Bahaya Kualitas Daya Listrik Yang Buruk Pada Gedung dan Solusinya

Analisa Kualitas Daya Listrik Di Gedung Bertingkat

Kali ini saya akan membahas kualitas daya listrik pada gedung bertingkat. Gedung bertingkat seperti perkantoran, hotel, rumah sakit, apartemen dan mall pasti memiliki lift. Lift merupakan komponen yang sangat penting dalam gedung bertingkat untuk mengangkut orang menuju lantai atas. Sebab, tidak mungkin orang menuju ke lantai atas hanya dengan menggunakan tangga. Kalau hanya lantai ke 2 dan ke 3 memang tidak masalah. Namun, bagaimana jika ke lantai 10 atau 20 dan seterusnya, pasti akan menguras tenaga dan membutuhkan waktu yang lama.

Tapi mungkin kalian bertanya tanya, bagaimana lift dapat bergerak dan mengangkut orang?

sewa-power-quality-analyzer-pada-lift

Lift bergerak dengan menggunakan motor listrik, lebih tepatnya motor listrik dengan suplai listrik 3 phase. Lift kemudian dihubungkan dengan tali penggerak yang disambungkan ke motor. Jadi penggerak utama lift adalah motor listrik yang disambungkan dengan tali atau biasa disebut tali sling. Tetapi tidak hanya itu saja, motor lift harus dikendalikan supaya ketika beban lift berubah-ubah kecepatannya tetap stabil. Jadi, mau berapapun orang yang menaiki lift tersebut, kecepatannya tetap sama. Alat yang mengendalikan motor lift ini adalah Variable Speed Drive (VSD) atau umumnya disebut inverter.

Lalu apa hubungannya dengan kualitas daya listrik? Apakah ada hubungannya?

Tentu saja ada. Perlu kita ketahui, bahwa komponen didalam inverter adalah komponen beban non linier atau semikonduktor. Beban non-linier merupakan sebuah beban yang dimana nilai keluarannya (output) tidak sama dengan nilai masukannya (input). Bisa dikatakan, bentuk gelombang output tidak dengan bentuk gelombang input. Hal ini dapat mempengaruhi dan mendistorsi gelombang murni dan menyebabkan timbulnya harmonisa.

Seperti yang sudah kita ketahui, harmonisa merupakan gangguan yang terjadi akibat distorsi gelombang sinusoidal yang tejadi secara periodic. Gelombang yang terdistorsi ini merupakan penjumlahan sesaat antara gelombang murni dengan gelombang harmonisanya. Harmonisa juga merupakan salah satu fenomena atau kejadian yang dapat mempengaruhi kualitas daya sebuah system kelistrikan.

Dengan munculnya harmonisa, beberapa komponen dapat mengalami gangguan seperti panas berlebih atau overheat dan bisa berujung pada kebakaran. Tentu saja, hal ini sangat merugikan terutama bagi kontraktor penyedia lift. Selain inverter, masih banyak lagi peralatan listrik pada gedung bertingkat yang dapat menyebabkan harmonisa dan memperburuk kualitas daya.

Untuk menghindari kondisi tersebut, perlu dilakukan preventive maintenance dan juga monitoring terhadap kualitas daya suatu gedung. Dengan begitu, kita dapat melihat kondisi kelistrikan pada gedung tersebut apakah dalam kondisi kualitas daya yang baik atau belum. Jika belum, maka perlu diadakan analisa dan maintenance.

sewa-rental-power-quality-analyzer
Pengecekan Parameter Kelistrikan dengan Power Quality Analyzer Hioki PQ3100

Seperti yang kami lakukan sebelumnya, kami melakukan monitoring kualitas daya listrik atau power quality pada suatu gedung bertingkat, dan pengukuran difokuskan pada panel motor lift gedung tersebut. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan alat Power Quality Analyzer dari HIOKI dengan tipe PQ3100. Dari pengukuran tersebut, kami dapat melihat karakteristik kelistrikan mulai dari tegangan, arus, frekuensi, daya, harmonisa, dan parameter power quality lainnya. Berikut contoh hasil dari pengukurannya yang kami lakukan selama 1 minggu.

gambar 1. tampilan grafik tegangan dan arus sewa power quality analyzer
Gambar 1. Tampilan Grafik Tegangan dan Arus
gambar 2. tampilan grafik harmonik tegangan rental power quality analyzer
Gambar 2. Tampilan Grafik Harmonik Tegangan

Nah itu hanya beberapa parameter yang dapat dilihat pada HIOKI PQ3100 ini. Masih banyak lagi tetapi terlalu banyak untuk diperlihatkan. Sekilas memang terlihat mirip dengan logger yang memiliki fungsi perekaman. Tetapi alat ini juga mampu untuk melihat kejadian atau event yang mempengaruhi kualitas. Jadi selain untuk perekaman kelistrikan dalam waktu tertentu, alat ini mampu merekam event yang terjadi pada system kelistrikan yang diukur dalam interval waktu 10ms. Berikut salah satu contohnya. 

gambar 3. tampilan event RVC rapid voltage change rental power quality analyzer hioki pq3100
Gambar 3. Tampilan Event RVC (rapid voltage change)

Ini merupakan salah satu event yang direkam oleh alat. Disini kami menggunakan nilai Treshold atau nilai ambang batasnya sebesar ±3 % dari nilai nominal tegangan yang diinput ke alat. Jadi ketika nilai tegangan yang terukur ±3 % dari nilai nominal tegangan, alat ini akan langsung merekam dan menyimpannya sebagai suatu event.

Kita juga dapat melihat hasil analisa atau pengecekan secara otomatis apakah system kelistrikan yang diukur masih dalam ambang batas aman atau tidak. Nilai ambang batas ini bisa kita sesuai dengan standar yang kita pakai seperti standar IEEE519. Dari hasil  pengukuran yang didapat, kita dapat langsung menganalisanya.

Jika anda ingin mengetahui profil kualitas daya dari system kelistrikan gedung atau pada lift, anda dapat menggunakan alat ini. Tetapi perlu diingat, pengukuran harus disesuaikan dengan titik pengukuran bebannya. Kami PT. Radius Allkindo Electric, memberikan solusi untuk sewa Power Quality Analyzer dari HIOKI. Jika anda tertarik, silahkan untuk menghubungi kami.

Info Penting!!!

Suatu inventasi yang bagus jika mempunyai dana lebih untuk memiliki Power Quality Analyzer sehingga dapat melakukan monitoring kualitas daya listrik secara rutin untuk mencegah kerugian yang tidak diinginkan. Namun jika hanya memiliki dana terbatas dan hanya sesekali melakukan monitoring kualitas daya, kami dapat menyewakan Power Quality Analyzer beserta Operatornya Untuk Anda.

terima-sewa-power-quality-analyzer
Analisa Power Quality Di Tempat Klien Kami

Jika anda membutuhkan Power Quality Analyzer atau menyewa Power Quality Analyzer untuk Monitoring Kualitas Daya Listrik, kami dapat membantu anda. Kami dapat memberikan presentasi maupun Demo Produk GRATIS!!

Alat Standar Power Quality Analyzer kami adalah Hioki PW3198 dan Hioki PQ3100. Jangan segan untuk bertanya pada kami melalui WA dipojok kanan bawah (atau klik disini). Atau melalui email cs@radiud.co.id. Kami akan senang bisa membantu anda 

Produk Power Quality Analyzer

Informasi lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D