Cara Predictive Maintenance RPM Motor untuk Mencegah Kerusakan dengan Tachometer

Cara Predictive Maintenance RPM Motor untuk Mencegah Kerusakan

Pompa air banyak dipergunakan di pabrik pengolahan kelapa sawit, pada instalasi pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), demikian pula di industri pengolahan air, minyak goreng serta industri lainnya. Pada pompa air sering terjadi kerusakan pada impeler, seal, poros dan bantalan dan akhirnya dapat menghambat kinerja sistem.

Motor listrik termasuk kategori mesin listrik dinamis dan merupakan sebuah perangkat elektromagnetik yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Motor induksi merupakan motor listrik yang paling banyak dipakai di industri untuk memutar impeler pompa, fan atau blower, menggerakkan kompresor, mengangkat bahan, maupun keperluan rumah tangga.

tachometer hioki

Dirancang dari ukuran yang paling kecil sampai dengan besar. Kerusakan motor listrik pada umumnya disebabkan oleh 5 (lima) faktor antara lain panas, kotor, lembab, kualitas supplai tegangan listrik dan vibrasi. Jika ditelusuri lebih sederhana, sebab kerusakannya adalah kerusakan dari luar motor listrik yaitu kualitas masukan tenaga listrik, misalignment, unbalance, kondisi lingkungan kerja yang panas, lembab/tidak ada ventilasi dan kondisi beban. Sedangkan kerusakan dari dalam motor sendiri antara lain aging/penuaan dan degradasi.

Selanjutnya agar kerusakan tidak menimbulkan dampak yang lebih besar bagi perusahaan, sebaiknya dilaksanakan pemeliharaan predictive yang berbasis kondisi mesin. Adapun teknik yang digunakan adalah vibration monitoring yang dilakukan pada mesin yang berputar dan dianalisis dengan metode sinyal getaran. Tingkat kerusakan dan jenis kerusakan pada pompa air, motor listrik dan khususnya pada bantalan dapat diprediksi, sehingga waktu penggantian, penyetelan dan perbaikan alat yang rusak menjadi lebih singkat, sehingga downtime mesin menurun dan proses produksi menjadi lebih optimal.

Pengertian Tachometer

Alat Tachometer adalah sebuah alat yang digunakan untuk pengujian yang dirancang untuk mengukur kecepatan rotasi dari sebuah objek, seperti alat pengukur dalam sebuah Motor listrik yang mengukur putaran per menit (RPM) dari poros engkol motor. Alat tachometer laser adalah alat yang dapat melakukan pengukuran dari jarak jauh yaitu bekerja dengan sensor cahaya yang sangat sensitip terhadap elemen berputar. Maka dari itu alat harus dirawat dan diperbaiki secara teratur. Apabila ada kerusakan. Kegiatan perawatan yang dilakukan adalah perawatan pencegahan dan pemeliharan kerusakan. Sehingga alat tachometer dapat digunakan secara maksimal sesuai dengan instruksinya pemakaian alat tersebut. Dengan adanya perawatan dan pemakaian yang tepat diharapkan bahwa alat tachometer laser agar dapat berfungsi dengan baik dalam waktu yang lama.

Hioki Tacho Hitester FT3405

Pada jenis ini memungkinan untuk pengukuran dari jarak jauh di mana alat Tachometer Laser ini bekerja dengan sensor cahaya yang sangat sensitip dengan elemen berputar. Unsur berputar akan memiliki satu tempat reflektif dan rpm meter ini mengukur tingkat dimana berkas cahaya dipantulkan kembali Maka dari itu dari beberapa jenis alat ukur Tachometer yang ada, author akan membahas mengenai Alat ukur Tachometer Laser/ Photo Tachometer Hioki Tacho Hitester FT3405.

tachometer hioki ft3405

Prinsip Kerja Alat Tachometer

Alat Tachometer menunjukan RPM mesin dengan mengukur ratsi poros mesin perangkat menyerupai generator listrik yang bervariasi sesuai dengan kecepatan putaran mesin. Arus listrik yang dihasilkan ini kemudian di konversikan dalam RPM.

