Jenis – Jenis Clamp Meter atau Tang Amper

jenis-jenis-clamp-meter-tang-amper-hioki

Ada dua jenis clamp meter atau tang amper: instrumen yang dirancang untuk mengukur arus beban dan instrumen yang dirancang untuk mengukur arus bocor. Yang pertama dapat dibagi lagi sebagai berikut:

• Model yang dirancang untuk mengukur arus AC dengan karakteristik pita frekuensi yang berpusat pada frekuensi catu daya komersial

• Model yang dirancang untuk mengukur arus DC serta arus AC pada frekuensi di dan di bawah frekuensi catu daya komersial dari perangkat seperti inverter untuk keperluan umum

Clamp meter juga dapat diklasifikasikan berdasarkan metode rektifikasi yang mereka gunakan (baik rektifikasi-nilai rektifikasi atau RMS).

jenis-jenis-clamp-meter-tang-amper-hioki

Metode rektifikasi Clamp Meter

Ada dua metode untuk mengubah arus menjadi nilai True RMS: metode True RMS (indikasi nilai RMS benar) dan metode rata-rata/mean (rektifikasi indikasi indikasi nilai RMS).

Meskipun kedua metode menghasilkan nilai yang sama untuk gelombang sinus yang tidak terdistorsi, distorsi bentuk gelombang menyebabkan nilai-nilai berbeda.

Sebagian besar aplikasi pengukuran saat ini melibatkan pengukuran bentuk gelombang saat ini yang bukan merupakan gelombang sinus sempurna (yaitu, mereka membutuhkan pengukuran bentuk gelombang saat ini yang terdistorsi). Jika Anda ingin melihat hasil dalam bentuk nilai RMS sejati, disarankan untuk menggunakan Clamp Meter True RMS.

jenis-jenis-clamp-meter-tang-amper

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D
Powered by