Dampak Buruk Masalah Kualitas Daya Listrik (Power Quality) Pada Peralatan Medis

dampak-buruk-masalah-kualitas-daya-listrik-pada-alat-medis

Masalah Kualitas Daya Listrik

Berbagai uji keamanan kelistrikan seperti arus bocor dan tahanan isolasi harus dilakukan pada peralatan medis di Rumah Sakit, Klinik, Maupun Lab untuk memastikan penggunaan yang aman yang diatur oleh standar EN60601 (Peralatan dan Sistem Kelistrikan Medis). Kualitas daya yang disalurkan ke rumah sakit juga sangat penting. Ini karena peralatan medis yang digunakan memiliki mikroprosesor yang sensitif dan membutuhkan daya yang lebih berkualitas.

Masalah kualitas daya listrik dapat menyebabkan kerusakan peralatan medis seperti distorsi tampilan, hasil diagnostik yang salah, atau kesalahan kontrol. Ini juga dapat menyebabkan situasi parah lainnya seperti kegagalan ventilator yang dapat menyebabkan kematian.

Kualitas daya listrik adalah kombinasi kualitas tegangan dan kualitas arus. Gangguan tegangan seringkali berasal dari jaringan listrik yang pada gilirannya mempengaruhi pengguna akhir. Sedangkan gangguan saat ini berasal dari pengguna akhir yang akan mempengaruhi jaringan. Masalah kualitas daya rumah sakit sering terjadi akibat beban nonlinier, injeksi harmonisa, dan interaksi antar peralatan medis.

Karena masalah kualitas daya listrik bersifat kumulatif, peristiwa kecil yang terdeteksi harus ditanggapi dengan serius. Beban non-linier mendistorsi bentuk gelombang arus dan menciptakan arus harmonik ke arus sistem. Contohnya dari lampu penerangan listrik. Di Indonesia, lampu harus diuji oleh laboratorium kelistrikan medis sebelum digunakan oleh rumah sakit. Langkah ini diambil untuk mengurangi resonansi harmonik dalam sistem dan untuk memastikan bahwa faktor daya dipertahankan pada minimal 0,85.

Sampel Pengujian Kualitas Daya Listrik

3 sampel lampu listrik sedang diuji di lab menggunakan Hioki Power Quality Analyzer, PW3198. Pengujian ini bertujuan untuk mengukur arus saluran searah dan juga tegangan saluran netral (Gambar 1). Parameter yang dicatat adalah tegangan, arus, faktor daya, daya aktif dan daya reaktif. Penting juga untuk mengamati bentuk gelombang tegangan dan arus.

power-quality-alat-medis
Gambar 1: Diagram Penyiapan Tes Lab
masalah-kualitas-daya-listrik-alat-medis
Gambar 2: Hasil Uji dari Sampel A , Power Quality Analyzer PW3198

Dari Gambar 2, terlihat bahwa bentuk gelombang arus sedikit terdistorsi. Faktor daya sampel A adalah 0,892 yang merupakan level yang dapat diterima. Sampel B (Gambar 3) menunjukkan bentuk gelombang arus yang bahkan lebih terdistorsi dengan faktor daya 0,567 yang dianggap buruk

masalah-kualitas-daya-listrik-hasil-test-sampel-b
Gambar 3: Hasil Uji dari Sampel B, Power Quality Analyzer PW3198

Sampel C (Gambar 4) memiliki hasil tes terburuk. Bentuk gelombang arus telah terdistorsi sehingga tidak lagi menyerupai gelombang sinus. Faktor daya sampel C sebesar 0,048 yang berarti lampu yang diuji merupakan beban induktif dan tidak dapat diterima. Berikut ringkasan hasil pengujian dari 3 sampel (Tabel 1):

sewa-power-quality-alat-medis-2
Tabel 1: Ringkasan Hasil Pengujian Power Quality Analyzer PW3198

Hasilnya dibandingkan dengan standar yang diberikan oleh otoritas yang mengatur. Disimpulkan bahwa hanya sampel A yang layak digunakan di fasilitas rumah sakit.

Info Penting

Suatu inventasi yang bagus jika mempunyai dana lebih untuk memiliki Power Quality Analyzer sehingga dapat melakukan monitoring kualitas daya listrik secara rutin untuk mencegah kerugian yang tidak diinginkan. Namun jika hanya memiliki dana terbatas dan hanya sesekali melakukan monitoring kualitas daya, kami dapat menyewakan Power Quality Analyzer beserta Operator Profesional Untuk Anda.

Jika anda membutuhkan Power Quality Analyzer atau ingin menyewa Power Quality Analyzer untuk Monitoring Kualitas Daya Listrik di Rumah Sakit, Klinik, maupun Lab Anda, kami dapat membantu anda. Kami dapat memberikan presentasi maupun Demo Produk GRATIS!!

Sewa Power Quality Analyzer Untuk Gedung

Alat Standar Power Quality Analyzer kami adalah Hioki PW3198 dan Hioki PQ3100. Jangan segan untuk bertanya pada kami melalui WA dipojok kanan bawah (atau klik disini). Atau melalui email cs@radiud.co.id. Kami akan senang bisa membantu anda 

Produk Power Quality Analyzer

Informasi lainnya:

Sumber:
https://www.hioki.com.sg/14-july-2017-power-quality-issues-and-their-effects-on-medical-equipment/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D