Kamu Sudah Tahu Belum, Apa Sih Data Logger Itu?

Kamu Sudah Tahu Belum, Apa Sih Data Logger Itu

Data Logger – Sistem Instrumentasi Untuk Mendeteksi Gejala Perubahan Kondisi Lingkungan dan Sistem Elektrik

Kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa masyarakat pengguna teknologi ke sebuah masa yang serba praktis. Banyak manfaat yang diberikan oleh teknologi itu sendiri, terlebih lagi dengan hadirnya teknologi komputer, dalam memudahkan aktifitas manusia.

Teknologi komputer sudah menjadi satu teknologi yang sangat dibutuhkan oleh manusia, karena kelebihannya dalam memudahkan berbagai aktifitas manusia. Dengan menggunakan teknologi ini, manusia terbantu dalam menyelesaikan pekerjaannya, misalnya dalam perhitungan matematis, basis data, bahkan sampai pada sistem monitoring ataupun sistem kontrol yang berbasis elektronika.

Teknologi komputer dapat diintegrasikan dengan teknologi lain, seperti teknologi mikrokontroler. Sebuah interface dibutuhkan untuk mengintegrasikan kedua teknologi tersebut menjadi sebuah satu kesatuan sistem. Komputer dapat dihubungkan ke mikrokontroler menggunakan kabel data serial, atau dapat juga dengan kabel data USB. Bahkan saat ini, kedua teknologi tersebut dapat dihubungkan menggunakan sistem nirkabel.

data logger

Pencatatan data ( data logging ) merupakan aspek penting dalam sistem pengukuran dan instrumentasi modern. Data Logger  menyediakan fungsi pengukuran dan pencatatan data dengan menggunakan transduser, komputer dan sensor.

Data Logger adalah suatu perangkat yang dapat membaca berbagai macam jenis sinyal input, dan dapat menyimpan informasi sinyal ini ke dalam sebuah memori, atau hard disk pada komputer. Data Logger memiliki kelebihan dibandingkan dengan perangkat akuisisi data umumnya, yaitu dapat dioperasikan secara terpisah dengan komputer, dan memiliki banyak variasi, mulai dari satu kanal (single channel) sampai yang banyak kanal (multi channel) yang mampu menangani puluhan hingga ratusan sinyal input secara paralel sesuai kebutuhan pengguna.

Diatas merupakan salah satu contoh Data Logger dari Hioki yang berfungsi untuk dapat melakukan Pengukuran atau Identifikasi tingkat Suhu dan Kelembapan (Humidity), dengan Bantuan Sensor yang Tersedia, hasil Pembacaan ditampilkan pada Layar Digital. Pembacaan Nilai Suhu dilakukan secara continuity.

Alat ukur suhu yang dirancang dan dibuat dapat mengukur suhu, dengan tampilan suhu dalam derajat celcius. Setiap tampilan suhu dapat ditampilkan pada LCD, dan grafik pembacaan suhu dapat ditampilkan pada monitor komputer. Sensor suhu yang digunakan pada Data logger memiliki rata-rata akurasi pembacaan suhu sebesar 99,49% terhadap termometer digital.

Dengan Data Logger ini dapat membantu melakukan identifikasi serta Predictive Maintenance terhadap suatu ruangan maupun sistem dengan melakukan pengukuran tingkat suhu yang terdapat dalam sistem tersebut, penggunaan data logger ini diaplikasikan pada Sistem Boiler, Chiller Pabrik maupun Freezer.

Author Chandra Kharisma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D