Kamu Tahu Gak, Uji Partial Discharge On-line Mengacu Standard Apa Sih?

Kamu Tahu Gak, Uji Partial Discharge On-line Mengacu Standard Apa Sih

Partial discharge atau Peluahan parsial adalah peluahan listrik yang tidak menghubungkan dua elektroda secara sempurna. Prosesnya hanya terjadi pada bahan isolasi dengan dua elektroda yang berbeda nilai tegangan listrik. Peluahan parsial umumnya terjadi pada bahan isolasi dengan wujud padat,cairan, dan gas.  

Partial discharge ini merupakan peristiwa awal sebelum terjadinya kerusakan isolasi. Yang mana dalam bidang kelistrikan suatu kerusakan isolasi dalam sebuah sistem kelistrikan akan mengakibatkan bahaya besar. Baik berupa bahaya untuk sistem itu sendiri dan juga manusia yang bekerja pada sistem tersebut. Untuk itu menemukan atau mendeteksi Partial discharge adalah kegiatan yang sangat perlu dilakukan dalam menunjang suatu keamanan sistem kelistrikan.

Kegiatan pendeteksian Partial discharge ini masuk pada kegiatan Predictive Maintenance, karena merupakan perawatan untuk kegiatan perawatan secara prefentif (perawatan total).

Dalam bidang kelitrikan tentu mempunyai suatu dasar standard bersama secara Internasional contohnya adalah standart IEC (International Electrotechnical Commission), IEEE. Partial discharge secara internasional baik definisi dan metode pertama kali dipublikasikan yaitu pada tahun 1968 yaitu standard IEC270 yang kemudian sejak tahun 1997 dikenal dengan IEC60270. Kemudian diupdate hingga yang terbaru yaitu standard IEC60270:2000/AMD1:2015 Amendment 1 – High-voltage test techniques – Partial discharge measurements. Dalam standard ini dijelaskan mengenai Partial discharge secara keseluruhan yang secara metode mengarah kepada metode offline Partial discharge Testing yang pada akhirnya standard ini dikenal dengan standard konvensional.

standar pengujian partial discharge

Dalam dunia listrik teknologi berkembang dengan pesatnya, begitu jugapun dengan teknologi pengujian Partial discharge. Muncul penelitian dan inovasi baru mengenai pengujian Partial discharge. Salah satunya adalah metode non konvensional yang menggunakan prinsip On-line Partial discharge Testing. Dengan menggunakan metode spektrum gelombang elektromagnetik UHF, HFCT, TEV dan gelombang suara Ultrasonik. Metode ini juga disebut juga dengan metode non-electric. Metode ini disebutkan pada standard IEC60270:2000/AMD1:2015 Amendment 1 – High-voltage test techniques – Partial discharge measurements pada Annex F dan Annex E.

Secara penggunaan di lapangan metode On-line Partial Discharge Testing ini memiliki beberapa keuntungan yaitu praktis dan simple. Namun seiring waktu berjalan metode ini menimbulkan perdebatan diantara para ahli dan teknisi karena validasi terhadap standar internasional yang tersedia. Dan pada akhirnya muncul konferensi baru tentang metode On-line Partial Discharge Testing ini yaitu IEC TS 62478:2016 High voltage test techniques – Measurement of partial discharges by electromagnetic and acoustic methods.

standar pengujian partial discharge online
standar pengujian partial discharge on-line

Pada standard ini mendefinisikan tentang metode pengujian Partial Discharge secara online yang selanjutnya disebut dengan metode non-konvensional. Standard IEC TS 62478:2016 ini menjadikan acuan standar untuk menvalidasi data yang diuji menggunakan peralatan partial discharge detector yang menggunakan prinsip On-line Partial Discharge Testing.

Nah itulah artikel tentang penjelasan singkat tentang standar Uji Partial Discharge On-line. Kamu jadi tambah ilmu kan?. Jangan lupa share artikel ini ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D