Identifikasi Skala Kebisingan Pada Generator Listrik Rumahan dengan Sound Level Meter Hioki FT3432

Identifikasi skala kebisingan deng hioki ft3432

Salah satu masalah kebisingan yang cukup mengganggu di perumahan dan perkantoran adalah kebisingan yang ditimbulkan oleh generator listrik skala kecil (genset) yang digunakan pada saat listrik yang berasal dari PLN padam. Suara yang dihasilkan oleh generator ini tidak hanya menganggu penghuni yang tinggal di dalam rumah/kantor tersebut akan tetapi juga menganggu orang-orang yang tinggal di sekitarnya. Untuk perencanaan peredamannya, perlu dilakukan identifikasi karakteristik sumber bunyi dari genset ini.

Identifikasi_Skala_Kebisingan_Pada_Generator_Listrik_Rumahan_dengan_Hioki_Sound_Level_Meter_ hioki FT3432
sumber: hear4tomorrow.nal.gov.au/

Gambar diatas merupakan tingkat skala Kebisingan yang diatur berdasarkan Intensitas kebisingan (bunyi) adalah arus energi per satuan luas yang dinyatakan dalam satuan desibel (dB), dengan membandingkannya dengan kekuatan dasar 0,0002 dyne/cm yaitu kekuatan dari bunyi dengan frekuensi 1000 Hz yang tepat dapat di dengar oleh manusia normal. Desibel adalah satu per sepuluh bel, sebuah satuan yang dinamakan untuk menghormati Alexander Graham Bell. Satuan bel terlalu besar untuk digunakan dalamkebanyakan keperluan, maka digunakan satuan desibel yang disingkat dB.

Bising merupakan suara atau bunyi yang mengganggu. Bising dapat menyebabkan berbagai gangguan seperti gangguan fisiologis, gangguan psikologis, gangguan komunikasi dan ketulian. Ada yang menggolongkan gangguannya berupa gangguan Auditory, misalnya gangguan terhadap pendengaran dan gangguan non Auditory seperti gangguan komunikasi, ancaman bahaya keselamatan, menurunya performan kerja, stres dan kelelahan.

Pengaruh utama dari bising pada kesehatan adalah kerusakan pada indera pendengaran, yang menyebabkan tuli progresif dan efek ini telah diketahui dan diterima secara umum dari zaman dulu. Mula-mula efek bising pada pendengaran adalah sementara dan pemulihan terjadi secara cepat sesudah pekerjaan di area bising dihentikan. Akan tetapi apabila bekerja terus-menerus di area bising maka akan terjadi tuli menetap dan tidak dapat normal kembali, biasanya tingkat keparahan dimulai pada frekuensi 4000 Hz dan kemudian makin meluas ke frekuensi sekitarnya dan akhirnya mengenai frekuensi yang biasanya digunakan untuk percakapan. Salah satu contoh kasus dari kebisingan efek dari generator (genset) ini terjadi pada beberapa karyawan PT. KAI Indonesia yang menimbulkan kecacatan pada indera pendengaran, dan kasus paling parah dapat menyebabkan kematian yang disebabkan rusaknya sel saraf pada otak diakibatkan oleh besarnya tekanan gelombang suara yang masuk melalui indera pendengaran (telinga).

sound level meter hioki ft3432

Sound Level Meter Hioki FT3432 mampu mendeteksi tingkat kebisingan dari skala 0 DB – 140 DB, mampu mendeteksi serta mengidentifikasi keparahan tingkat kebisingan dari suatu sistem yang ada. Dengan tampilan digital serta ukuran yang mudah dibawa serta dioperasikan dimana saja dan kapan saja, membuat Sound Level Meter ini mampu membantu proses Identifikasi Skala Kebisingan Pada Generator Listrik Rumahan. Pengukuran suara dilakukan pada beberapa sisi generator untuk mendapatkan peta kebisingan dari generator listrik ini. Untuk memudahkan pengaturan posisi pengukuran, jaring kawat digunakan di melingkupi generator yang akan diukur.

Identifikasi_Skala_Kebisingan_Pada_Generator_Listrik_Rumahan_dengan_Hioki_Sound_Level_Meter_FT3432 2

Dari hasil pengukuran dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa;

  • Genset menghasilkan suara dengan rentang frekuensi yang rendah. Puncak- puncak frekuensi hanya berada di rentang frekuensi sampai 1200 Hz.
  • Knalpot penyumbang kebisingan dengan tekanan suara cukup besar dengan frekuensi 27 Hz dan harmoniknya pada 54 Hz.
  • Generator listrik membangkitkan suara pada frekuensi 106 Hz. Sedangkan frekuensi lebih tinggi pada frekuensi 577 dan 1245 Hz dihasilkan di sekitar motor bakar bensin.

Dari data hasil pengukuran tersebut, didapat bahwa rata – rata hasil pengukuran tingkat kebisingan pada Generator (Genset), menunjukan angka kebisingan berada pada rentang (Extremly Loud) 100 – 120 Hz, sehingga cukup berbahaya bila berada berdekatan dengan lingkungan umum, dengan padatnya aktivitas publik. Penulis menyarankan untuk dapat mengganti penggunaan generator (genset) dengan energi alternative, salah satunya panel surya (solar cell).

Cek Fitur-Fitur Sound Level Meter Hioki FT3432 Disini

By Chandra Kharisma Sungkowo (Identifikasi Skala Kebisingan Pada Generator Listrik Rumahan dengan Sound Level Meter Hioki FT3432)

Referensi: Proceeding Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin XII (SNTTM XII) Bandar Lampung, 23-24 Oktober 2013

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D