Kegagalan Sistem Grounding Dan Penangkal Petir Pada Gedung Perkantoran

Kegagalan Sistem Grounding Dan Penangkal Petir Pada Gedung Perkantoran

Grounding dan penangkal petir merupakan salah satu bagian dari sistem proteksi yang harus ada dalam instalasi gedung bertingkat. Pada kasus ini yang terjadi di lingkungan Apartemen Pancoran Riverside Tower Caniago dimana grounding tidak dapat menyalurkan sambaran petir melalui instalasi pembumian yang ada sehingga beberapa komponen dan peralatan yang ada terkena dampak dari kegagalan sistem grounding dan penangkal petir  ini. Sehingga penulis melakukan penelitian untuk mengetahui letak kesalahan pada sistem tersebut.

Sistem pentanahan adalah sistem hubungan penghantar yang menghubungkan sistem, badan peralatan dan instalasi dengan bumi/tanah sehingga dapat mengamankan manusia dari sengatan listrik, dan mengamankan komponen – komponen instalasi dari bahaya tegangan/arus abnormal. Oleh karena itu, sistem pentanahan menjadi bagian esensial dari sistem tenaga listrik. Dalam instalasi gedung selain grounding tentu ada proteksi lain yang sangat penting yang berhubungan dengan grounding yaitu penangkal petir. Penangkal petir adalah sistem pengaman yang biasa digunakan untuk mencegah kerusakan jaringan dan perlengkapan listrik akibat sambaran petir.

grounding dan penangkal petir

Dampak sambaran petir sangat berbahaya demi keselamatan manusia dan juga pada peralatan – peralatan elektronik maupun mesin – mesin yang ada pada gedung. Ada beberapa dampak  yang dapat ditimbulkan oleh sambaran petir diantaranya adalah :

  1. Sambaran Petir langsung Sambaran petir langsung yaitu ketika sambaran petir tersebut langsung menyambar bagian jaringan instalasi listrik ataupun alat – alat listrik yang ada di bumi, seperti kabel – kabel jaringan, transformer, tiang listrik, dan lainnya. Dampak dari sambaran petir secara langsung ini memiliki bahaya atau resiko yang sangat besar dan bahkan dapat menyebabkan ledakan, kebakaran dan kerusakan yang fatal terhadap jaringan listrik yang ada di bumi.
  2. Sambaran petir tidak langsung  Sambaran petir tidak langsung yaitu, saat sambaran petir yang mengarah ke bumi, namun tidak secara langsung mengenai bagian dari jaringan atau instalasi listrik yang ada di bumi. Namun induksi dari energi listrik yang dimiliki petir tersebut sempat menembus atau di terima oleh jaringan kabel listrik atau peralatan listrik di bumi.

Pengujian Tahanan Grounding dan Penagkal Petir

  1. Uji resistensi atau tahanan grounding Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui bagus atau tidaknya sistem tersebut. Alat yang digunakan dalam pengukuran tanahan grounding yaitu earth resistance tester.
  2. Uji fisik atau visual dari kabel instalasi penangkal petir Pengujian visual ini dilakukan biasanya dilakukan pada saat dilakukan pengecekan berkala atau pemeriksaan tahunan. Ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi dari komponen grounding dan penangkal petir masih dalam kondisi yang baik dan layak untuk bekerja.

Pengukuran grounding bisa menggunakan alat berikut:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D