Pentingnya Pengujian Inverter Secara Berkala Untuk Menghindari Masalah Di Kemudian Hari

megukur-efisiensi-pada-inverter

Inverter memainkan peran yang sangat penting dalam peralatan rumah tangga dan mesin industri. Inverter terdiri dari sirkuit elektronik, dan ada banyak situasi di mana mereka perlu diuji, termasuk pengujian kinerja produk, pengujian pemeliharaan, dan inspeksi jika terjadi kerusakan atau kegagalan.

Bagaimana inverter diuji? Pengantar alasan pengujian dan tindakan pencegahan

Halaman ini memberikan pengenalan yang mudah dipahami tentang jenis utama pengujian inverter, alasan di balik pengujian tersebut, tindakan pencegahan yang harus diingat saat melakukannya, dan topik terkait.

menguji inverter

Apa Itu Inverter?

Inverter digunakan dalam berbagai pengaturan di mana mereka diperlukan untuk menggerakkan peralatan mulai dari produk listrik hingga mesin industri besar dengan memvariasikan kecepatan motor mereka. Mereka memainkan dua peran utama:

Mengubah arus searah (DC) menjadi arus bolak-balik (AC)

Meskipun frekuensi dan spesifikasi lainnya bervariasi menurut wilayah, sumber daya AC pada prinsipnya memiliki tegangan dan frekuensi yang konstan. Karena mesin yang berbeda memiliki kebutuhan frekuensi dan tegangan yang berbeda, rangkaian yang dikenal sebagai konverter digunakan untuk mengubah arus AC dari jaringan listrik menjadi arus DC, dan kemudian inverter digunakan untuk mengubah arus DC menjadi arus AC dengan frekuensi dan tegangan yang dibutuhkan oleh mesin yang digerakkan.

Memvariasikan kecepatan motor

Inverter dapat digunakan untuk memvariasikan kecepatan motor. Sebuah mesin dapat menjadi sulit untuk digunakan ketika motornya beroperasi pada kecepatan konstan, yang dapat menyebabkan mesin mulai bergerak secara tiba-tiba atau mengharuskannya untuk beroperasi pada kecepatan penuh sepanjang waktu.
Mengontrol kecepatan motor dengan inverter memungkinkan mesin digunakan secara efisien.

Mengapa Pengujian Inverter Diperlukan?

Seperti yang diperkenalkan di atas, inverter memainkan peran yang sangat penting dalam berbagai produk dan mesin listrik. Selain itu, inverter sendiri terdiri dari sirkuit yang sangat presisi. Untuk alasan itu, mereka harus diuji secara menyeluruh untuk memverifikasi kondisinya.

Pengujian kinerja produk

Produk dengan inverter yang tidak dalam kondisi optimal gagal memenuhi tujuannya. Saat menyelesaikan produk atau mesin, pabrikan memeriksa apakah inverter beroperasi seperti yang dirancang.

mengukur Efisiensi Konversi Daya Inverter
Mengukur Efisiensi Konversi Daya Inverter

Pengujian rutin untuk pemeliharaan

Ada berbagai jenis sistem inverter, dan sekali perangkat yang digunakan untuk mengontrol peralatan seperti mesin atau pompa–misalnya, panel inverter–gagal, sudah terlambat untuk pengujian. Pengujian rutin diperlukan untuk memeriksa masalah inverter dan tanda-tanda kegagalan atau malfungsi yang akan datang.

Menentukan malfungsi

Ketika terjadi malfungsi, perbaikan tidak dapat dilakukan sampai bagian yang mengalami malfungsi diidentifikasi. Pengujian inverter diperlukan untuk memeriksa malfungsi inverter.

Pengujian Resistansi Isolasi Inverter dan Pengukuran Tegangan/Arus

Bagian ini memperkenalkan pengujian resistansi isolasi dan pengukuran tegangan/arus, dua tugas yang terkadang digunakan dalam pengujian inverter.

Pengukuran resistansi isolasi

Pengujian resistansi isolasi digunakan untuk memeriksa degradasi pada isolasi kawat. Pengujian tersebut dilakukan tidak hanya setelah masalah ditemukan, tetapi juga secara teratur untuk mencegah masalah tersebut sebagai bagian dari rezim pemeliharaan.

Pengukuran tegangan dan arus sisi primer

Saat mengukur tegangan dan arus pada sisi utama inverter, distorsi bentuk gelombang dapat menyebabkan perbedaan nilai terukur. Oleh karena itu, perlu menggunakan voltmeter RMS (multimeter digital) dan pengukur arus (clamp meter) yang sebenarnya.

Indikasi nilai RMS koreksi rata-rata dan indikasi nilai True RMS
Indikasi nilai RMS koreksi rata-rata dan indikasi nilai True RMS

Pengukuran tegangan dan arus sisi sekunder

Di sisi sekunder inverter, gelombang fundamental tegangan dan arus termasuk komponen harmonik. Saat mengukur tegangan pada sisi sekunder inverter, Anda biasanya hanya memerlukan nilai untuk gelombang fundamental. Silakan pilih voltmeter RMS yang benar dengan fungsi filter yang dapat menghilangkan komponen harmonik. Anda juga memerlukan pengukur arus RMS yang sebenarnya.

fungsi filter low-pass
Fungsi filter low-pass: filter low-pass tidak aktif (kiri), filter low-pass aktif (kanan)

Tindakan Pencegahan Untuk Pengujian Resistansi Isolasi Inverter dan Pengukuran Tegangan/Arus

Beberapa tindakan pencegahan harus diingat saat melakukan pengujian resistansi isolasi inverter dan pengukuran tegangan/arus.

Pengujian resistansi isolasi

Resistansi diukur antara terminal dan arde saat menerapkan tegangan uji 500 V, dan nilai terukur diperiksa untuk memastikan setidaknya 5 MΩ. Pengukuran tahanan isolasi terdiri dari pemberian tegangan tinggi dan pemeriksaan isolasi. Pastikan untuk mengamati lokasi inspeksi dan voltase yang diterapkan yang ditentukan oleh pabrikan inverter saat melakukan pengukuran.

Pengukuran tegangan dan arus sisi sekunder

Karena frekuensi gelombang bervariasi pada sisi sekunder inverter, rentang frekuensi gelombang fundamental perlu diperhitungkan saat memilih voltmeter dan pengukur arus.

Ringkasan

Inverter dapat digunakan untuk mengontrol kecepatan motor secara halus dengan mengubah DC ke AC. Mereka digunakan dalam berbagai pengaturan di mana mereka dibutuhkan untuk menggerakkan peralatan mulai dari produk listrik hingga mesin industri besar. Pengujian inverter dilakukan dalam berbagai situasi, termasuk untuk memeriksa kualitas produk, mengelola pemeliharaan, dan menentukan malfungsi.

Mengapa tidak menggunakan metode pengujian dan tindakan pencegahan yang diperkenalkan di halaman ini untuk mencoba menguji inverter sendiri?

sumber: hioki.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D