Mengukur Core Loss Filter Pada Catu Daya

Mengukur Core Loss Filter Pada Catu Daya

Pentingnya Efisiensi Konverter Daya

Konverter daya seperti transformator dikenal luas sebagai salah satu komponen penting dari sistem distribusi kelistrikan. Demikian pula, induktor seperti kumparan, choke dan reaktor yang digunakan sebagai filter dalam catu daya memainkan peran besar dalam menyimpan dan mentransfer energi di konverter daya. Karena pentingnya perangkat ini, peneliti dan produsen telah menempatkan persyaratan yang semakin ketat pada efisiensi konverter daya.

Konverter daya biasanya terdiri dari inti magnet karena permeabilitas magnetnya yang tinggi. Namun, inti magnet juga memiliki efek samping. Dalam perangkat AC, ini dapat menyebabkan kehilangan energi, yang disebut core losses atau iron losses, akibat histeresis dan arus eddy, karena perubahan medan fluks magnet di dalam material.

Mengevaluasi core loss dari inti magnet menyediakan cara untuk mengidentifikasi model rugi arus eddy dan histeresis, dan juga dapat digunakan untuk mengevaluasi kehilangan total sehingga membuat perangkat konverter seefisien mungkin.

Power-Conversion-Efficiency-1-300x221

Bagaimana Core Loss Diukur?

Kehilangan inti sering diukur menggunakan metode bingkai Epstein yang terdiri dari belitan primer dan sekunder. Meskipun kehilangan inti juga dapat diukur dengan pengukur daya atau penganalisis daya, perangkat akuisisi data multi-saluran kecepatan tinggi seperti Hioki Memory HiCorder MR8847A juga dapat digunakan untuk mengukur tegangan pada sisi primer dan sekunder.

Power-Conversion-Efficiency-memory-recorder-hioki

Keuntungan Menggunakan Advanced HiCorder Memori

Memory HiCorders atau memory recorder adalah perangkat akuisisi data tujuan umum yang kuat yang menawarkan penangkapan beberapa sinyal secara simultan tetapi sepenuhnya terisolasi di sepanjang domain waktu yang sama. Dipasangkan dengan modul input, sensor arus, dan perangkat output sensor yang sesuai, Anda dapat memenuhi beragam aplikasi di semua industri.

Power-Conversion-Efficiency-memory-recorder-hioki-mr8847a

Bagaimana Mengukurnya?

Untuk mengukur core loss, gunakan fungsi perhitungan bentuk gelombang Hioki MR8847A yang kuat untuk menghitung kerapatan fluks magnet B dan medan magnet H.

Secara khusus:

  • Memanfaatkan fungsi kalkulasi bentuk gelombang MR8847A dan fungsi tampilan X-Y untuk membuat grafik kurva B-H
  • Memanfaatkan area X-Y fungsi kalkulasi numerik untuk menghitung core loss dari kurva B-H
  • Selain itu, Anda dapat menggunakan fungsi kalkulasi bentuk gelombang untuk menghitung rugi inti dari arus sisi primer dan tegangan sisi sekunder.

Untuk Spesifikasi lengkap bisa lihat disini:

Oke, cukup sampai disini artikel tentang core loss. Jika ada yang kalian ingin tanyakan lebih lanjut tentang artikel ini atau alat memory recorder jangan sungkan untuk bertanya melalui komentar dibawah, maupu lansung melalui Whatsapp kami dipojok kanan bawah. Jangan lupa untuk share artike ini di medsos kalian jika artikel ini bermanfaat. Sekian dan terima kasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D