Kurangi Waktu Anda Saat Diagnostik Baterai Hingga 60%

Kurangi Waktu Anda Saat Diagnostik Baterai Hingga 60%

Bagaimana mendiagnosis kerusakan baterai yang digunakan dalam UPS (Uninterruptible power supply) secara efisien dan akurat?

Data Center atau pusat data yang menyimpan informasi rahasia perusahaan, fasilitas komunikasi yang dioperasikan oleh penyedia komunikasi, dan infrastruktur yang dijalankan oleh rumah sakit, bank, dan bisnis lainnya, penting untuk menghindari pemadaman listrik. Jadi, fasilitas tersebut menggunakan UPS untuk mencegah kegagalan tak terduga. Namun, baterai timbal-asam yang sering digunakan dalam sistem seperti itu semaikn memburuk dengan pengisian dan pengisian ulang yang berulang. Manajemen harian status baterai dalam hal sejauh mana baterai telah memburuk diperlukan untuk memastikan keandalan pasokan listrik jika terjadi pemadaman jaringan.

pentingnya-battery-tester-untuk-data-center

Studi Kasus

Perusahaan V menawarkan jasa perawatan peralatan. Perusahaan menyediakan perawatan rutin disertai respon cepat 24 jam sehari dan 365 hari setahun untuk fasilitas yang diperlukan untuk beroperasi terus menerus, termasuk peralatan yang dioperasikan oleh penyedia komunikasi dan pusat data perusahaan yang dijalankan oleh penyedia layanan TI.

Perusahaan V melakukan perawatan peralatan harian atas nama klien korporat untuk memastikan bahwa layanan yang ditawarkan oleh penyedia komunikasi, rumah sakit, bank, dan bisnis lainnya tidak terganggu. Proses pemeliharaan termasuk pemeriksaan baterai UPS, dan pekerjaan itu menimbulkan sejumlah tantangan.

Yang pertama adalah efisiensi kerja yang buruk. Banyak pelanggan menambah jumlah baterai yang mereka miliki, dan beberapa tempat memiliki lebih dari 200. Untuk memastikan kondisi setiap baterai yang berada dalam hal kerusakan, pekerja harus mengukur resistansi internal dan tegangan DC dan kemudian membuat penilaian PASS/FAIL yang sesuai. Mengelola data pengukuran yang diperoleh secara teratur ini membutuhkan banyak waktu dan membebani beban kerja teknisi yang berat.

pentingnya-battery-tester-untuk-pusat-data

Akurasi pengukuran juga bermasalah. Karena sifat dari peralatan tersebut, tidak dapat dimatikan untuk inspeksi, yang harus dilakukan saat peralatan terus beroperasi. Namun, kebisingan dari inverter selama operasi peralatan pasti mengganggu pengukuran yang akurat. Selain itu, sebagian besar fasilitas memiliki banyak baterai yang dikemas ke dalam rak, sehingga teknisi harus memasukkan tangan mereka ke dalam rak untuk mengukur baterai di bagian belakang. Karena lebih dari 200 baterai yang terhubung langsung memiliki tegangan beberapa ratus volt, pekerjaan ini menimbulkan risiko sengatan listrik.

Pertimbangan Utama Dalam Memilih Solusi

Sampai beberapa tahun yang lalu, biasanya mengganti baterai UPS dilakukakn secara massal setelah garansi pabrik habis. Penyedia komunikasi, rumah sakit, dan bank menghabiskan banyak uang setiap beberapa tahun untuk mengganti baterai. Batterry Tester dari Hioki merevolusi praktik ini.

battery-tester-lama

Penguji portabel yang mampu mengukur resistansi internal dan voltase baterai secara bersamaan memungkinkan untuk mendiagnosis kondisi kerusakan masing-masing baterai, memungkinkan penggunaan baterai yang berkelanjutan dengan tingkat kerusakan rendah, sementara baterai yang kerusakannya melebihi tingkat tertentu diganti. Kemampuan ini memungkinkan untuk mengoptimalkan operasi fasilitas. Perusahaan V membeli Battery Tester ini sejak awal dan mengusulkan langkah-langkah perbaikan kepada pelanggannya, termasuk cara untuk menurunkan biaya perawatan. Perusahaan kemudian menggunakan Battery Tester dari Hioki karena mereka membantunya membangun hubungan baik dengan pelanggannya.

Perusahaan V baru-baru ini mempertimbangkan untuk membeli penguji baterai baru untuk lebih meningkatkan efisiensi kerja, menghilangkan kesalahan dalam pengelolaan data pengukuran, mewujudkan pengukuran yang akurat yang tidak terpengaruh oleh kebisingan, dan meningkatkan keselamatan pekerja. Akhirnya perusahaan memutuskan untuk membeli Battery Tester BT3554, model terbaru dari Hioki.

Beban kerja yang jauh lebih rendah dengan pengukuran yang cepat dan akurat.

