Pentingnya Alat Ukur True RMS Yang Anda Pakai

Pentingnya-Alat-Ukur-True-RMS-Yang-Anda-Pakai

Pada Umumnya  arus bolak dan tegangan dituliskan  dalam nilai yang efektif, yang juga disebut sebagai RMS nilai (Root-Mean Square). Nilai yang efektif adalah akar kuadrat dari rata-rata nilai arus atau tegangan kuadrat.

Banyak Tang Ampere  dengan tipe AC memiliki skala yang dikalibrasi dalam nilai-nilai RMS untuk pengukuran AC. Tapi, mereka sebenarnya mengukur nilai rata-rata dari tegangan/Arus input Dengan asumsi tegangan/arus berbentuk gelombang sinus.

Dengan mengunakan Faktor konversi untuk gelombang sinus, yang diperoleh dengan membagi nilai efektif dengan nilai rata-rata, adalah 1,1.

Nilai RMS adalah  nilai rata rata dikalikan 1,1 akan tetapi nilai yang di sajikan instrumen ini  akan salah jika tegangan atau arus yang diukur ternyata memiliki  bentuk lain (bukan gelombang sinus), misalnya signal segitiga , kotak atau Pulsa.

tabel-pengukuran-true-rms
CF : Crest Factor = Peak value/RMS value, DC = 1, Sine wave = 1.414

Itu mengapa dalam pengukuran listrik AC harus memilih alat ukur yang sudah menyajikan nilai True RMS, yang terdapat pada Product product Hioki yang telah berlogo True RMS seperti

Digital Multimeter: Hioki DT4223, Hioki DT4222, Hioki DT4224, dll
Clamp Meter: Hioki CM3286-01, Hioki 3283, Hioki CM3289, Hioki CM3285, dll
Earth Tester: Hioki FT6380 & Hioki FT6381
Power Quality Analyzer: Hioki PQ3198 & Hioki PQ3100

Jika kalian membutuhkan alat-alat ukur yang sudah TRUE RMS jangan segan untuk bertanya pada kami melalui WA dipojok kanan bawah (http://wa.me/6282121985207) atau melalui email cs@radiud.co.id. Kami akan senang bisa membantu anda 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D