Metode Pengolahan Data Hasil Pengukuran Kondisi Sistem UPS Untuk Memfasilitasi Transformasi Digital

Pengolahan Data Hasil Pengukuran UPS Tanpa Frustasi

PERKEMBANGAN KEBUTUHAN PASAR

Dalam Setiap kegiatan Perawatan dan Pengecekan Kondisi Sistem UPS, Teknisi UPS akan melakukan beberapa Metode untuk dapat Mengetahui Kondisi dari Sistem UPS tersebut. Pengecekan Sistem UPS dapat dilakukan dengan Beberapa Jenis Alat Pengukuran atau biasa disebut Instrumentasi untuk melakukan Inspeksi pada setiap Aspek. Sebagai Contoh Alat Pengukuran yang Digunakan untuk Dapat mengetahui atau Mendiagnosis Kondisi Battery UPS berdasarkan Degeradasi Dayanya, Pengukuran Kualitas Daya Listrik atau Mengukur Ouput Tegangan dan Arus Listrik yang dihasilkan oleh Sistem UPS tersebut.

Waktu yang dilakukan untuk melakukan Pengecekan Kondisi Sistem UPS tersebut dengan Menggunakan Alat Instrumentasi akan memakan Waktu Pengukuran yang berbeda berdasarkan Kondisi UPS dilapangan. Penggantian Komponen Sistem UPS yang umum dilakukan selama 6 Bulan juga mempengaruhi hasil pengukuran, dari Latar Belakang Permasalahan kegiatan tersebut maka dikembangkanlah Suatu Alat Instrumentasi yang Dapat Terkoneksi dengan Aplikasi Teknologi Informasi untuk Dapat Mengolah Berbagai Macam Data serta membuat Laporan Secara Otomatis, sehingga akan mempermudah Pekerjaan Dilapangan.

peralatan untuk analisa battery ups

LATAR BELAKANG MASALAH

pengolahan data pengukuran secara manual

Sebelum Pengembangan Aplikasi Hioki Gennect One, Instrument Clamp Meter Hioki, hanya dapat digunakan untuk merekam data namun tidak dapat mengirimkannya secara Otomatis ke Komputer, Pengguna Harus mencatat terlebih dahulu Nilai Data Hasil Pengukuran sebelum Ditransfer ke Komputer untuk dilakukan Pengolahan Data menggunakan Kabel USB. Battery Tester dan Power Quality Analayzer yang digunakan secara terus menerus, juga tidak dapat mengirimkan data secara otomatis, banyaknya data yang akan diolah membuat pengguna akan merasa kebingungan saat menyimpan Data pada setiap Folder yang berbeda. Pemindahan Data secara manual beserta Pembuatan Laporan Hasil Pengukuran tentunya sangat Tidak Efisiensi Waktu.

SOLUSI DARI MASALAH YANG ADA

pengolahan data pengukuran secara otomatis gennect one

Hioki pada akhirnya mengembangan sebuah Software di Komputer (Genect One) dan Android (Genect Cross) yang dapat secara otomatis mengirimkan dan menyimpan Data Hasil Pengukuran, serta membuat Laporan Hasil Pengukuran Secara Otomatis. Hal ini disebabkan karena untuk memonitoring data hasil pengukuran dan mengolah data hasil pengukuran untuk dibuat menjadi laporan jauh lebih Efektif dan Efisien apabila hanya menggunakan Satu Software Pemonitoring dan Pengolahan Data. Pada Sistem, UPS Output berupa Nilai Arus dan Tegangan yang diukur dari Clamp Meters Hioki dapat ditampilkan dan dikirim secara otomatis pada Software Android (Genect Cross), Hasil Pengukuran Kualitas Daya Listrik dan Kondisi Battery Sistem UPS Dapat dimonitoring dengan mudah dan secara (Real Time) dengan Satu Aplikasi di Komputer (Genect One).

METODE PENGOLAHAN DATA

metode pengolahan data pengukuran
  1. Fungsi untuk Dapat Membuka Data Hasil Pengukuran yang Dikirimkan pada Aplikasi Genect One.
  2. Fungsi untuk Mengorganisir Data dan Laporan untuk Mempermudah Pembacaan dan Pengolahan.
  3. Fungsi Perintah untuk dapat Mencari Kata Kunci Dari Data maupun Laporan yang dibuat, Contoh : Inisial.
  4. Bagian Kolom untuk Dapat Menambahkan atau Membuat Judul Laporan dan Keterangan Tambahan untuk Data Hasil Pengukuran.
  5. Tag Fungsi untuk Menampilkan secara Lengkap Periode Pengukuran yang telah dilakukan.
  6. Bagian pada Aplikasi yang berfungsi untuk menampilkan Informasi Detail Alat Instrument yang Digunakan untuk kegiatan Pengukuran.
  7. Kolom Check Data yang dapat dipilih atau di-Klik untuk dapat mengirimkan atau mengolah Data Hasil Pengukuran.

Adanya pembuatan laporan pengukan yang otomatis tentu akan sangat membantu Anda, sehingga Anda bisa langsung fokus menganalisa hasil pengukuran. Banyak alat ukur Hioki yang mendukung laporan otomatis melalui aplikasi Gennect One. Jika Anda memerlukan alat-alat untuk maupun menganalisa Kualitas daya dan battery UPS, Anda dapat menghubungi kami melalui chat Whats’App.

Produk terkait:

  1. Hioki PQ3198 Power Quality Analyzer
  2. Hioki BT3554 Battery Tester
  3. Hioki CM4372 Clamp Meter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D