Hioki BT3554 menawarkan kecepatan luar biasa yang memungkinkannya mengukur resistansi dan tegangan internal dalam waktu sekitar 2 detik, bersama dengan fungsionalitas untuk menyimpan data pengukuran dalam memori internalnya dan kemudian mengirimkannya ke komputer. Instrumen ini juga memiliki ketahanan terhadap kebisingan yang tinggi, dan penggunaan kabel gaya pin berbentuk L meningkatkan keselamatan pekerja. Perusahaan V memberikan pujian yang tinggi untuk fitur-fitur ini.

battery-tester-hioki-bt3554

Manfaat Setelah Pembelian

Menyederhanakan pekerjaan diagnostik baterai dan struktur manajemen gedung untuk memfasilitasi pemeliharaan prediktif

Hioki BT3554 memulai pengukuran segera setelah kabel uji ditempatkan dalam kontak dengan terminal baterai, dan secara otomatis dapat menyimpan data setelah nilai yang diukur telah stabil. Sedangkan untuk mengukur satu baterai dengan model sebelumnya membutuhkan waktu sekitar 5,3 detik, sedangkan Hioki BT3554 membutuhkan waktu sekitar 2 detik. Hasilnya, Perusahaan V mampu mempersingkat waktu pengujian diagnostik baterai sekitar 60%, menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam efisiensi pekerjaan tersebut.

Selain itu, Hioki BT3554 menawarkan ketahanan kebisingan yang tinggi, memungkinkan pengukuran yang stabil. Jika pengukuran yang akurat sampai saat ini sulit dilakukan karena efek kebisingan dari inverter dan peralatan lain selama UPS yang diukur beroperasi, saat ini pengukuran tersebut dapat dilakukan dengan cepat. Selain itu, Perusahaan V membeli test pin berbentuk L karena pertimbangan untuk proses pengukuran baterai di lokasi terbatas. Keputusan ini berfungsi untuk meningkatkan keselamatan pekerja.

hioki-bt3554-battery-tester

Hioki BT3554 menyertakan model dengan teknologi nirkabel Bluetooth® sehingga instrumen dapat dipasangkan dengan smartphone atau tablet yang telah diinstal aplikasi GENNECT Cross Hioki, yang memungkinkan data pengukuran yang disimpan secara otomatis digunakan untuk membuat laporan di lapangan.

Laporan tersebut kemudian dapat segera dikirim kembali ke kantor. GENNECT ONE, aplikasi desktop yang disertakan dengan Hioki BT3554, memungkinkan pengguna untuk menilai tren dalam data pengukuran, dari masa lalu hingga saat ini.

aplikasi gennect one hioki

Hioki BT3554 dapat digabungkan dengan GENNECT Cross dan GENNECT ONE untuk memungkinkan pengguna melihat data pengukuran untuk baterai tertentu selama periode waktu tertentu, dari dulu hingga sekarang, dalam bentuk grafik sehingga mereka dapat mengidentifikasi tanda-tanda kerusakan. Kemampuan ini memungkinkan pengguna untuk beralih dari pemeliharaan preventif, yang didedikasikan untuk mencegah pemadaman baterai melalui pemeliharaan rutin, ke pemeliharaan prediktif, di mana baterai yang menunjukkan tanda-tanda masalah di masa depan diberikan prioritas dalam pekerjaan pemeliharaan. Perusahaan V, yang berkomitmen tidak hanya untuk menawarkan perawatan peralatan, tetapi juga untuk menciptakan nilai tambah yang disambut baik oleh pelanggannya, sangat senang dengan pembelian penguji baterai Hioki yang memungkinkannya untuk mencegah masalah peralatan yang disebabkan oleh kerusakan baterai saat menurunkan total biaya pemeliharaan.

Hioki saat ini sedang mengembangkan fungsionalitas baru untuk model masa depan, termasuk panduan audio yang menunjukkan baterai mana yang harus diukur selanjutnya dan kemampuan manajemen data untuk menghubungkan hasil pengukuran dengan informasi profil seperti lokasi dan nomor baterai. Perusahaan V telah mengindikasikan bahwa mereka berencana untuk mempertimbangkan pembelian tambahan setelah penguji baterai dengan fungsi baru tersedia.

Dimana Saya Bisa Mendapatkan Battery Tester Hioki BT3554?

Untuk membeli alat tersebut Anda tidak perlu pusing beli ke luar negeri. Anda bisa hubungi kami melalui email di cs@radius.co.id atau juga lewat tombol whats’app dipojok kanan bawah (atau bisa klik disini)

PT. Radius Allkindo Electric merupakan Distributor Resmi Hioki Indonesia, sehingga Anda tak perlu ragu lagi untuk menghubungi kami. Kami bisa memberikan demo produk baik secara Online ataupun offline.

Hubungi kami segera

Sumber artikel: hioki.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D