Aplikasi Sensor Thermocouple Pengidentifikasi Suhu pada Oven Pemanggang Industri, Terkoneksi ke Hioki Temperature Data Logger

Aplikasi Sensor Thermocouple Pengidentifikasi Suhu Pada Oven Pemanggang Industri

Seiring dengan berkembangnya dunia teknologi, maka hal ini mengakibatkan perkembangan yang terjadi pada sektor industri, sebab teknologi adalah hal terpenting dalam sebuah industri (Tjiptono, 2014). Semakin hebat teknologi yang digunakan pada sebuah industri, maka semakin maju industri tersebut. Dewasa ini berbagai inovasi mulai hadir dalam dunia industri, salah satunya adalah teknologi otomasi yang hadir sebagai solusi untuk mempermudah proses produksi dan memberikan hasil yang baik terhadap produk yang dihasilkan (Bashori, Sumardi, & Setiawan, 2013).

Salah satu aspek pendukung dari sistem otomasi yang penting adalah penggunaan sensor sebagai input yang dipergunakan sebagai pemantik dari kerja output yang digunakan. Sensor suhu merupakan salah satu dari sekianbanyak sensor yang sering kita jumpai dalam dunia industri. Sensor ini berfungsi sebagai pengukur temperature ruangan pada material yang diinginkan dan sensor suhu yang sering ditemui pada dunia industri salah satunya adalah sensor thermocouple.

Sensor Thermocouple Tipe K, Pt 100
Sensor Thermocouple Tipe K, Pt 100

Termokopel (thermocouple) merupakan salah satu jenis sensor suhu yang paling populer dan sering digunakan dalam berbagai rangkaian ataupun peralatan listrik dan Elektronika yang berkaitan dengan Suhu (Temperature). Beberapa kelebihan Termokopel yang membuatnya menjadi populer adalah responnya yang cepat terhadap perubahaan suhu dan juga rentang suhu operasionalnya yang luas yaitu berkisar diantara -200˚C hingga 2000˚C. Selain respon yang cepat dan rentang suhu yang luas, Termokopel juga tahan terhadap goncangan/getaran dan mudah digunakan.

Thermocouple Tipe K

Thermocouple Tipe K yang paling umum ada, serta menyediakan kisaran suhu pengoperasian terluas. Termokopel tipe K umumnya akan berfungsi di sebagian besar aplikasi karena kaki komponen dan sensor berbasis nikel serta memiliki ketahanan korosi yang baik.

  1. Kaki positif adalah non-magnetik (Kuning), kaki negatif adalah magnet (Merah).
  2. Bahan baku pembuatan Sensor merupakan kualitas logam terbaik, yang dapat bertahan dalam paparan suhu ruangan yang cukup tinggi.
  3. Cocok untuk digunakan dalam atmosfer oksidasi atau lembap pada suhu hingga 1260 °C (2300 °F).
  4. Tahan terhadap Paparan belerang (Mampu menahan paparan atmosfer yang mengandung belerang).
  5. Dapat beroperasi dalam atmosfer yang memiliki oksidasi bersih.
  6. Tidak direkomendasikan untuk digunakan dalam kondisi ruang hampa udara, atau ketika mengalami siklus oksidasi dan reduksi bergantian.

Oven adalah sebuah peralatan berupa ruang termal terisolasi yang dapat digunakan sebagai pengering. Penggunaan oven biasanya digunakan untuk skala kecil. Dalam proses pengeringan, terjadi proses yang dinamakan humidifikasi dimana proses pemindahan atau pengeluaran kandungan air bahan hingga mencapai kurang dari kandungan air sebelumnya. Pengeringan dengan bahan makanan memiliki dua tujuan utama yaitu sebagai sarana memperpanjang umur simpan dengan cara mengurangi kadar air untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme pembusuk dan meminimalkan biaya distribusi bahan makanan karena berat dan ukuran makanan menjadi lebih rendah.

Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, ditemukan peralatan elektronika yang berteknologi canggih. Peralatan elektronika yang dirancang khusus oleh pembuat agar dapat membantu dan mempermudah aktifitas sehari-hari yang dilakukan manusia. Penggunaan sarana dan prasaran dilakukan secara manual maupun otomatis. Di samping penemuan manusia yang masih menggunakan cara manual dikembangkan lagi menjadi cara yang lebih canggih yaitu menggunakan teknologi digital (otomatisasi).

Untuk melakukan Predictive Maintenance pada setiap Oven Pabrik, dan mendapatkan Hasil Produksi yang baik, maka diperlukan suatu sistem yang dapat melakukan pengukuran/identifikasi Tingkat Suhu pada Oven Produksi. Hioki LR5000 Series, dapat membantu dalam proses perekaman tingkat suhu/temperature saat oven bekerja dan secara Real Time. Alat ini menggunakan Aplikasi Sensor Thermocouple K Type Pt 100 untuk mengidentifikasi besarnya suhu dalam suatu sistem, hasil pengukuran disimpan dalam Memory LR5000 Series untuk diolah dan ditampilkan nilainya secara digital.

hioki lr5001

Bentuknya Ringan, mudah dioperasikan dan dapat bekerja secara continuity, membuat Data Logger dari Hioki ini, cocok digunakan dalam kegiatan Predictive Maintenance sistem Oven. Tesedia 2-channel data logger serta memiliki 60.000 set data / memori saluran untuk mengukur suhu, kelembaban, tegangan atau sinyal instrumentasi. LR5001 mencatat suhu dan kelembaban lebih dari 2 saluran dalam interval 1 detik.

– Author : Chandra Kharisma S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D