fbpx

Mengukur Resistansi Permukaan Pada Material Industri Dengan Hioki SM7110

Mengukur Resistansi Permukaan Pada Material Industri Dengan Hioki SM7110

Listrik statis yang menumpuk pada bahan non-logam dapat menyebabkan situasi berbahaya, sehingga membuat pengujian nilai resistansi permukaan material, terutama di area yang berpotensi terjadi ledakan dan lingkungan yang menyelamatkan jiwa menjadi hal yang penting. Super megohm meter seperti HIOKI SM7110 menawarkan rentang pengukuran resistansi yang lebar dan memiliki fitur dan fungsi yang mudah digunakan untuk membantu aplikasi yang penting ini.

hioki sm7110 super megohm meter

Listrik statis adalah ketidakseimbangan antara muatan negatif dan muatan positif pada benda. Muatan ini akan tetap ada sampai ia dapat bergerak melalui arus listrik atau melepaskannya melalui benda lain. Salah satu contoh alami yang spektakuler adalah petir. Listrik statis telah berkontribusi pada penemuan produk yang digunakan sehari-hari seperti superkapasitor, printer laser dan cat semprot. Selain listrik statis memang berguna, tetapi juga dapat mengganggu, seperti menyebabkan kejutan yang menyakitkan dan kerusakan pada komponen elektronik. Dalam kasus ekstrim, dapat menyebabkan bahaya seperti ledakan di area yang berbahaya.

Zona berbahaya didefinisikan sebagai area yang di mana cairan, gas, uap atau debu yang mudah terbakar ada dalam jumlah yang cukup untuk menghasilkan ledakan atau kebakaran. Percikan api mungkin dapat muncul dari pergerakan yang sederhana seperti pergerakan saklar tenaga. Dalam situasi yang aman, percikan api tidak berbahaya. Bagaimanapun, bisa menjadi perhatian jika ada uap yang mudah terbakar karena dapat memicu ledakan. Contoh dari zona yang berbahaya ini diantaranya adalah pabrik kimia, kilang minyak, dan fasilitas kelautan. Umumnya, pengukuran diperlukan untuk mengurangi resiko ini. Salah satu metode paling sederhana adalah meminimalkan jumlah peralatan listrik yang dipasang di area berbahaya dengan sepenuhnya tidak mengizinkan peralatan di area tersebut. Peralatan yang diperbolehkan di area tersebut harus aman secara instrinsik atau tahan ledakan dengan membatasi energi, baik listrik maupun panas.

Pada IEC 60079-0 (standar atmosfer eksplosif) menetapkan persyaratan umum untuk konstruksi, pengujian, dan pembuatan peralatan listrik dan komponen Ex [1] yang dimaksudkan untuk digunakan di atmoster eksplosif. Salah satu pertimbangan desain adalah pemilihan material untuk casing peralatan yang sangat penting. Misalnya, magnesium dilarang di dalam area ledakan. Bahan umum seperti aluminium harus melaui upaya metalurgi untuk mendapatkan sifat tertentu. Bahan polimer umumnya tidak digunakan. Material atau bahan yang digunakan harus memenuhi sifat anti-statis yang sulit dicapai. Bahan tambahan anti-statis juga digunakan untuk merawat bahan agar memiliki lapisan konduktor, sehingga mengurangi penumpukan listrik statis.

Lingkungan kritis seperti ruang operasi rumah sakit memerlukan kontrol statis yang ketat
Lingkungan kritis seperti ruang operasi rumah sakit memerlukan kontrol statis yang ketat

Menurut standar IEC, peralatan yang mengandung bahan non-logam sebagai penutup (enclosure) harus diuji nilai resistansi permukaannya. Pengujian dilakukan pada bagian non-logam/enclosure atau benda uji sesuai dengan dimensi yang ditentukan. Benda uji harus dikondisikan setidaknya selama 24 jam pada suhu 23°C dan kelembaban relatif 50% dan juga diuji dalam kondisi sekitar yang sama. Tegangan langsung sebesar 500 Volt akan langsung diberikan selama 65 detik diantara 2 elektroda, kemudian resistansi permukaan akan diukur. Nilai umum resistansi permukaan adalah antara 106 sampai dengan 1012 Ω. Nilai resistansi permukaan yang tinggi menunjukkan bahwa bahan tersebut lebih bersifat isolasi.

harga hioki sm9001
SURFACE/VOLUME RESISTANCE
MEASUREMENT ELECTRODE SM9001
(With integrated low resistance [500 kΩ]/high
resistance [1 TΩ] test surfaces)

