Pengukuran Resistansi Las Busbar

pengukuran resistansi las busbar


Resistansi Las Busbar – Dengan peningkatan kapasitas baterai dalam beberapa tahun terakhir, arus yang mengalir melintasi busbar yang menghubungkan baterai sekarang melebihi 100 amp. Secara khusus, nilai resistansi tinggi pada pengelasan busbar menyebabkan degradasi baterai akibat pembentukan panas Joule (RI2), yang berpotensi menyebabkan kecelakaan serius. Akibatnya, manajemen ketahanan las menjadi komponen yang jauh lebih penting dari program kendali mutu daripada sebelumnya.

Catatan Teknis ini menguraikan beberapa tindakan pencegahan yang diperlukan dalam pengukuran resistansi las busbar yang diproduksi menggunakan metode pengelasan berbeda dan saat mengukur resistansi las. Jelajahi bagaimana Pengukur Resistensi Hioki dapat berperan dalam manajemen yang sukses.

  1. Pengukuran ketahanan las

Dua pelat aluminium A5052 yang diproduksi menggunakan metode pengelasan berbeda digunakan untuk mensimulasikan sejumlah busbar, dan empat busbar semacam itu disiapkan dengan panjang pengelasan yang bervariasi untuk setiap metode pengelasan. Kemudian, Hioki Resistance Meter Hioki RM3548 dengan lead tipe pin Hioki Model 9772 digunakan untuk mengukur tahanan las. Hioki RM3548 diatur ke kisaran 3 mΩ dengan fungsi OVC diaktifkan. Tabel 1 dan Gambar 1 menggambarkan target pengukuran dan posisi probing.

Tabel 1. Target Pengukuran

tabel pengukuran resistansi busbar las
busbar las
Gambar 1. Penampilan Target Pengukuran dan Lokasi Probing

Gambar 2 mengilustrasikan bagaimana probing dilakukan selama pengukuran, sedangkan Gambar 3 mengilustrasikan hasil pengukuran, termasuk nilai terukur dan kisaran akurasi Hioki RM3548. Nilai resistansi menurun seiring bertambahnya waktu pengelasan. Selain itu, busbar dengan pengelasan fillet memiliki nilai resistansi yang lebih rendah dibandingkan dengan pengelasan laser.

pengukuran resistansi busbar las 1
pengukuran resistansi busbar las 2

Gambar 2. Probing dari Busbar

hasil pengukuran resistansi busbar las

Gambar 3. Hasil Pengukuran

  1. Tindakan pencegahan saat mengukur tahanan las

1. Posisi probe
Penyelidikan yang tepat dari target pengukuran adalah faktor terpenting dalam memperoleh nilai terukur yang stabil dan konsisten. Untuk informasi lebih lanjut tentang efek probing pada nilai yang diukur, lihat Catatan Teknis berjudul “Pengukuran Resistor Lebar atau Tebal” (user_guide_RMs1-E1-49M), yang tersedia di sini.

2. Pengaruh gaya thermo-electromotive
Saat mengukur nilai resistansi rendah seperti yang menjadi ciri busbar, tegangan deteksi yang sangat rendah tidak memungkinkan untuk mengabaikan efek gaya thermo-electromotive. Fungsi kompensasi tegangan offset (OVC) dapat digunakan untuk mencapai pengukuran yang stabil dan konsisten.

  • Untuk informasi lebih lanjut, lihat “Pengantar Pengukuran Resistensi” (TN_Resist_vol1_E1-49E) yang tersedia disini serta manual instruksi untuk instrumen yang digunakan.

3. Pengaruh suhu lingkungan
Karena target pengukuran menunjukkan ketergantungan suhu, perubahan suhu lingkungan akan menyebabkan nilai resistansi bervariasi. Misalnya, diketahui bahwa perbedaan 1 ° C dapat menyebabkan variasi sekitar 0,4% pada kawat aluminium. Fungsi koreksi suhu instrumen dapat digunakan untuk menghitung nilai resistansi pada suhu referensi, sehingga memungkinkan untuk melakukan pengukuran yang tidak terpengaruh oleh suhu sekitar.

  • Untuk informasi lebih lanjut, lihat “Pengantar Pengukuran Resistensi” (TN_Resist_vol1_E1-49E) yang tersedia dari situs web Hioki serta manual instruksi untuk instrumen yang digunakan.

3. Kesimpulan
Nilai resistansi las bervariasi tidak hanya dengan panjang las, tetapi juga metode pengelasan. Karena perbedaan yang dihasilkan dalam nilai terukur sedikit, penting untuk menggunakan praktik probing yang tepat serta fungsionalitas instrumen yang dirancang untuk mengurangi kesalahan pengukuran.

Pengukuran Resistensi Las Busbar: Hioki Resistance Meter RM3548, Hioki Resistance Meter RM3543

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D