Bagaimana Sih Cara Menggunakan Lux Meter Untuk Menguji Standar Pencahayaan Yang Baik?

Cara Menggunakan Lux Meter

LUX Meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur besarnya intensitas cahaya di suatu tempat. Besarnya intensitas cahaya ini perlu untuk diketahui karena pada dasarnya manusia juga memerlukan penerangan yang cukup. Untuk mengetahui besarnya intensitas cahaya ini maka diperlukan sebuah sensor yang cukup peka dan linier terhadap cahaya.

Cara Menggunakan Lux Meter Hioki FT3424
Hioki FT3424

Semakin jauh jarak antara sumber cahaya ke sensor maka akan semakin kecil nilai yang ditunjukkan lux meter. Ini membuktikan bahwa semakin jauh jaraknya maka intensitas cahaya akan semakin berkurang. Alat ini didalam memperlihatkan hasil pengukurannya menggunakan format digital yang terdiri dari rangka, sebuah sensor. Sensor tersebut diletakan pada sumber cahaya yang akan diukur intenstasnya.

Lux meter digunakan untuk mengukur tingkat iluminasi. Hampir semua lux meter terdiri dari rangka, sebuah sensor dengan sel foto, dan layer panel. Sensor diletakkan pada sumber cahaya. Cahaya akan menyinari sel foto sebagai energi yang diteruskan oleh sel foto menjadi arus listrik. Makin banyak cahaya yang diserap oleh sel, arus yang dihasilkan lebih besar.

Kunci untuk mengingat tentang cahaya adalah cahaya selalu membuat beberapa jenis perbedaan warna pada panjang gelombang yang berbeda. Oleh karena itu, pembacaan merupakan kombinasi efek dari semua panjang gelombang.

Standar warna dapat dijadikan referensi sebagai suhu warna dan dinyatakan dalam derajat Kelvin. Standar suhu warna untuk kalibrasi dari hampir semua jenis cahaya adalah 28,56 ᵒKelvin, yang lebih kuning dari pada warna putih.

Berbagai jenis dari cahaya lampu menyala pada suhu warna yang berbeda. Pembacaan lux meter akan berbeda, tergantung variasi sumber cahaya yang berbeda dari intensitas yang sama. Hal ini menjadikan, beberapa cahaya terlihat lebih tajam atau lebih lembut dari pada yang lain.

jumlah lumen yang dibutuhkan

Cara Kerja Lux Meter

Alat pengukur cahaya tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat mendukung proses pengukuran dengan baik. Di dalam alat ini juga dilengkapi dengan sel foto yang nantinya digunakan untuk menangkap cahaya yang dibutuhkan oleh layar panel sensor cahaya. Jenis sensor yang digunakan biasanya adalah photo diode, yang merupakan salah satu bagian dari sensor optik. Yang terpenting adalah meletakkan sensor cahaya pada area pusat yang ingin diketahui tingkat intensitas cahayanya.

Respons alat ini tentunya akan berbeda apabila terkena cahaya alami dan cahaya buatan, sebab memang biasanya cahaya alami memiliki warna serta panjang gelombang yang sangat berbeda dengan cahaya buatan.

Penggunaan lux meter biasanya sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis maupun industri, akan tetapi bukan berarti jika dalam kehidupan sehari-hari tidak penting menggunakan alat ukur tersebut. Setiap orang tentunya ingin mendapatkan kapasitas cahaya yang cukup agar sensor dalam otak bisa menggunakannya sesuai dengan porsi yang sudah dibutuhkan. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mengukur terlebih dahulu tingkat cahaya yang ada dalam suatu tempat atau ruangan, agar nantinya dapat mendapatkan jumlah cahaya yang maksimal.

Bagaimana Cara Mengukur Standar Pencahayaan Yang Baik?

Ada beberapa hal-hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum melakukan pengukuran cahaya sehingga kita bisa melakukan pengukuran yang efektif dan hasil yang lebih akurat. Yuk langsung kita bahas.

