Bagaimana Cara Menggunakan Earth Tester Dengan Metode tiga kutub?

cara-menggunakan-earth-tester-hioki-ft6031-03

Untuk cara menggunakan earth tester ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Berikut langkah-langkahnya:

Melakukan Penyesuaian Nol

cara-menggunakan-earth-tester

Hubungkan kabel pengukur hitam ke terminal E, kabel pengukur kuning ke terminal S (P), dan kabel pengukur merah ke terminal H (C) dan singkatkan ujung tiga kabel pengukur seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
Kemudian operasikan penguji tahanan tanah untuk melakukan penyetelan nol.

Menghubungkan Kabel Pengukuran

menggunakan-earth-tester-hioki-ft6031

Hubungkan elektroda pentanahan dan terminal E dengan kabel pengukur hitam.

Membawa kedua gulungan, pindah ke lokasi pengukuran sambil mengulurkan kabel pengukuran. Masukkan elektroda pentanahan tambahan ke dalam tanah setelah semua kabel pengukur kuning telah diulurkan dan sambungkan kabel pengukur kuning ke elektroda.

Ubah posisi diri Anda dengan berjalan di sepanjang garis lurus yang menghubungkan elektroda pentanahan E dan elektroda pentanahan tambahan S sambil mengulurkan kabel pengukur merah dari reelnya.

Masukkan elektroda pentanahan tambahan lainnya ke dalam tanah setelah semua kabel pengukuran merah telah diulurkan dan sambungkan kabel pengukuran merah ke elektroda.

Mengukur Tahanan Tanah

mengukur-tahanan-tanah-hioki-ft6031

Tekan tombol daya untuk menghidupkan instrumen. Kemudian tekan tombol Fn untuk menampilkan “3 POLE.” Potensi ground akan ditampilkan.

Menekan tombol MEASURE akan menyebabkan instrumen secara otomatis memeriksa potensi tanah, memeriksa tahanan tanah bantu, dan mengukur tahanan tanah.

Pengukuran akan selesai dalam waktu sekitar 8 detik, dan tampilan instrumen akan menyala dan menunjukkan nilai yang diukur. Periksa nilai yang diukur.

Mengukur Tahanan Tanah Pada Beton

mengukur-tahanan-tanah-pada-beton-hioki-ft6031

Karena beton adalah konduktor, dimungkinkan untuk menempatkan elektroda pentanahan tambahan pada beton.

Tempatkan elektroda pentanahan tambahan di atas beton dan tuangkan air di atasnya, atau letakkan kain basah di atas elektroda pentanahan tambahan.

Jika metode ini gagal menurunkan resistansi pentanahan elektroda pentanahan tambahan, sebarkan 9050 Grounding Mesh opsional pada beton, tempatkan elektroda pentanahan tambahan di atas mesh pentanahan , dan kemudian tuangkan air ke keduanya. Biarkan air meresap ke dalam beton sebelum mengukur resistansi. Objek seperti pelat logam atau selembar aluminium foil dapat digunakan sebagai pengganti mesh pentanahan . Namun, grounding mesh lebih efektif dalam menurunkan resistensi ground elektroda ground tambahan.

Karena aspal adalah isolator, maka pada umumnya tidak memungkinkan untuk meletakkan elektroda pentanahan tambahan pada aspal. Namun, aspal yang dilembabkan dengan air dapat memungkinkan pengukuran dalam beberapa kasus.

Earth tester yang digunakan adalah Hioki FT6031-03, Klik disini untuk spesifikasi Hioki FT6031-01

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D
Powered by