Prinsip Atenuasi Sinyal Partial Discharge pada Enclosure MV Switchgear

Prinsip Atenuasi Sinyal Partial Discharge

Prinsip Atenuasi – Pada beberapa pengalaman pengukuran Partial Discharge baik dalam pendeteksi maupun monitoring pada Medium Voltage Switcgear (MV Switcgear). Selama 10 tahun terakhir ini banyak peneliti skala laboratorium telah melakukan penelitian dan pengujian di lapangan. Ini termasuk kalibrasi dan atenuasi pada enclosure MV Switchgear di site operasi maupun di produsen.

Atenuasi sendiri didefinisikan sebagai penurunan tingkat level pada besaran fisis, contohnya atenuasi sinyal suara, yaitu semakin hilangnya level suara terhadap sumber suara. Begitu juga pun sinyal Partial Discharge juga mengalami atenuasi. Atenuasi dipengaruhi oleh jarak antara sumber sinyal dengan titik dimana dilakukanya pengukuran. Semakin jauh dari sumber terjadinya sinyal, atenuasi semakin kecil dan sinyal pun akan mulai menghilang.

Sinyal Partial Discharge memilik beberapa jenis emisi salah satunya adalah TEV (Transient Earth Voltage). Partial Discharge TEV (Transient Earth Voltage) berasal dari induksi elektromagnetik dari pelepasan electron pada isolasi di antara dua plat sejajar bertegangan tinggi dalam frekuensi tertentu. Karena bersifat induksi maka yang terpengaruh secara masiv daripada sinyal TEV ini adalah bahan-bahan logam pada MV Switchgear. Sebagai contoh daalah enclosure (kerangka), bus bur, CT, PT, dan bagian-bagian MV Switchgear yang berbahan logam lainya.

gambar 1. grafik atenuasi pada suatu sinyal terhadap jarak partial discharge
gambar 1. grafik atenuasi pada suatu sinyal terhadap jarak partial discharge

Sinyal TEV Partial Discharge timbul di tempat terjadinya Partial Discharge yaitu dimana ada dua plat bertegangan tinggi yang ditengahnya terdapat isolasi. Kalo pada MV Switcgear sinyal partial discharge jenis TEV ini bisa timbul di Circuit Breaker, Bushing CT maupun PT, Kabel Power.

Gambar 2. Bagian pada MV Switchgear yang paling mungkin timbul Partial Discharge
Gambar 2. Bagian pada MV Switchgear yang paling mungkin timbul Partial Discharge

Sinyal Partial Discharge TEV merambat di konduktor dari sumber sinyal menuju grounding atau sebaliknya tergantung dari phase sinyal PD tersebut. Kita ketahui juga dari gambar 2. bahwa sumber  Partial Discharge ada di dalam MV Switcgear yang tentunya induksi eletromagnetik akan mempengaruhi logam di sekitarnya misalnya pada enclosure (kerangka) MV Switcgear tersebut. Sinyal yang merambat pada kerangka ini adlah sinyal TEV (Transient Earth Voltage).

Besar level/tingkatan magnitude dari sinyal Partial Discharge TEV ini berbeda antara di sumber (CB, Bushing) dengan di enclosure (kerangka). Semakin menjauh dari sumber maka akan semakin kecil besar magnitudenya. Hal ini diakibatkan peristiwa Atenuasi pada sinyal Partial Discharge tersebut.

Konsep Atenusi ini juga bisa digunakan untuk menentukan keakurasian dalam proses inpeksi Partial Discharge di MV Switchgear yang berjumlah banyak dan berjajar. Contoh kasus pada gambar 3. sumber sinyal PD terdapat di MV Switchgear Rak 1 karena adanya peristiwa Atenuasi maka pada Rak nomer 2 hingga nomer 4 akan mengalami penurunan level/tingkat magnitude dari Sinyal Partial Discharge. Sehingga dapat disimpulkan untuk inpeksi, konsep atenuasi ini dapat dijadikan pedoman dalam keakurasian pengambilan keputusan kira-kira dimanakah sumber Partial Discharge itu berada untuk dialkukan tindakan preventif lebih lanjut.

Gambar 3. Konsep Atenuasi sinyal PD untuk penentuan sumber dari PD
Gambar 3. Konsep Atenuasi sinyal PD untuk penentuan sumber dari PD

Demikian ulasan mengenai konsep Atenuasi pada sinyal Partial Discharge. Dan perlu dingat bahwa atenuasi sangat berpengaruh pada jarak dan medium perambatan sinyal tersebut. Sekian dan terima kasih.#ads

SEKILAS INFO PENTING

PMDT memberikan solusi untuk permasalahan pada partial discharge, dengan menggunakan alat PDetector PMDT, kita bisa mengetahui apakah ada partial discharge atau tidak. Sedangkan dengan menggunakan PDiagnostic Series kita dapat mengetahui lokasi adanya aktivitas partial discharge.

Sebagai Distributor PMDT Indonesia, kami mensupply Partial Discharge Detector, selain itu kami juga menyediakan jasa sewa Partial Discharge Detector, PDetector PMDT.

Anda bisa langsung menanyakan lebih lanjut seputar PDetector Series & PDiagnostic Series PMDT, ke kami melalui WA disini 0821-2198-5207, atau melalui email ke cs@radius.co.id.

Artikel Terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mulai Ngobrol
Halo, Selamat Datang Di PT. Radius Allkindo Electric
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang produk dan layanan kami, jangan sungkan untuk bertanya :D