Cegah Bayangan Mengenai Langsung Sensor Cahaya Pada Lux Meter

Proses Pengukuran yang dilakukan untuk mendapatkan tingkat keakurasian pengukuran yang jauh lebih baik, disarankan untuk meminimalisir bayangan yang dapat mengenai langsung objek, karena pengukuran lux cahaya yang baik harus memaksimalkan dengan jumlah cahaya yang diterima oleh lux meter. Tempat pengukuran dikhususkan pada tanah, lapangan luas yang terbebas dari bayangan atau unsur yang menggangu proses pembacaan Lux Cahaya, bayangan yang dihasilkan oleh penguji juga wajib diminimalisir dari objek pengukuran, sehingga nilai lux cahaya yang didapat jauh lebih akurat.

Mengatur Ergonomi Tubuh Saat Proses Pengukuran

Untuk mendapatkan nilai hasil pengukuran yang akurat, selain meminimalisir bayangan atau unsur yang menggangu, disarankan untuk pekerja yang menggunakan lux meter juga mengatur posisi atau ergonomi tubuh saat kegiatan pengukuran sedang berlangsung, selain bertujuan untuk menjaga prosedur K3 Pekerjaan, posisi ergonomi tubuh yang baik saat melakukan kegiatan pengukuran Lux Cahaya, akan membuat nyaman pekerja dan meningkatkan efisiensi hasil pekerjaan yang dilakukan.

Proses Pengukuran Lux Cahaya Pada Lokasi Dengan Menggunakan Kabel Koneksi Sensor Bantuan Hioki L9820 Serta Stik Pengukuran

proses pengukuran cahaya deng lux meter hioki ft3424 dan hioki l9820

Dengan menggunakan teknik diatas, maka pengukuran lux cahaya jauh lebih efektif dan efisien, Lux Meter Hioki FT3424 ini dapat dilepas sensor lux cahaya untuk dapat ditempatkan pada stik pengukuran, sensor lux tersebut dapat dikoneksikan dengan bantuan Kabel Koneksi Hioki L9820, proses pengukuran dengan teknik diatas dapat menjangkau objek pengukuran yang sulit untuk dijangkau, serta mencegah banyangan pengguna mengenai lingkungan objek yang sedang diukur sehingga nilai lux yang terbaca dapat jauh lebih efektif. Proses pengukuran seperti gambar diatas, juga sering diterapkan untuk mengukur intensitas lux cahaya yang dihasilkan oleh lampu jalan, lampu LED pada Penerangan ruang kantor, dan standar pencahayaan lingkungan Pabrik maupun Lembaga Kesehatan.

Metode Pengukuran

  1. Lepaskan Sensor Lux Meter pada Alat untuk diletakan pada stik pengukuran, kemudian untuk mengkoneksikannya dengan menggunakan Hioki L9820 Kabel konektor (Koneksi Alat).
  2. Lakukan pengukuran lux cahaya pada objek atau tempat yang akan diukur, pengukuran dilakukan dengan meletakan sensor lux meter atau menempatkannya dibawah atau pada area cahaya yang dihasilkan, sedikit jauhkan posisi tubuh dari lokasi pengukuran untuk meminimalisir bayangan pengguna yang masuk untuk mencegah kesalahan nilai pengukuran yang terbaca.
  3. Untuk membaca nilai Lux yang sudah terekam oleh alat, pengguna dapat menekan langsung Tombol hold untuk menahan data hasil pembacaan, untuk mempermudah pembacaan serta pengambilan data.
  4. Pengukuran dapat dilakukan pada setiap lokasi maupun objek yang berbeda dengan tetap mempertahankan keakurasian nilai pengukuran, dengan mencegah beberapa parameter yang dapat menggangu nilai hasil pengukuran.
  5. Hioki FT3424 ini juga telah dilengkapi fitur serta fungsi penyimpanan data hasil pengukuran, yang dapat menyimpan data hasil pengukuran mencapai lebih dari 99 Data Hasil Pengukuran.

Sampai disini mudah-mudahan kalian menjadi lebih memahami tentang aplikasi penggunaan lux meter ya. Sehingga kalian bisa menggunakan lux meter terutama untuk menguji kelayakan pencahayaan baik di ruang kerja maupun ruang yang lainnya.

Oh ya barang kali kamu membutuhkan Lux Meter yang dipakai di artikel ini yaitu Hioki FT3424, kamu bisa langsung chat whats’app aja ya. Kamu tidak usah khawatir asli apa ga, karena kami juga distributor resmi untuk Brand Hioki. Ok sekian dan terima kasih 🙂

Lihat Produk Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D