Apa Itu Metode PI Dan DAR Pada Pengujian Insulation Resistance?

Metode PI & DAR

Metode PI dan DAR melibatkan pengukuran nilai tahanan isolasi berturut – turut pada waktu tertentu. Selain itu metode ini memiliki kelebihan karena tidak terpengaruh oleh suhu, sehingga dapat diterapkan tanpa mengoreksi hasil, selama alat yang diuji tidak terpengaruh pada perubahan suhu yang signifikan.

Metode PI dan DAR sangat cocok untuk pemeliharaan pencegahan (preventive maintenance) pada mesin yang berputar dan memonitor isolasi.

Apabila material isolasi dalam keadaan baik, kebocoran arus akan kecil dan pengukuran awal sangat dipengaruhi oleh pengisian kapasitansi dan penyerapan arus dielektrik. Nilai pengukuran tahanan isolasi akan meningkat selama tegangan uji diterapkan, karena arus gangguan berkurang. Waktu stabilisasi yang diperlukan untuk pengukuran pada isolasi dengan kondisi baik bergantung pada jenis bahan isolasi.

Namun, apabila material isolasi dalam kondisi tidak baik (rusak, kotor, dan basah), nilai kebocoran arus adalah konstan dan sangat besar, seringkali melebihi nilai pengisian kapasitansi dan penyerapan arus dielectric. Dalam beberapa kasus, nilai pengukuran tahanan isolasi akan sangat cepat berada dalam nilai konstan dan stabil pada tegangan tinggi.

Dengan melihat variasi nilai tahanan isolasi berdasarkan waktu tegangan uji, sangatlah mungkin bagi kita untuk menilai kualitas sebuah isolasi. Metode ini memungkinkan kita melakukan penarikan kesimpulan meskipun tidak ada pencatatan pengukuran isolasi, tetapi tetap disarankan untuk mencatat nilai pengukuran secara berkala dalam konteks pemeliharaan pencegahan.

Polarization Index (PI)

Untuk metode ini, 2 nilai pembacaan akan diambil dalam pengukuran 1 menit dan 10 menit. Nilai rasio dari pengukuran tahanan isolasi selama 10 menit dibandingkan dengan nilai pengukuran selama 1 menit disebut sebagai Polarization Index (PI) dan dapat digunakan untuk menilai kualitas dari bahan isolasi.

Metode pengukuran dengan menggunakan Polarization Index sangat ideal untuk menguji sirkuit isolasi padat. Karena hal ini, metode ini tidak direkomendasikan untuk peralatan seperti transformator dengan isolasi minyak, karena akan memberikan hasil yang rendah meskipun isolasi dalam kondisi baik.

Standar IEEE-43-2000 memberikan rekomendasi dalam “Recommended Practice for Testing Insulation Resistance of Rotating Machinery” mendefinisikan nilai minimum Polarization Index (PI) untuk Mesin Berputar (Rotating Machinery) dengan tengan AC dan DC dalam kelas temperature B, F, dan H adalah 2.0. Secara umum nilai PI lebih dari 4 adalah Sempurna atau sangat baik, sedangkan nilai dibawah 2 dapat diindikasikan sebagai potensi yang dapat menyebabkan permasalahan.

Tabel PI Value dan Insulation Condition

Dielectric Absorption Ratio (DAR)

Untuk instalasi atau peralatan yang mengandung material isolasi dengan sifat penyerapan arus (absorption current) yang berkurang dengan cepat, pengukuran tahanan isolasi dilakukan setelah 30 detik dan 60 detik cukup untuk memenuhi kualifikasi kualitas bahan isolasi.

Nilai DAR didefinisikan sebagai berikut :

Nilai DAR

Dan hasil pengukuran diinterpretasikan seperti ini :

hasil pengukran dar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D