Pada beberapa fase tertentu saat pengoperasian sistem elektronika untuk mengontrol beberapa sistem yang sedang bekerja, dibutuhkan pemonitoring sistem statis. Seperti, kompresor oksigen selalu disiapkan dalam ruangan kesehatan, akan selalu mengalami kondisi kerusakan bahan isolasi yang disebabkan oleh electrical discharge, kerusakan bahan isolasi pada sistem tenaga medis dapat membuat beberapa gangguan yang dapat mengakibatkan beberapa sistem elektronika yang bekerja dapat menjadi terhambat dan dapat menyebabkan terjadinya kebakaran dalam suatu sistem kompresor oksigen. Untuk mengidentifikasi pengaruh kerusakan bahan isolasi atau biasa disebut electrostatic discharge (ESD) membutuhkan suatu sistem instrumentasi pendukung yang dikhususkan untuk melakukan pengukurannya.

Sebuah alat Disipasi Statistik Discharge untuk permukaan bahan isolasi dapat diaplikasikan dalam melakukan monitoring kerusakan sistem ini. Beberapa metode perawatan berkala yang akan dilakukan dengan menggunakan sistem kontrol yang tepat serta penggunaan alat pelindung diri (APD) saat melakukan kegiatan pengujian. Berdasarkan standar keamanan dalam melakukan pengujian electrostatic discharge (ESD) mengikuti standar parameter pengujian yang telah ditetapkan seperti IEC61340-2-3 (Metode 2-3: menjelaskan metode pengujian pengikisan bahan isolasi material bahan dan penurunan kualitas resistansi yang disebabkan karena meningkatnya akumulasi electrostatic discharge.

Alat instrumentasi seperti elektro meter dan mikroohm meter dapat digunakan untuk mengidentifikasi beberapa kondisi bahan isolasi pada suatu material sistem, salah satu alat yang dapat diaplikasikan adalah Hioki SM7710. Alat Hioki SM7710 ini dapat melakukan pengujian dan pengukuran identifikasi kualitas bahan isolasi secara berkala tanpa terpengaruh oleh kondisi kelembapan dan temperatur ruangan pekerjaan. Hal tersebut sangat berpengaruh pada kondisi kegiatan pengujian, demi mendapatkan nilai data yang stabil saat akan melakukan kegiatan pengujian dan pengukuran resistansi suatu bahan isolasi.

Pada model terbaru Hioki SM7710, terdapat beberapa pengembangan fungsi seperti pengaturan waktu pengukuran dan pengujian “Discharge – Recharge – Measurement – Discharge” secara otomatis serta proses pengukuran dan monitoring hasil pengukuran yang tidak perlu menggunakan bantuan sistem komputer. Beberapa model electrode sensor dan cover pelindung alat telah disediakan untuk menenunjang beberapa kegiatan pengujian yang akan dilakukan. Sebagai contoh, model electrode tipe SM9001 disesuaikan dengan standar keamanan uji IEC61340-2-3, yang membuatnya aman digunakan untuk melakukan pengujian pada bahan material anti statis. Pengukuran dapat dilakukan dengan mudah tanpa, efisien tanpa harus memotong bagian material tertentu yang akan diuji kualitas resistansi bahannya. Hal ini disebabkan, karena bahan elektroda yang digunakan menggunakan bahan isolasi konduktif dengan komposisi sesuai dengan standar yang dipersyaratkan. Disarankan proses pengukuran dan pengujian dilakukan pada beban yang stabil serta dibawah 2,5 kg untuk mencegah terjadinya kerusakan alat.

Hioki SM7710 dibekali dengan fitur noise reduction untuk meminimalisir gangguan saat kegiatan pengukuran, membuat tingkat keakurasian dan ketepatan hasil pengujian resistansi bahan isolasi menjadi jauh lebih stabil, Hal tersebut, membuat alat ini mampu melakukan pengujian dengan hasil mencapai lebih dari  2 x 1019 Ω. Dengan beberapa kelebihan dan fitur fungsi pengukuran, membuat alat instrumentasi Hioki SM7710 ini cocok digunakan untuk melalukan pengujian dan pengukuran besarnya nilai internal resistansi pada bahan material sistem manufaktur, bahan material yang memiliki besar nilai resistansi yang baik, akan menjamin alat terhindar dari kerusakan bahan isolasi yang dapat menyebabkan kerusakan serta turut mendukung standar keamanan lingkungan pekerjaan industri.

hioki sm9001 measure without cutting samples

Semoga artikel ini bisa membantu kamu ya. Jika kamu masih bingung atau mau tahu info lebih lanjut tentang Hioki SM7110 kamu bisa langsung chat kami via Whats’App dipojok kanan bawah ya. Sekian artikel ini. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D