Partial Discharge Transformer (Pada Bushing Trafo) Bagian 2

partial discharge pada trafo bushing

Pada transformator peristiwa Partial Discharge banyak terjadi di bagian BUSHING. Jenis-jenis bushing yang diaplikasikan pada tegangan tinggi dibuat dengan berbagai macam prinsip seperti :

  1. Composite bushing, merupakan sebuahh bushing yang isolasinya terdiri dari 2 atau lebih lapisan coaxial yang berbeda materi isolasinya
  2. Compound-filled bushing, merupakan bushing dengan space anatara isolasi utama dan konduktor diisi dengan senyawa yang memiliki sifat isolasi.
  3. Condenser bushing, merupakan bushing dengan lapisan-lapisan penghantar silinder yang disusun berdasarkan coaxial antara material konduktor dan isolatornya. Panjang dan diameter silinder didesain sedemikian rupa untuk mengatur distribusi medan listrik dan permukaan luar dan dalam bidang.
  4. Dry or unfilled type bushing, terdiri dari tabung porselin yang tidak ada pengisi antara lapisan luar dan konduktor. Bushing jenis ini biasanya digunakan pada tegangan 25kV kebawah.
  5. Oil-filled bushing, bushing dengan celah antara isolasi dan permukaan dalam konduktor diisi oleh minyak isolasi.
  6. Oil immersed bushing, bushing yang tersusun dari system isolasi utama yang mrendam bushing dalam kolam minyak isolasi.
  7. Oil-impregnated paper-insulated bushing, bushing yang berda dalam struktur internal yang terbuat dari material selulosa impregnated dengan minyak
  8. Resin bonded, paper insulated bushing, bushing yang isolasinya utamanya terdiri dari materi selulosa yang dicampur dengan resin.
  9. Solid (ceramic) bushing, bushing dengan isolasi utama terdiri dari keramik.
penampang bushing
Penampang Bushing

Adanya Partial Discharge di dalam bahan isolasi ataupu bushing dapat ditentukan oleh banyak metode seperti :

  1. Dissolved Gas Analysis (DGA)
  2. Ultrasonic
  3. Detreksi Emisi Akustik
  4. Deteksi Kamera Inframerah

Metode-metode ini digunakan sebagai pendeteksian terjadinya Partial Discharge berdasarkan akibat yang ditimbulkan oleh Partial Discharge itu sendiri seperti electromagnet, gelombang akustik, pemanasan local dan reaksi kimia.

Dari beberapa metode pendeteksian Partial Discharge pada bushing transformator metode Emisi akustik memiliki efektifitas yang bagus. Emisi akustik mengacu pada pembangkitan gelombang elastic transien pada pelepasan energy yang sangat cepat dari sumber local dalam suatu material. Sumber emisi ini terkait dengan gerakan dislokasi atas deformasi dan inisiasi dan perluasan cracking dalam struktur dalam tekanan listrik yang tinggi.

Partial Discharge  dapat membangkitkan pulsa-pulsa yang mengakibatkan timbulnya gelombang akustik akibat tekanan mekanik yang sering disebut sebagai emisi akustik yang dipancarkan ke seluruh bagian bushing. Gelombang akustik ini dapat dideteksi pada dinding bushing. Dengan pengukuran waktu relative yang dibutuhkan gelombang akustik terhadap sensor emisi akustik yang diletakan pada dinding bushing, lokasi terjadinya Partial Discharge dapat ditentukan. Dengan alasan ini, deteksi dengan memanfaatkan emisi akustik dapat memberikan solusi real time berupa pendeteksian ada atau tidaknya Partial Discharge serta penentuan lokasi terjadinya Partial Discharge.

Dengan memanfaatkan emisi akustik yang dihasilkan oleh Partial Discharge, dapat dilakukan analisis memndasar terhadap beberapa parameter seperti dengan melihat karakteristik kemunculan Partial Discharge dengan memperhatikan karakter sinyal emisi akustik yang secara simultan periodic atau secara acak.

metode emisi akustik untuk deteksi partial discharge
Metode Emisi Akustik untuk deteksi Partial Discharge

Pada artikel selanjutnya Radius akan membahas lebih lanjut tentang bagaimana monitoring partial discharge.

SEKILAS INFO PENTING

PMDT memberikan solusi untuk permasalahan pada partial discharge, dengan menggunakan alat PDetector PMDT, kita bisa mengetahui apakah ada partial discharge atau tidak. Sedangkan dengan menggunakan PDiagnostic Series kita dapat mengetahui lokasi adanya aktivitas partial discharge.

Sebagai Distributor PMDT Indonesia, kami mensupplya Partial Discharge Detector, selain itu kami juga menyediakan jasa sewa Partial Discharge Detector, PDetector PMDT.

Anda bisa langsung menanyakan lebih lanjut seputar PDetector Series & PDiagnostic Series PMDT, ke kami melalui WA disini 0821-2198-5207, atau melalui email ke cs@radius.co.id.

Artikel Terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D