat elektronik mengalami malfungsi. Artikel ini menjelaskan mendetail tentang cara menggunakan multimeter, yang digunakan saat mengukur tegangan, bersama dengan beberapa tindakan pencegahan terkait penggunaannya.

Multimeter Diperlukan Untuk Mengukur Tegangan

Anda memerlukan alat ukur jika ingin mengukur sesuatu. Instrumen digunakan untuk mengukur sesuatu secara akurat; misalnya, Anda memerlukan tongkat pengukur atau pita pengukur jika Anda ingin mengukur panjang, timbangan atau timbangan jika Anda ingin mengukur berat, dan jam jika Anda ingin mengukur waktu. Dengan cara ini, instrumen yang digunakan bergantung pada apa yang diukur.

Hal yang sama berlaku untuk pengukuran tegangan. Ini terutama karena Anda tidak dapat melihat atau menyentuh tegangan. Tidak seperti properti fisik, Anda tidak dapat membuat perkiraan kasar hanya dengan melihatnya. Oleh karena itu, Anda memerlukan multimeter untuk mengukur tegangan listrik. Beberapa tujuan penggunaan instrumen ini meliputi:

  • Memeriksa keamanan
  • Memeriksa kualitas
  • Membuat prediksi berdasarkan nilai yang diukur
  • Menyelesaikan masalah
  • Memeriksa kesesuaian
voltage-measurement-methods-img-01

Multimeter memungkinkan Anda memeriksa kondisi perangkat listrik secara menyeluruh dengan mengukur tegangan atau voltase.

Jenis-Jenis Multimeter

Multimeter tersedia dalam berbagai varian. Bagian ini memberikan pengantar mendetail tentang jenis penguji utama yang tersedia.

Multimeter Analog

cara mengukur tegangan dengan multimeter analog

Multimeter analog memungkinkan Anda membuat penilaian intuitif berdasarkan defleksi jarum pada skala berskala. Mereka mengukur pilihan parameter yang sederhana, dan mereka memiliki keuntungan karena mudah digunakan. Di sisi lain, mereka memiliki kelemahan karena kerugian instrumen yang besar.

Multimeter Digital

cara mengukur tegangan dengan multimeter digital

Multimeter digital menampilkan hasil pengukuran secara numerik, yang memungkinkan pengguna mendapatkan pembacaan yang akurat. Banyak model digital memiliki fungsionalitas lanjutan yang akan sulit diterapkan dengan multimeter analog, misalnya pengukuran lanjutan, pemeriksaan kontinuitas, dan kemampuan pemeriksaan dioda. Beberapa model bahkan dapat mengirim data pengukuran ke komputer. Selain itu, model digital dibedakan dengan kerugian instrumen yang rendah. Multimeter digital dapat diklasifikasikan berdasarkan metode rektifikasi yang mereka gunakan.

Dalam rektifikasi nilai rata-rata (mean value), bentuk gelombang masukan diperlakukan sebagai gelombang sinus dan diubah untuk menampilkan hasil pengukuran. Perhatian diperlukan karena pendekatan ini cenderung meningkatkan kesalahan pengukuran jika bentuk gelombang terdistorsi. Sebaliknya, metode True RMS mengubah dan menampilkan bentuk gelombang termasuk komponen harmoniknya, memungkinkan instrumen untuk menampilkan nilai yang ditandai dengan kesalahan pengukuran yang lebih rendah.

Metode True RMS mengubah bentuk gelombang termasuk komponen harmoniknya untuk ditampilkan menggunakan rumus root-mean-square.

Instrumen juga dapat diklasifikasikan berdasarkan fungsionalitas yang disediakannya, misalnya apakah instrumen menyediakan terminal pengukuran arus. Model kelas atas menawarkan banyak pilihan parameter pengukuran, sedangkan model sederhana menyediakan lebih sedikit. Model kelas atas mampu melakukan pengukuran presisi tinggi dalam berbagai aplikasi. Namun, mereka juga lebih mahal; disarankan untuk membeli instrumen yang sesuai dengan tujuan yang Anda rencanakan untuk menggunakannya.

Halaman 2 Cara Menggunakan Multimeter Untuk Mengukur Tegangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D