Cara Pengukuran Daya Listrik Secara Real Time Menggunakan AC Clamp Power Meter Hioki CM3286-01

Cara Pengukuran Daya Listrik Secara Real Time

Energi listrik merupakan penggerak bagi semua komponen listrik yang dipakai pada semua kegiatan di instansi maupun industri, harga energi listrik telah banyak mengalami kenaikan, sehingga diperlukan program penghematan energi listrik. Ada dua katagori dalam penggunaan energi listrik yaitu kebutuhan peralatan dan penerangan. Dengan melakukan pengukuran daya listrik, bertujuan untuk dapat mengetahui besarnya daya listrik yang sebenarnya, melakukan kajian terhadap sistem kelistrikan dan penggunaannya secara menyeluruh untuk tujuan memperoleh penghematan listrik.

Pengukuran arus dan tegangan/Daya Listrik, merupakan salah satu prosedur yang dilakukan pada perawatan berkala suatu alat. Pengukuran secara konvensional mengharuskan seseorang memotong kabel yang akan diukur arusnya. Tetapi hal ini tidak dapat dilakukan pada semua sistem, misalnya pada sebuah sistem yang harus berjalan 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Pemotongan kabel harus dilakukan pada saat sistem dimatikan. Sekarang pengukuran dengan metode lama itu sudah mulai digantikan dengan sistem clamp. Sistem clamp menggunakan prinsip hukum Faraday yang mengatakan bahwa perubahan fluks magnet dalam sebuah kumparan akan menimbulkan arus yang akan mengalir pada kumparan itu.

pengukuran daya listrik

Komponen Ketenagalistrikan

Secara umum, Faraday mengatakan bahwa perubahan fluks magnet dalam sebuah kumparan akan menimbulkan arus yang mengalir pada kumparan (Cutnell, 2001). Apabila jumlah lilitan semakin besar, maka semakin besar pula tegangan yang dapat diukur di kedua ujung kumparan itu. Tegangan yang terukur di kumparan itu biasanya dalam orde mili volt. Arus AC yang mengalir pada sebuah kabel akan memberikan perubahan fluks, sehingga besarnya arus tersebut dapat diukur dengan menggunakan sistem clamp meter.

pengukuran daya listrik dengan hioki cm3286

Hioki CM3286-01

Clamp Metar ataupun yang sering disebut dengan Tang Meter pada umumnya memiliki fungsi yang sama dengan AVO Meter. Namun disini dari segi perkembangan teknologi Tang Meter lebih baik. Dengan Tang meter memungkinkan kita mengukur arus yang sedang mengalir pada suatu kabel tampa memutusnya terlebih dahulu. Kita tinggal clam saja pada salah satu kabel yang mau kita ukur.

Daya listrik didefinisikan sebagai laju hantaran energi listrik dalam sirkuit listrik. Satuan SI daya listrik adalah watt yang menyatakan banyaknya tenaga listrik yang mengalir per satuan waktu (joule/detik). Arus listrik yang mengalir dalam rangkaian dengan hambatan listrik menimbulkan kerja. Peranti mengkonversi kerja ini ke dalam berbagai bentuk yang berguna, seperti panas (seperti pada pemanas listrik), cahaya (seperti pada bola lampu), energi kinetik (motor listrik), dan suara (loudspeaker). Listrik dapat diperoleh dari pembangkit listrik atau penyimpan energi seperti baterai Perkalian arus dan tegangan efektif dalam rangkaian AC dinyatakan dalam voltampere (VA) atau kilovoltampere (KVA). Satu KVA sama dengan 1.000 VA. Daya yang berguna atau daya nyata diukur dalam watt dan diperoleh jika voltampere dari rangkaian dikalikan dengan faktor yang disebut dengan faktor daya.

Untuk menghitung Daya listrik dalam Rangkaian AC, dapat menggunakan rumus :

P (Watt) = V x I x faktor daya

Faktor Daya = P (Watt) / V x I

Dengan Menggunakan Hioki Instrumen Clamp Meter ini, proses pengukuran dapat dilakukan secara, tepat, akurat, efisien waktu dan hasil pengukuran dapat langsung ditampilkan secara real time pada layar digital alat ini. Proses Pengukuran yang dilakukan sudah True RMS dengan tingkat keakurasian yang tinggi.

Kesimpulan :

Manfaat pengukuran daya listrik dengan Hioki CM3286-01, dapat diterapkan pada dunia industri kecil untuk memantau atau monitoring naik/turunnya tegangan dan faktor daya dan dengan adanya alat ini industri kecil dapat mengetahui dan mengurangi kerugian daya yang dikeluarkan dan dapat menghemat pemakaian energi. Tujuan lain adalah pengukuran dapat dilakukan dirumah – rumah dan di industri kecil yang berdaya 450 Watt sampai 2200 Watt atau bertegangan 1 fasa secara berkala dengan merancang sistem pengkabelan yang fleksibel agar pengukuran dapat dilakukan dimana saja dan praktis. Dalam memonitoring kebutuhan energi dan faktor daya pada suatu industri kecil dan rumah-rumah agar dapat mengetahui hasil pengukuran yang berkesinambungan.

– Author, Chandra Kharisma S

Lihat Spesifikasi Hioki CM3286-01

Artikel terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D