Bagaimana Cara Menggunakan Clamp Meter?

cara-menggunakan-clamp-meter-hioki

Clamp meter biasa digunakan untuk mengukur beban arus dan kebocoran arus. Dalam penggunaannya pun memiliki caranya masing-masing. Lalu bagaimana cara menggunakan clamp meter untuk mengukur beban arus dan juga untuk mengukur kebocoran arus

  1. Cara Menggunakan Clamp Meter Untuk Mengukur Arus

Saat mengukur arus beban dalam sirkuit 1-fase 2-kawat seperti yang ditunjukkan pada gambar, clamp meter harus diaplikasikan di sekitar satu (bukan keduanya) kabel.

cara-menggunakan-clamp-meter-hioki-untuk-arus
cara menggunakan clamp meter untuk mengukur arus

Karena arus yang mengalir ke dan dari beban di dua kabel membentuk sepasang medan magnet yang saling berseberangan, kedua medan magnet tersebut saling membatalkan, menyebabkan clamp meter  menunjukkan nilai arus nol jika dua kabel diukur. pada waktu bersamaan.

Saat mengukur sirkuit 3 fase, perlu untuk mengukur nilai saat ini di masing-masing kabel R, S, dan T dengan menerapkan clamp meter pada masing-masing secara bergantian.


2. Cara Menggunakan Leakage Current Clamp Meter (Untuk Kebocoran Arus)

Saat mengukur arus bocor dalam sirkuit 1-fase / 2-kawat seperti yang ditunjukkan pada gambar, meter penjepit harus diterapkan di sekitar kedua kabel.

cara-menggunakan-clamp-meter-hioki-kebocoran-arus
Cara Menggunakan Leakage Current Clamp Meter (Untuk Kebocoran Arus)

Karena arus yang mengalir ke dan dari beban di kedua kabel membentuk sepasang medan magnet yang saling berseberangan, akan ada perbedaan di kedua bidang tersebut jika ada arus bocor. Nilai arus yang diukur ketika meter penjepit diterapkan di sekitar kedua kabel pada saat yang sama adalah arus bocor.

Saat mengukur sirkuit 3 fase, meter penjepit harus diterapkan di sekitar kabel R, S, dan T (ketiga kabel) sekaligus. Arus bocor juga dapat diukur dengan menerapkan meteran penjepit di sekitar kabel pentanahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D