Cara Termudah Monitoring Kualitas Daya Listrik Dengan Power Quality Analyzer

monitoring-kualitas-daya-listrik

Monitoring kualitas daya listrik adalah proses pengukuran dan interpretasi berkelanjutan dari parameter yang sesuai dan terukur dalam Mesin atau Sistem Daya Listrik saat beroperasi untuk mendeteksi perubahan signifikan yang melebihi tingkat kritis yang dapat memprediksi potensi kegagalan daya listrik sebelum benar-benar terjadi.

Ini dapat membantu mencegah mesin berhenti beroperasi mendadak, mencegah biaya perbaikan mesin atau peralatan listrik yang mahal, dan mecegah bahaya bagi personel (suatu bentuk pemeliharaan preventif).

Sebelum monitoring kualitas daya listrik, sebagian besar mesin menggunakan teknik monitoring peralatan yang memanfaatkan perubahan yang terdeteksi dalam operasi mesin sebagai dasar pemeliharaan preventif.

Contoh Monitoring Kualitas Daya Listrik di Industri

Tren pengukuran daya pada switchgear listrik dapat dilakukan dengan menggunakan probe tegangan dan clamp meter arus dengan akurasi tinggi untuk mengukur tegangan dan arus selama operasi. Setiap ketidakteraturan dapat dideteksi sesuai dengan pengaturan ambang (pengaturan Tegangan atau Arus RMS / Peak).

Tren kualitas daya (Harmonik / UTHD, Transient, Flickers, Dips, dll.) Pada suplai arus masuk adalah untuk mendeteksi ketidaknormalan yang dapat menyebabkan malfungsi serius jika tidak dicek.

Contoh monitoring kondisi ini digunakan dengan ‘Konsep Big Data’, di mana kumpulan besar titik data yang dikumpulkan melalui berbagai situasi digunakan untuk membangun dan menjalankan model simulasi untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang diketahui. Teknologi analitik otomatis tingkat lanjut menggunakan titik data yang dikumpulkan untuk mengeksplorasi semua kemungkinan variabel hingga ditemukan pola tertentu yang memenuhi masalah tersebut. [4]

Power Quality Analizer Digunakan Untuk Monitoring Jarak Jauh Di Jalur Masuk Suplai Listrik

Power Quality Analyzer (PQA) menawarkan deteksi masalah kualitas daya seperti penurunan tegangan, flicker, harmonisa, dan masalah kelistrikan terkait lainnya. Apa yang membedakan PQA ini dari PQA lain di pasar adalah kemampuan Monitoring Jarak Jauh mereka. Para pelaku industri di kawasan Asia Tenggara mulai merangkul konsep monitoring jarak jauh karena konsep ini mengotomatiskan dan mengatur proses pengumpulan data dan juga meningkatkan produktivitas tanpa harus mengunjungi ruang pengalih listrik

Pengaturan Fungsi Monitoring Jarak Jauh

Fungsi monitoring jarak jauh dapat dengan mudah diatur dalam beberapa menit. Dalam memberikan gambaran cara pengaturannya, kami mengunakan PQA dari merek Hioki (type: PW3198 dan PQ3100). Biasanya, pelanggan perlu menghubungkan PC ke perangkat untuk mengkonfigurasi alamat IP perangkat yang mirip dengan jaringan. Untuk PQA Hioki, itu menjadi mudah karena Alamat IP, Subnet Mask dan Alamat Gateway semuanya dapat dikonfigurasi pada panel instrumen itu sendiri (Lihat Gambar 1). PQA kemudian dihubungkan ke jaringan.

Terakhir, konfigurasikan penerusan port pada router (Lihat Gambar 2) untuk mengaktifkan akses komputer ke PQA melalui router dengan kartu sim dimasukkan di dalamnya. PQA kemudian dapat diakses menggunakan alamat IP instrumen yang ditetapkan melalui browser internet (HTTP).

Gambar 1 Tampilan Konfigurasi Jaringan Hioki PW3198
Gambar 1 Tampilan Konfigurasi Jaringan Hioki PW3198
Gambar 2 Halaman penerusan port router biasa
Gambar 2 Tampilan penerusan port router biasa

Keuntungan Menggunakan Power Quality Analyzer PW3198 dan PQ3100

  • Pengaturan monitoring jarak jauh yang cepat (dapat dikonfigurasi pada panel instrumen itu sendiri), pengaturan dan penyesuaian durasi perekaman melalui fungsi Server HTTP built-in
  • Pengiriman data otomatis sesuai dengan jadwal perekaman pengguna yang telah ditentukan sebelumnya melalui fungsi FTP otomatis
  • Pengguna dapat melakukan preset event kualitas daya yang telah dengan trigger ambang batas untuk perekaman data
  • Pencatatan tanggal & waktu aktual peristiwa (anomali) dengan informasi tentang bentuk gelombang dan durasi peristiwa
  • Hioki PW3198 dan PQ3100 dirancang untuk menangkap semua anomali dalam masalah terkait daya. Kemampuan monitoring jarak jauh menawarkan pengambilan data yang cepat dan mudah. Data yang diperoleh menawarkan wawasan yang berguna untuk penerapan tindakan pencegahan korektif. Keduanya menawarkan fleksibilitas dan kecepatan dalam mendeteksi masalah catu daya tanpa waktu henti.

sumber:
https://www.hioki.com.sg/16-may-2018-power-condition-monitoring-with-hioki-pw3198-pq3100/

Info Penting

Suatu inventasi yang bagus jika mempunyai dana lebih untuk memiliki Power Quality Analyzer sehingga dapat melakukan monitoring kualitas daya listrik secara rutin untuk mencegah kerugian yang tidak diinginkan. Namun jika hanya memiliki dana terbatas dan hanya sesekali melakukan monitoring kualitas daya, kami dapat menyewakan Power Quality Analyzer beserta Operatornya Untuk Anda.

Jika anda membutuhkan Power Quality Analyzer atau sewa atau rental Power Quality Analyzer untuk Monitoring Kualitas Daya Listrik, kami dapat membantu anda. Kami dapat memberikan presentasi maupun Demo Produk GRATIS!!

Alat Standar Power Quality Analyzer kami adalah Hioki PW3198 dan Hioki PQ3100. Jangan segan untuk bertanya pada kami melalui WA dipojok kanan bawah (atau klik disini). Atau melalui email cs@radiud.co.id. Kami akan senang bisa membantu anda 

Produk Power Quality Analyzer

Informasi lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D