Kenapa Kita Harus Memperhatikan Power Factor dan Apa Yang Menjadi Begitu Penting?

Kenapa Kita Harus Memperhatikan Power Factor dan Apa Yang Menjadi Begitu Penting

Apa yang menyebabkan power factor/ faktor daya menjadi rendah dan bagaimana cara memperbaikinya? Efek dari rendahnya faktor daya pada sistem operasi akan sangat buruk.

Secara singkat, beberapa penyebab dari penurunan nilai faktor daya adalah; beban berlebih pada kabel, beban berlebih pada trafo dan semacamnya, peningkatan kerugian penghantar tembagan dan penurunan nilai tegangan mengakibatkan operasi motor menjadi lambat. Selain itu efek dari penurunan nilai factor daya yaitu berkurangnya intensitas cahaya dari lampu penerangan, terutama apabila menggunakan lampu pijar; dan peningkatan biaya listrik

Secara umum, faktor daya yang rendah dapat disebabkan oleh motor induksi yang dibebani sebagian. Sering digunakan secara berlebihan, maksudnya Ketika suatu motor dipilih untuk menggerakkan beban besar dengan daya penuh, tetapi terbiasa digunakan dengan daya sebagian atau beban yang tidak terlalu besar.

Adapun faktor lain yang dapat mengakibatkan penurunan faktor daya, seperti penggunaan lampu neon, penggunaan penyearah (rectifier) untuk motor sinkron sebagai penopang suplai DC, dan peningkatan penggunaan beban induktif, peralatan elektronik, AC, dll.

Kebanyakan penggantian peralatan tersebut diinisiasi karena tingkat efisiensi dan kenyamanan pekerjaan, penurunan biaya manufaktur, dan mengikuti kemajuan teknologi. Padahal faktanya beberapa peralatan tersebut berkontribusi terhadap penurunan faktor daya dan hal itu dinomor duakan.

Perbaikan faktor daya dapat mengurangi biaya konsumsi daya, menaikkan level tegangan dan mengurangi rugi-rugi sistem.

Pada intinya, terdapat dua alasan penting kenapa kita harus menaikkan faktor daya :

  1. Untuk mengurangi tagihan listrik Ketika ada penambahan/insntif faktor daya dalam penagihan listrik
  2. Untuk meningkatkan dan menyalurkan listrik dari sistem distribusi listrik secara menyeluruh.

Meskipun alasan pertama (untuk mengurangi tagihan listrik) masih menjadi prioritas utama, alasan yang kedua jauh lebih penting karena para engineer menyadari tingkat ekonomisnya. Hal ini menjadi benar Ketika kapasitor digunakan untuk peningkatan faktor daya karena kapasitas listrik yang disalurkan bernilai beberapa kali lipat dari biaya kapasitor.

Dua metode umum yang digunakan dalam peningkatan faktor daya adalah dengan kapasitor shunt atau motor sinkron. Masing masing metode memiliki aplikasi tersendiri. Penggunaan kapasitor shunt merupakan metode yang paling ekonomis dan praktis untuk existing plant, sedangkan metode motor sinkron digunakan Ketika terdapat motor baru dengan daya besar ditambahkan pada suatu plant.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D