Bahaya Tersengat Arus Listrik dan Proteksinya

cara-kerja-sengatan-listrik-di-rumah

Jika seseorang menyentuh peralatan listrik yang  mengalami kebocoran insulasi dan badan dan kaki orang tersebut menyentuh tanah (tanpa alas kaki )  maka  arus akan mengalir melalui tubuh terkadang dapat berakibat Fatal, tergantung dari usia dan keadaan medis orang tersebut.

ilustrasi-keamanan-rcd

Pada tegangan AC frequency 50 atau 60 HZ  arus 1mA akan terasa di kulit manusia , terasa agak sakit tetapi masih bisa di tahan pada 5mA , dan tak tertahan sakitnya ketika 10mA, Akan  sulit melepaskan pegangan jika arus yang mengalir 20mA karena otot kita berkontraksi pada tegangan tersebut, berbahaya sekali pada 50mA dan mematikan pada 100mA keatas. Profesor Dalziel  melakukan percobaan kepada hewan dan menyimpulkan  mereka bisa bertahan pada 165mA selama 1 detik.  

Untuk melindungi keluarga dan pekerja di rumah kita sudah ada mekanisme pemutus Arus jika terdapat kebocoran arus yang biasa kita sebut RCD Residual Current  Device atau ELCB Earth Leakage  Contact Breaker dipasang bersebelahan dengan MCB. RCD/ELCB  bekerja jika terajadi  arus selisih arus datang dan arus kembali  lebih dari 50 mV selama 200 ms

cara-kerja-sengatan-listrik-di-rumah
Gambar 1.0 Jika peralatan terdapat kebocoran ke body peralatan ( point 4), maka arus akan mengalir melewati tubuh manusia  yg bersinggungan (point 5) dan melalui ground kembali ke sumber arus  point 6,7,8.

Jika ada manusia yang tersetrum maka sebagian arus tidak kembali ke sumber listrik  melewati kabel Netral , tetapi teralir ke tanah tempat orang tersebut berpijak, saat itulah RCD /ELCB memutus arus listrik sehingga tidak sampai berakibat fatal.

ELCB akan trip jika ada ada yang tersengat listrik

Akan tetapi jika instalasi listrik tidak baik makan RCD/ELCB akan sering “trip” karena kebocoran , bisa dari kualitas  kabel atau umur kabel yang mengakibatkan penurunan resitansi dari insulasi kabel tersebut, untuk itu perlu di akukan pengukuran dengan Insulation Tester seperti Insulatin tester Hioki maupun Kyoritsu untuk mengetahui nilai hambatan insulasi pada instalasi .

Dan Kyoritsu juga mempunyai peralatan untuk mengetest kesensitifan RCD / ELCB diantaranya Kyoritsu Model 5406A

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D