Monitoring Untuk Pendeteksian Partial Discharge Pada Bushing Transformator

monitoring partial discharge

Tindakan preventif seperti halnya monitoring untuk pendeteksian Partial Discharge memang mutlak untuk dilakukan untuk mengurangi kemungkinan-kemungkinan terjadinya kegagalan isolasi bushing yang berujung pada kecelakaan maupun kegagalan operasi transformator. Namun, pemeliharaan dalam bentuk pengawasan dan inpeksi terhadap peralatan juga memiliki resiko kegagalan karena tidak menutup kemungkinan bahwa umur suatu bushing tidak tercapai karena adanya kesalahan yang tidak terdeteksi baik pada saat desain awal, pembuatan maupun saat pengoperasianya.

Bushing dirancang dan dibuat sebagai suatu unit yang tertutup agar polutan tidak mampu masuk ke dalam bushing sehingga bushing memiliki umur yang panjang dengan pengecualian kemungkinan oksigen dan kelembapan udara saja yang bias memasuki minyak bushing. Perbandingan isolasi minyak dan isolasi kertas pada bushing jauh lebih kecil dibandingkan pada transformator, sehingga dibutuhkan kekuatan dielektrik minyak yang lebih tinggi pada bushing. Untuk itu perlu dilakukanya monitoring terhadap kegiatan Partial Discharge pada bushing sebagai langkah awal.

Kegagalan Partial Discharge yang terjadi pada bushing dapat direlevansikan dengan kejadian yang terjadi pada transformator karena jenis isolasi yang digunakan relative hampir sama hanya saja volumneya yang berbeda. Seberapa cepat kegagalan ini terjadi sangat bergantung pada ukuran dan tipe kegagalan yang terjadi, lokasi kegagalan isolasi, kenaikan temperature diatas ketentuan operasional yang diperbolehkan, serta besarnya volume minyak sebagai media isolasi.

Pada dasarnya teknologi monitoring diperkenalkan dan diterapkan agar dapat memberikan peringatan yang tepat waktu sehingga bushing yang dicurigai dapat dievaluasi lebih lanjut dengan beberapa tes tambahan. Pemantauan bushing secara online memberikan informasi yang sangat beharga dan oleh karena itu dapat memberikan informasi yang sangat beharga dan oleh karena itu dapat memberikan keuntungan tambahan dalam strategi pemeliharaan. Tujuan utama monitoring secara online adalah untuk menemukan bushing yang gagal operasi, menentukan jenis kegagalan utamanya dan pada akhirnya memprediksi masa pakai yang tersisa untuk mempersiapkan bushing penggantinya.

SEKILAS INFO PENTING

PMDT memberikan solusi untuk permasalahan pada partial discharge, dengan menggunakan alat PDetector PMDT, kita bisa mengetahui apakah ada partial discharge atau tidak. Sedangkan dengan menggunakan PDiagnostic Series kita dapat mengetahui lokasi adanya aktivitas partial discharge.

Sebagai Distributor PMDT Indonesia, kami mensupplya Partial Discharge Detector, selain itu kami juga menyediakan jasa sewa Partial Discharge Detector, PDetector PMDT.

Anda bisa langsung menanyakan lebih lanjut seputar PDetector Series & PDiagnostic Series PMDT, ke kami melalui WA disini 0821-2198-5207, atau melalui email ke cs@radius.co.id.

Artikel Terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D