Cara Menggunakan Hioki Tacho Hitester FT3405

Langkah awal : adakan pemeriksaan dan utamakan keselamatan kerja yaitu ketika mengukur silahkan menjaga jarak aman dari kecepatan tinggi dari putaran benda untuk menghindari kerusakan mesin atas cidera pribadi

A. Pengukuran Kecepatan Putaran

  1. Pasang Lenghtening bar dan pit sentuh pada alat tachometer.
  2. Mulai peralatan yang akan diukur dan tunggu hingga kecepatan rotasi stabil.
  3. Memulai alat tachometer, masukkan modus pengukuran kecepatan default, bawa meteran secara bertahap lebioh dekat ke objek berputar, sehingga sentuhan pit lancar dapat menghubungkan objek yang akan diukur. Tekan tombol pengukuran dan membaca nilai display LCD. Karena Lenghtening bar pendulum defleksi yang akan meningkatkan akurasi diatas 10000 RPM, lepas pemanjangan bar jika objek yang akan diukur berputar pada kecepatan yang lebih besar dari 10000 RPM.

B. Pengukuran Kecepatan

  1. Memulai alat tachometer dan masuk ke mode pengukuran kecepatan default. Pilih m/ min, m/ detik, t/ min, ft/ detik atau di/ min modus melaui tombol MODE operasi dan LCD akan menampilkan ukuran idler wheel yang dipilih.
  2. Pasang idler wheel yang dipilih.
  3. Mulai peralatan yang akan diukur dan tunggu kecepatan rotasi stabil. Bawa idler wheel secara bertahap lebih dekat dengan belt. Kemudian baca nilai display LCD.

C. Pengoprasian Penyimpanan

Bila Anda ingin menyimpan Data nilai kecepatan putaran, tekan tombol MEM non HOLD MEM dan penyimpanan default nomor 00 akan ditampilkan disudut kanan atas LCD. Tekan plus atau tombol dikurangi untuk memilih nomor penyimpanan .Pada saat ini, jika anda menekan tombol lampu latar , nilai kecepatan putaran akan berkedip . Nilai kecepatan rotasi saat ini dapat disimpan dalam jumlah penyimpanan yang dipilih. Untuk keluar area penyimpanan dengan menekan tombol memo dibawah area penyimpanan.

D. Pengoperasian Baca Data.

Bila anda ingin membaca nilai yang disimpan , tekan tombol memo tanpa ditekan , Jumlah penyimpanan default 00 akan ditampilkan di sudut kanan atas LCD. Tekan plus atau tombol dikurangi untuk memilih nomor penyimpanan dan baca nilai dalam jumlah penyimpanan saat ini. Untuk keluar dari area penyimpanan dengan mengoprasikan tombol MEM area penyimpanan.

E. Instalasi Baterai sebagai Sumber Daya

Ketika symbol menampilkan pada LCD itu berarti baterai rendah,, Silahkan ubah/ganti baterai saat itu ,Silahkan ganti baterai dengan ukuran yang sama yaitu 1,5 V , AAA. Lalu tutup kembali pasang sekrup yang baru saja dikeluarkan sebelum menggunakan kembali alat meter tersebut.

Kesimpulan

Predictive Maintenance sudah mulai diimplementasikan di industri, dan ada beberapa metode yang dapat dilakukan, satu diantaranya adalah vibration monitoring untuk menilai kondisi permesinan. Monitoring getaran dilakukan pada mesin dan dianalisis dengan metode sinyal getaran. Motor listrik sebagai penggerak banyak dipakai di industri untuk memutar impeller pompa dan peralatan lainnya. Kerusakan unit pompa banyak penyebabnya antara lain ditandai dengan getaran berlebihan yang ditimbulkan oleh unbalance, misalignment, bent shaft dan bantalan. Dampaknya sistem operasi dapat terganggu.

Tata cara penggunaan tachometer berpengaruh besar dalam program pemeliharaan dan perawatan berkala alat. Dengan penggunaan alat yang baik maka dapat membantu perawatan dan pemeliharaanya. Pemahaman, fungsi dan cara kerja tachometer harus mutlak dikuasai oleh praktikan sebelum melakukan praktikum di laboratorium. Jika salah dalam penggunaan alat akan menyebabkan kerusakan pada tachometer dan dapat menimbulkan hasil yang tidak akurat.

Author – Chandra Kharisma S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D