Cara Menggunakan Hioki Earth Tester FT6031 dengan Pengukuran sederhana dan metode 2-kutub

review-cara-menggunakan-earth-tester-hioki-ft6031-03-2-kutub

Pada kali kita mencoba pengukuran sederhana earth tester dan metode 2 kutub. Berikut cara pengukurannya.

Melakukan penyesuaian nol

cara-menggunakan-earth-tester-2

Hubungkan Lead Uji L9787 hitam ke terminal E pada instrumen dan Lead Uji L9787 merah ke terminal H (C) dan hubungkan (pendek) ujung sadapan uji. Kemudian operasikan penguji tahanan tanah untuk melakukan penyetelan nol.

Menghubungkan Kabel Pengukuran

bagaimana-cara-menggunakan-earth-tester-hioki-ft6031-03

Gambar di atas memberikan contoh bagaimana menghubungkan kabel pengukuran ketika mengukur catu daya komersial yang sisi netral (N) di-ground-kan.

Instalasi pentanahan Kelas A atau objek logam yang terkubur seperti pipa logam dapat digunakan sebagai resistor ground dengan resistansi rendah untuk keperluan pengukuran. Pastikan resistor ground resistansi rendah setidaknya 5 m dari elektroda pembumian yang sedang diukur. Pengukuran yang akurat tidak akan mungkin jika resistor terletak terlalu dekat dengan elektroda pembumian.

Mengukur Tahanan Tanah (Grounding)

mengukur-tahanan-tanah-hioki-ft6031

Menggunakan pendeteksi tegangan atau instrumen lain yang sesuai, pastikan sisi netral (N) dari catu daya komersial tidak membawa tegangan.

Tekan tombol daya untuk menghidupkan instrumen. Kemudian tekan tombol Fn untuk menampilkan “2 POLE.”

Hubungkan Lead Uji L9787 hitam ke elektroda pentanahan yang berfungsi sebagai target pengukuran, dan sambungkan Lead Uji L9787 merah ke sisi netral (N) dari catu daya komersial.

Instrumen akan menampilkan potensi tanah.

Menekan tombol MEASURE akan menyebabkan instrumen secara otomatis melakukan urutan pengukuran yang dijelaskan di bawah ini. Nilai yang diukur akan ditampilkan selama sekitar 3 detik, dan indikator HOLD akan menyala.

Instrumen akan memeriksa apakah nilai puncak potensial tanah berada dalam kisaran yang diijinkan. Maka itu akan mengukur tahanan tanah. Instrumen ini akan mengukur total resistansi ground elektroda pentanahan dan resistansi ground dari sisi netral catu daya komersial (Rx + Ro).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D
Powered by