fbpx

Pentingnya Melakukan Pengukuran Kebocoran Arus Pada Peralatan Medis

Pentingnya Peangukuran Kebocoran Arus Pada Peralatan Medis

Peralatan Kesehatan diwajibkan untuk dilakukan kegiatan perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan maupun komponen didalanya untuk mencegah terjadinya kerusakan, menjamin alat yang digunakan baik saat dioperasikan oleh petugas kesehatan, maupun kepada pasien yang menggunakan secara langsung. Ada beberapa metode pengecekan atau standard yang dapat digunakan untuk mengetahui kondisi peralatan medis tersebut. Metode pengetesan juga dapat berbeda bergantung dari jenis dan spesifikasi dari peralatan medis tersebut.

pengukuran kebocoran arus pada peralatan medis

IEC60601-1 (2020) merupakan salah satu standard yang telah diterapkan dan diaplikasikan oleh badan pengecekan kondisi sistem peralatan medis internasional. Setiap peralamatan medis yang telah diproduksi dan akan didistribusikan secara global, wajib melalui proses pengecekan kondisi dari peralatan tersebut, atau biasa disebut (Quality Control). Peralatan medis yang telah sesuai standar yang telah ditetapkan akan menjamin pengoperasian dari peralatan medis tersebut oleh pengguna bahkan saat diaplikasikan untuk mengecek kondisi kesehatan pasien. Setiap Negara diseluruh belahan dunia, bahkan sudah menetapkan, bahwa setiap Distributor peralatan medis, wajib untuk melalukan pengecekan kondisi mesin dan sistem peralatan medis yang ada sesuai dengan standar yang berlaku, sebelum didistribusikan kepada calon customer.

Pengetesan dan Identifikasi Kebocoran Arus, merupakan salah satu parameter yang penting dilakukan dan telah distandarkan secara khusus pada metode IEC60601-1 (2020), peralatan medis, wajib memiliki Bahan Isolasi Listrik yang baik, untuk mencegah terjadinya kebocoran arus listrik. Untuk dapat mengetahui kondisi ini, maka diperlukan pengetesan serta pengecekan adanya kebocoran arus pada setiap sistem peralatan medis.

 Pengujian Kebocoran Arus, wajib mempertimbangkan beberapa aspek untuk dapat mengetahui apakah kebocoran arus yang terjadi masih dalam ambang batas aman, atau sudah melewati ambang batas yang telah ditetapkan, maka dari itu telah dilakukan beberapa pengujian sebelumnya, yang telah membagi atau mengelompokan beberapa parameter kebocoran arus listrik, baik atau buruk untuk dapat dilakukan penanganan lebih lanjut.

Kondisi Normal : Tidak terjadi kebocoran arus yang teridentifikasi, sehingga dapat disimpulkan bahwa peralatan medis dalam keadaan baik.

Kerusakan Kondisi Sistem : Terjadi kerusakan suatu sistem, baik itu kerusakan tunggal yang terjadi, seperti kerusakan bahan isolasi, korsleting listrik, kesalahan instalasi pada mesin peralatan medis, serta kerusakan bahan material kabel yang salah satunya dapat menyebabkan kebocoran arus listrik.

Keunggulan Menggunakan Hioki ST5540 Leak Current Hitester

Hioki ST5540 merupakan sebuah alat ukur dari Hioki yang berfokus untuk dapat membantu kegiatan Quality Control suatu sistem mesin atau kelistrikan, produk yang dihasilkan apakah sudah sesuai standar kualitas yang berlaku, sehingga dapat mengakomodir kebutuhan pasar.

leak current tester hioki st5540

Hioki ST5540  Leak Current Hitester,  berkonstribusi penuh terhadap, pekerjaan pengecekan kondisi dan kualitas keamanan peralatan medis dengan menggunakan beberapa parameter, antara lain ;

Kebocoran Arus yang dapat terjadi baik pada kondisi normal, maupun saat terjadinya sebuah kerusakah akan dapat dengan mudah terukur serta terindetifikasi, tanpa menyebabkan gangguan sistem saat sedang beroperasi.

Perangkat pengukuran sudah sesuai standard (JIS, IEC, UL) dan beberapa parameter keamanan lain yang memang dikhususkan untuk dapat digunakan.

hioki st5540

Hioki ST5540 Leak Current Hitester ini juga dapat menyimpan data hasil pengukuran, lebih dari 30 data yang dapat terukur, proses penyimpanan data juga dapat dilakukan secara otomatis saat kegiatan pengukuran sedang berlangsung, dan tidak menggangu nilai hasil pengukuran yang sedang terjadi, sehingga mempermudah kegiatan pengecekan kondisi peralatan medis yang ada. Nilai hasil pengukuran juga dapat ditampilkan secara otomatis, sehingga mempermudah kegiatan monitoring dan kondisi peralatan medis menjadi jauh lebih mudah, dan hasil yang didapat lebih optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D