Mengukur Masalah Kualitas Daya

masalah kualitas daya listrik

Saat ini semua orang berbicara tentang kualitas daya. Untuk berbagai alasan, menurut saya. Energi listrik sekarang tercemar lebih dari sebelumnya, dan konsumen lebih sensitif terhadap gangguan dan fluktuasi listrik daripada sekuntum bunga kecil terhadap angin yang lebih kuat. Tapi, begitulah adanya. Terserah kita untuk melakukan sesuatu tentang semua ini. Ada banyak tingkatan penerapan kualitas daya di pabrik komersial.

perangkat-kualitas-daya-pada-pabrik
kredit foto: nicegrid.fr

Banyak pembangkit listrik yang menerapkan beberapa solusi kualitas daya, tetapi berapa banyak dari mereka yang telah melakukan analisis mendalam terhadap sistem kelistrikan mereka dan kebutuhan daya sebenarnya? Intinya adalah analisis kualitas daya adalah pekerjaan yang cerdas, dan biayanya sangat mahal.

Namun, yang paling penting adalah ukuran masalah kualitas daya harus ditentukan dengan memperkirakan biaya gangguan yang disebabkan oleh peralatan sistem distribusi (utilitas dan peralatan konsumen) dan sejauh mana kepekaannya terhadap kualitas daya. Beberapa peralatan pabrik mungkin kurang peka terhadap gangguan, memungkinkannya melewati gangguan.

Dalam hal ini tidak perlu menerapkan solusi.

Untuk peralatan lain yang sensitif diperlukan solusi, misalnya dengan memasang perangkat kualitas daya yang menekan atau menangkal gangguan. Analisis biaya / manfaat dari solusi yang berbeda diterapkan untuk memungkinkan perencana sistem distribusi membuat keputusan tentang solusi yang paling hemat biaya.

Perangkat kualitas daya digunakan untuk melindungi peralatan listrik atau untuk menghilangkan sumber gangguan atau untuk mengurangi efek gangguan.

Perangkat yang biasa digunakan untuk aplikasi ini antara lain: uninterruptible power supply (UPS), surge protection device, dynamic voltage restorers, shielding, series capacitors, capacitor voltage transformers, wiring and grounding, static var compensator, energy storage system (ESS), backup generators, isolation transformers and filters.

Contoh Perangkat Kualitas Daya

Peralatan listrik dengan kontrol berbasis mikroprosesor dan perangkat elektronik daya yang sensitif terhadap gangguan dipengaruhi oleh kualitas daya yang buruk. Sistem kontrol dapat dipengaruhi oleh penurunan tegangan sesaat atau tegangan transien kecil, yang mengakibatkan gangguan pada proses.

Selain itu, banyak dari beban sensitif ini yang saling berhubungan dalam jaringan ekstensif dan proses otomatis. Sifat yang saling berhubungan ini membuat seluruh sistem bergantung pada perangkat yang paling sensitif saat terjadi gangguan.

Pada artikel radius akan membahas tentang Lima perangkat kualitas daya yang harus dipasang oleh setiap pabrik. Cukup sekian untuk artikel kali ini, jangan lupa untuk share jika artikel ini bermanfaat. Terima kasih 🙂

sumber terjemah bebas dari:
https://electrical-engineering-portal.com/power-quality-devices-commercial-plant

Sumber artikel asli:

  1. Electric distribution systems by ABDELHAY A. SALLAM and OM P. MALIK
  2. Protection against lightning effects by Legrand

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D