Penjelasan Persiapan Sampel Uji & Pengaturan Pengukuran Partial Discharge (PD)

Persiapan sampel uji & pengaturan pengukuran partial discharge

Lima sambungan kabel XLPE 11 kV dengan cacat buatan yang berbeda disiapkan. Panjang total masing-masing sampel kabel adalah 3 meter dengan sambungan kabel terletak di tengah. Rincian sifat cacat dari semua sampel sambungan kabel ditunjukkan pada Tabel 1.

Tabel 1
Sampel cacat sambungan kabel XLPE.
Sampel Cacat sambungan kabel XLPE.
C1Isolasi sayatan cacat
C2Pergeseran arah aksial
C3Ujung lapisan semikonduktor
C4Partikel logam C4 pada XLPE
C5Celah udara lapisan semikonduktor
Tabel 1 Sampel cacat sambungan kabel XLPE.

Cacat sayatan insulasi dibuat dengan membuat sayatan dangkal pada permukaan XLPE menggunakan pisau. Cacat pergeseran arah aksial disiapkan dengan memasukkan kabel pada sudut yang digeser. Cacat ujung lapisan semikonduktor dibuat dengan membuat banyak tepi tajam di ujung semikonduktor. Partikel logam pada cacat XLPE disiapkan dengan menyebarkan bit logam pada lapisan XLPE sedangkan cacat celah udara lapisan semikonduktor disiapkan dengan membungkus pita isolasi di bagian atas lapisan semikonduktor dan lapisan isolasi XLPE. Semua cacat kabel dibuat pada kabel sebelum pemasangan sambungan kabel.

Lanjut ke….

Pengaturan Pengukuran Partial Discharge PD

Gambar 1 menunjukkan diagram blok dari sistem pengukuran PD yang digunakan dalam pekerjaan ini. Pengaturan pengukuran terdiri dari transformator step-up yang berfungsi sebagai sumber tegangan tinggi, perangkat kopling, objek uji, kapasitor kopling dan pengukur, pengontrol USB, dan detektor PD yang terhubung ke komputer pribadi. Komputer pribadi (PC) digunakan untuk menyimpan data PD yang diukur. Detektor PD komersial MPD600 dari Omicron digunakan dalam pekerjaan ini.

diagram blok pengukuran partial discharge
Gambar 1. diagram blok pengukuran partial discharge

Semua pengukuran dilakukan pada 9 kV, yang sedikit kurang dari tegangan pengenal kabel 11 kV. Ini karena beroperasi pada tegangan yang diterapkan lebih tinggi akan secara signifikan meningkatkan kemungkinan kerusakan isolasi pada cacat sambungan kabel, yang akan menyebabkan kerusakan permanen pada sampel uji. Setiap sambungan kabel diberi energi hingga 9 kV dan dibiarkan diam selama 1 jam agar PD mencapai kondisi tunak sebelum pengukuran PD dilakukan. Setiap pengukuran PD dilakukan selama 1 menit dengan jeda waktu 15 detik antara setiap pengukuran. Sebanyak 100 pengukuran dilakukan pada setiap sampel sambungan kabel. Hasilnya ditunjukkan dalam pola fase diselesaikan sebagian debit (PRPD), plot 3D dengan fase, besaran muatan dan jumlah pulsa sebagai sumbu utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D